Pidato Tentang Pendidikan Moral / Akhlak dalam Bahasa Inggris Beserta Artinya


Contoh Pidato Bahasa Inggris – Menyampaikan pidato berbahasa Inggris sebenarnya tidak sulit. Terkadang, pidato bahasa Inggris memang diperlukan untuk menyambut acara tertentu atau sebagai tugas wajib yang harus dikerjakan siswa dan mahasiswa. Ketika menyampaikan pidato berbahasa Inggris, hal yang perlu diperhatikan adalah grammar dan pemilihan bahasa. Kamu tidak perlu berpidato terlalu lama apabila audiens atau pendengarnya adalah siswa siswi. Jadi, kamu bisa memilih pidato dengan isi yang singkat, padat, namun jelas dan bisa ditangkap mereka. Berikut ini adalah contoh pidato bahasa Inggris singkat dan artinya yang dapat kamu sampaikan di berbagai macam event.

Pada teks pidato hal wajib yang ada di dalamnya adalah pembuka kemudian isi dan yang terakhir ada penutup. Pada bagian isi, teks pidato berbeda-beda disesuaikan konteksnya. Misalnya, jika pidato ketika acara peringatan hari kartini maka isi dari pidato yang disampaikan adalah tentang hal yang berkaitan dengan hari kartini.

Terdapat banyak macam-macam teks pidato dengan judul berbeda-beda. Bagi yang sedang mencari referensi mengenai contoh dari teks pidato maka penting untuk membaca penjelasan yang akan ditulis di bawah ini. Langsung saja perhatikan contoh-contoh teks pidato Bahasa Inggris sebagai berikut.


.

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

The honorable Mr. Hidayat Tandi

The honorable Miss Desi Gumirna

And all my beloved classmates

I am going to start my speech with a question. Which one is better, doing the right thing or doing the good thing? I give you 20 seconds to decide your choice. Now what is your answer? I believe most of you still can’t decide. Don’t worry about it, I still couldn’t decide it myself.

Do you know why it is difficult for us to choose between the two options that I just mentioned to you just now? Because the question is not really about what we decide to choose, but it is about whether or not we have strong morality inside us.

My name is Cokrodinoto Surya Aditama and today I would like to deliver my speech about “Moral Education” specifically about “several ideas that we can use to implement Moral Education at school”.

Ladies and Gentleman,

Before I talk about my ideas on how we can possibly implement Moral Education in our school, I would like to tell you what I have in my mind about Moral and Moral Education. When we talk about Morality, I don’t think there is a fixed definition about it. Morality for me is not only about right or wrong, but it is also about whether or not something that we do is kind or good. If we rely on this definition, there will be a question in our mind. The question is what is good and what is not? What is the basis for us to tell whether an action is kind or not?

Well, that is just how difficult it is for us to define Morality. For me, Morality is not about a definition from dictionary, because the only thing that can help us to tell whether something is good or not is heart, and as much as we want to believe that the heart is a pure thing, we have to admit that it is also influenced by various external concepts that is exposed to us over and over again. What does it mean Ladies and Gentleman? It means that the heart can be corrupted if it is exposed to negative concepts repeatedly.

Looking at this condition, as the place where children spend most of their time, the school surely holds responsibility to take part in their character building, and in this case, it is through moral education. I have several ideas on how we may be able implement moral education at our school easily.

The first one is to start the day by praying or doing something to remember the God. I believe that our parents have introduced us to the concept of God since we were kids. That’s why I also believe that we know that we are actually accountable for everything that we do in our life. This may sounds like a simple concept for us, but the fact is that, if we don’t try to keep remembering it, sometimes we can just forget that we are accountable for our actions and do anything that we like carelessly. If we start our day at school by praying, we will remember that the God is watching our acts so that we will try to do our best and behave ourselves towards each other.

A leading trainer and also a writer of many books related to character building Ippho Santosa has proven this to be true. Around five years ago, he started a kindergarten. Since the day one of the opening, as the owner of the kindergarten, he asked all people in the school to pray Duha. It turned out that the students, the staff and also the teacher became calmer and ease in doing their activity at the school. As the result, in less than five months, he managed to open five branch of kindergarten with the same concept.

This act cost us nothing to implement in our school, it means that we have nothing to lose if we want to give it a shoot. We just have to be willing to do it together.

The second one is to make the first hour of the school to be the time for all students to work together and clean the classroom and its environment. The cleaning process is not merely taking out the garbage, but also sweeping and mopping the floor, cleaning the window and put everything in the classroom in order and make it look tidy.

This activity will make the student to be discipline especially in keeping their environment clean. They will also learn how important cooperation is. Hopefully through this activity, the student will appreciate their environment and other people more.

This kind of activity has been implemented in Japan. The result shows that their students become more appreciative toward others and also their environment. It is because they finally learn from their own experience that keeping an area clean is not as easy as it may look. It took effort and cooperation to do so, and since they are doing this activity every day, it becomes a part of them.

The third one is to say greeting to all teachers when they first arrive at school and also when they want to go home in the afternoon. This activity will grow a deeper connection between teachers and students, because just like the wise word says, to get closer to someone, you need conversations, and the shortest conversation is greeting. I believe this is so true, because if we really want to think about it, how can we really get closer to our teacher if we never even talk to them or greet them.

I think that’s all from me. I hope you find something useful from my speech. Thank you very much for your attention and see you again.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


Terjemahan Pidato Bahasa Inggris Tentang Pendidikan Moral / Akhlak

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Yang terhormat Bpk Hidayat Tandi

Yang terhormat Ibu Desi Gumirna

Dan semua teman sekelas yang saya sayangi

Saya akan mengawali pidato saya dengan sebuah pertanyaan. Mana yang lebih baik, melakukan hal yang benar atau melakukan hal yang baik? Saya beri anda 20 detik untuk menentukan pilihan. Sekarang, apa jawaban anda? Saya yakin sebagian besar dari anda masih belum bisa memutuskan. Jangan khawatir akan hal itu, saya  juga masih belum bisa memutuskannya.

Taukah anda mengapa sulit bagi kita untuk memilih antara dua pilihan yang baru saja saya sebutkan? Karena pertanyaan itu bukan benar-benar tentang apa yang kita pilih, namun itu lebih tentang apakah kita memiliki moral yang kuat atau tidak dalam diri kita.

Nama saya Cokrodinoto Surya Aditama dan hari ini saya akan menyampaikan pidato saya tentang “Pendidikan Moral” khususnya tentang “beberapa ide yang bisa kita gunakan untuk mengimplementasikan pendidikan moral di sekolah”.

Ibu-ibu dan Bapak-bapak,

Sebelum saya membicarakan tentang ide saya akan cara yang mungkin bisa kita lakukan untuk mengimplementasikan pendidikan moral di sekolah kita, saya ingin bercerita pada anda tentang apa yang ada dalam benak saya tentang moral dan pendidikan moral. Saat kita membicarakan tentang moralitas, saya rasa tidak ada definisi tetap tentang hal itu. Moralitas bagi saya bukan sekedar benar atau salah, namun hal itu juga tentang apakah sesuatu yang kita lakukan itu baik. Jika kita berlandaskan pada definisi ini, akan timbul pertanyaan dalam benak kita. Pertanyaannya adalah apa itu baik dan tidak baik? Apa landasan bagi kita untuk menyatakan bahwa suatu tindakan itu baik atau tidak?

Begitulah sulitnya bagi kita untuk mendefinisikan moralitas. Bagi saya, moralitas bukan tentang definisi dari kamus, karena satu-satunya hal yang bisa membantu kita untuk menentukan apakah sesuatu itu baik atau tidak adalah hati, dan seberapapun inginnya kita untuk percaya bahwa hati adalah hal yang murni, kita harus mengakui bahwa hal itu juga dipengaruhi oleh berbagai konsep eksternal yang mengenai nya berkali-kali. Apa artinya hal ini ibu dan bapak-bapak? Hal ini berarti bahwa hati bisa juga dirusak jika ia dipaparkan oleh konsep negative berulang-ulang.

Melihat pada kondisi ini, sebagai tempat dimana anak-anak menghabiskan sebagian besar waktu mereka, sekolah sudah tentu memegang tanggung jawab untuk ikut andil dalam pembentukan karakter mereka, dan dalam hal ini, hal itu melalui pendidikan moral. Saya memiliki beberapa ide akan bagaimana kita bisa mengimplementasikan pendidikan moral di sekolah kita secara mudah.

Yang pertama adalah dengan mengawali hari dengan berdoa atau suatu tindakan untuk mengingat Tuhan. Saya yakin bahwa orang tua kita telah mengenalkan kita pada konsep Tuhan sejak kita masih anak-anak. Itulah mengapa saya juga yakin bahwa kita tau kalau sebenarnya kita memegang tanggung jawab atas apa yang kita lakukan dalam hidup kita. Hal ini mungkin terdengar seperti konsep yang sederhana bagi kita, namun faktanya adalah, jika kita tidak mencoba untuk terus mengingatnya, terkadang kita bisa saja lupa bahwa kita sebenarnya akan bertanggung jawab atas setiap tindakan kita dan kita pun melakukan apapun yang kita suka secara sembarangan. Jika kita memulai hari kita dengan sholat atau berdoa, kita akan mengingat bahwa Tuhan sedang mengawasi tindakan kita sehingga kita akan mencoba melakukan yang terbaik dan menjaga sikap kita terhadap sesama.

Seorang pelatih terkemuka dan juga penulis dari banyak buku yang berhubungan dengan pembentukan karakter, Ippho Santosa telah membuktikan bahwa hal ini benar adanya. Sekitar lima tahun yang lalu, dia mendirikan sebuah TK. Sejak hari pertama pembukaan, sebagai pemilik TK tersebut, dia meminta semua orang yang ada di sekolah itu untuk sholat Duha. Ternyata dampaknya siswa, staf dan juga guru menjadi lebih tenang dan santai dalam menjalankan aktivitas mereka di sekolah itu. Dan sebagai hasilnya, kurang dari lima bulan, dia berhasil membuka lima cabang TK dengan konsep yang sama.

Tindakan ini tidak membutuhkan biaya untuk di implementasikan di sekolah kita, hal ini berarti bahwa kita tidak akan kehilangan apapun jika kita ingin mencobanya. Kita hanya perlu berniat untuk melakukannya bersama.

Yang kedua adalah dengan membuat jam pertama di sekolah menjadi waktu bagi semua siswa untuk bekerja sama dan membersihkan ruangan kelas dan lingkungannya. Proses pembersihan itu tidak hanya sekedar membuang sampah ke luar ruangan, namun juga menyapu dan mengepel lantai, membersihkan jendela dan meletakkan apapun yang ada di kelas itu secara teratur agar terlihat rapi.

Kegiatan ini akan membuat siswa menjadi disiplin khususnya dalam menjaga ebersihan lingkungan mereka. Mereka juga akan belajar betapa pentingnya kerja sama itu. Harapannya melalui kegiatan ini, siswa akan lebih menghargai lingkungan serta orang lain.

Kegiatan seperti ini telah dilakukan di Jepang. Hasilnya menunjukkan bahwa siswa-siswi mereka menjadi jauh lebih menghargai orang lain dan juga lingkungan. Hal ini karena pada akhirnya mereka belajar dari pengalaman mereka sendiri bahwa menjaga kebersihan lingkungan tidaklah semudah kelihatannya. Dibutuhkan  usaha dan kerja sama untuk melakukannya, dank arena mereka melakukan hal ini setiap hari, hal itu akan menjadi bagian dari diri mereka.

Yang ketiga adalah dengan mengucap salam pada semua guru saat para siswa sampai di sekolah dan juga saat mereka akan pulang ke rumah di sore hari. Kegiatan ini akan menumbuhkan hubungan yang lebih erat antara guru dan siswa, karena seperti halnya kata bijak yang mengatakan, untuk mendekat dengan seseorang, kamu butuh percakapan, dan percakapan tersingkat adalah salam. Saya percaya bahwa hal ini benar, karena jika kita benar-benar ingin memikirkannya, bagaimana bisa kita menjadi dekat dengan guru kita jika kita tidak pernah berbicara dengannya atau menyapanya.

Saya rasa itu saja dari saya. Saya harap anda menemukan sesuatu yang bermanfaat dari pidato saya. Terimakasih banyak atas perhatian anda dan sampai jumpa lagi.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.



beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

Secara harfiah, pidato singkat yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato persuasif tersebut. Kemampuan pidato persuasif atau berbicara yang baik di depan umum juga dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato bahasa indonesia singkat sendiri ada banyak, seperti:  naskah pidato kenegaraan, teks pidato menyambut hari besar, pidato singkat pembangkit semangat, pidato singkat sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi hendaknya diperhatikan serta harus percaya diri menyampaikan isi dari contoh pidato singkat, agar orang yang melihat pidato singkat pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato bahasa indonesia singkat yang disampaikan.


Kumpulan Contoh Teks Pidato Berbagai Tema

Berikut adalah kumpulan berbagai tema contoh teks Pidato Bahasa Indonesia yang menarik untuk Semua Kalangan. Yuk, silahkan pilih tema Pidato yang sesuai dibawah ini:


pidato bahasa inggris tentang pendidikan, pidato bahasa inggris tentang ibu, contoh pidato bahasa inggris singkat dan artinya, pidato bahasa inggris tentang pendidikan singkat, pidato bahasa inggris tentang narkoba, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan moral, 12 Contoh Pidato Bahasa Inggris Beserta Artinya, 15 Contoh Pembukaan Pidato Bahasa Inggris , Pidato Bahasa Inggris: Pentingnya Pendidikan , Pidato Bahasa Inggris Singkat Anak Sekolah, Pidato Bahasa Inggris Dengan Berbagai Tema Beserta Artinya, 15 Pidato Bahasa Inggris Terkenal untuk Latihan Mendengar, √√ Contoh Naskah Teks Pidato Bahasa Inggris Tentang Pendidikan,Tips Pidato dalam Bahasa Inggris, pidato bahasa inggris tentang pendidikan,pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, pembukaan pidato bahasa inggris, contoh pidato bahasa inggris singkat untuk anak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, pidato bahasa inggris tentang pendidikan singkat padat dan jelas, pidato bahasa inggris panjang, pembukaan pidato bahasa inggris islami dan artinya, pidato bahasa inggris, contoh pidato bahasa inggris, pembukaan pidato bahasa inggris

, teks pidato bahasa inggris, pidato bahasa inggris singkat, pidato bahasa inggris tentang pendidikan, pidato singkat bahasa inggris, contoh teks pidato bahasa inggris, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, contoh pidato bahasa inggris singkat dan artinya, pidato bahasa inggris tentang islam, penutupan pidato bahasa inggris, penutup pidato bahasa inggris, contoh pidato dalam bahasa inggris, lomba pidato bahasa inggris, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, pidato dalam bahasa inggris, pidato bahasa inggris beserta dalilnya, contoh pembukaan pidato bahasa inggris, pidato bahasa inggris tentang ibu, pembukaan pidato bahasa inggris islami dan artinya, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato singkat bahasa inggris, pembukaan pidato bahasa inggris islami, pembukaan pidato dalam bahasa inggris, opening pidato bahasa inggris, bahasa inggris pidato, pidato bahasa inggris tentang kesehatan, pidato bahasa inggris tentang narkoba, kumpulan pidato bahasa inggris

, pembukaan pidato bahasa inggris honorable, pidato bahasa inggris tentang pendidikan singkat, contoh teks pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan, pidato bahasa inggris dan artinya, pidato perpisahan bahasa inggris, lomba pidato bahasa inggris 2019, naskah pidato bahasa inggris, pidato bahasa inggris tentang perpisahan, contoh pidato bahasa inggris dan artinya, pidato bahasa inggris dan terjemahannya, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan moral, pidato bahasa inggris beserta artinya, pidato bahasa inggris tentang kebersihan, teks pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris singkat untuk anak, pidato bahasa inggris dan artinya singkat, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, kriteria penilaian lomba pidato bahasa inggris, contoh pidato bahasa inggris singkat



Selalu Kunjungin Selalu Jagoberpidato.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru dan Kutbah Jumat Terbaru.

Belum ada Komentar untuk "Pidato Tentang Pendidikan Moral / Akhlak dalam Bahasa Inggris Beserta Artinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel