Amanat Pembina Upacara Ke-19 Tema Tentang Waktu adalah Literasi


Pembina Upacara

Amanat pembina upacara – Pembina upacara adalah salah satu pejabat tertinggi dalam sebuah upacara yang mendapatkan penghormatan tertinggi dari seluruh peserta yang mengikuti upacara tersebut.
Apasih tugas seorang pembina upacara?
Iya, aku tahu pasti sebenarnya Anda sudah tahu, cuman sulit dalam mengungkapkan dalam sebuah kata-kata, hehe kaya apa aja Iya, Tugas pokok dari pembina upacara yaitu mengesahkan pelaksanaan upacara ,menyampaikan amanat pembina upacara serta bertanggung jawab terakhir dalam pelaksanaan upacara.

Pengertian Amanat Pembina Upacara

Pertama, amanat yaitu pesan atau perintah secara umum berarti sesuatu kegiatan yang mendorong penyair untuk berbicara di depan khalayak umum, dan disampaikan kepada banyak orang.
Karena kita sudah tahu pengertian amanat dan pembina upacara, Jadi intinya amanat pembina upacara adalah suatu pesan atau perintah yang disampaikan oleh pejabat tertinggi kepada seluruh peserta upacara untuk mengajak, memberi nasehat-nasehat demi kemaslahatan bersama.

Tujuan Amanat Pembina Upacara

Berikut adalah tujuan-tujuan dari amanat pembina upacara yang harus Anda ketahui.
  1. Menyampaikan pesan atau informasi yang bermanfaat.
  2. Mengajak dan mendorong pendengar untuk berbuat hal positif dan berguna.
  3. Menambah wawasan dan pengetahuan.
Yang mana, semua itu ditujukan kepada seluruh peserta upacara.

Metode Amanat Pembina Upacara

Sebelum menyampaikan amanat kepada khalayak umum sudah seharusnya Anda mengetahui metode amanat upacara atau pidato yang dibagi menjadi 3, apa saja itu? yuk simak berikut ini.
  1. Metode menghafal, yakni berpidato dan menyampaikan amanat dengan cara menyiapkan strategi dan menghafal teks terlebih dahulu sebelum tampil di khalayak umum.
  2. Metode serta merta, yakni berpidato dan menyampaikan amanat dengan mengandalkan pengalaman dan wawasan pribadi, tanpa adanya persiapan. Metode serta merta sering digunakan dalam keadaan mendesak dan tak terduga. Meskipun bukan  berarti tanpa persiapan ya, untuk bisa berhasil di metode ini kita harus sering banyak belajar dan memperkaya pengetahuan.
  3. Metode naskah, yakni berpidato dan menyampaikan amanat dengan cara memakai naskah atau teks yang sudah disiapkan lebih dulu. Namun, metode naskah ini umumnya hanya digunakan pada saat pidato-pidato resmi saja. Hal ini untuk menghindari kesalahan-kesalahan yang tidak diinginkan.

Silahkan Simak Contoh Teks Amanat Pembina Upacara Hari Senin  Di bawah ini:


Yang Terhormat Bapak Kepala Sekolah SMPN 3 Cileungsi, Yang Terhormat Ibu Kepala Sekolah SMPN 3 Cileungsi, Yang saya hormati Bapak/ Ibu guru beserta staf tata usaha & perpustakaan SMPN 3 Cileungsi, dan tak lupa siswa kelas VII, VIII, dan IX yang ibu sayangi, cintai, dan banggakan.
Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Mari kita panjatkan puji & syukur kehadirat Allah Yang Maha Kuasa, karena atas bekah dan rahmat-Nya lah kita bisa berkumpul di pagi hari yang cerah ini.
Shalawat serta salam mari kita panjatkan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad Sallahu 'alaihi wa salam dan para Sahabat serta para pengikutnya hingga akhir zaman.
Secara bahasa literasi artinya membaca dan menulis. Sedangkan secara istilah literasi  artinya kemampuan mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu  secara cerdas melalui berbagai aktivitas antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, dan/atau berbicara. Membaca sangat penting. Membaca adalah perintah yang pertama dalam agama Islam.  Dengan  membaca maka informasi dan ilmu pengetahuan dapat bertambah.

Bencana ilmu adalah lupa. Manusia adalah  makhluk yang memiliki banyak keterbatasan. Memori manusia sangat terbatas. Ilmu  pengetahuan berkembang secara bertahap dari tahun ke tahun. Ilmu  pengetahuan tersebut ditulis dalam buku agar tidak dilupakan dan bisa dibaca oleh orang yang membutuhkannya.

Ilmu pengetahuan yang ada saat ini adalah  hasil dari pengembangan  ilmu pengetahuan  yang sudah ada pada masa lampau. Dahulu orang hanya bisa menikmati siaran radio, lalu televisi dan akhirnya sekarang dapat menikmati internet.  Sarana transportasi pada zaman dahulu hanya kuda, perahu kayu, lalu berkembang menjadi sepeda, motor, kereta api, mobil, kapal laut dan pesawat  terbang.

Ada banyak bahan bacaan yang dapat dibaca. Untuk hiburan dapat dibaca buku cerita atau cerpen. untuk menambah ilmu pengetahuan dapat dibaca  buku pelajaran atau buku ilmu pengetahuan. Untuk menambah info terkini dapat dibaca surat kabar atau majalah. Dan pada zaman  digital yang canggih ini sangat banyak bahan bacaan yang dapat diperoleh di internet.

Semakin banyak yang dibaca, semakin banyak pula  bahan  yang bisa untuk ditulis. Seorang penulis adalah orang yang sangat banyak membaca. Membaca adalah cara yang paling mudah untuk menjadi pintar. Membaca adalah suatu kewajiban.
Cukup sekian yang ibu sampaikan, kurang lebihnya ibu mohon maaf. Wabilahitaufik walhidayah wassalamualaikum Wr. Wb.
oga dapat bermanfaat bagi anak – anak kami peserta diklat seluruhnya. Sekian dan Terimakasih.

Kumpulan Contoh Teks Amanat Pembina Upacara

Berikut adalah kumpulan berbagai tema contoh teks amanat pembina upacara yang menarik untuk sd/smp/mts/sma maupun smk. Yuk, silahkan pilih tema pembina upacara yang sesuai dibawah ini:

 - Amanat Pembina Upacara Ke-1 Tema Pengendalian Diri
 - Amanat Pembina Upacara Ke-2 Tema Menjaga Kebersihan
 - Amanat Pembina Upacara Ke-3 Tema Tujuan Upacara Bendera
 - Amanat Pembina Upacara Ke-4 Tema Kegiatan belajar mengajar adalah termasuk dzikir
 - Amanat Pembina Upacara Ke-5 Tema Taat Kepada Pemimpin
 - Amanat Pembina Upacara Ke-6 Tema Tanggung Jawab Sebagai Prilaku Terpuji
 - Amanat Pembina Upacara Ke-7 Tema memelihara nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme
 - Amanat Pembina Upacara Ke-8 Tema Membangun Rasa Optimis
 - Amanat Pembina Upacara Ke-9 Tema Tentang Pendidikan
 - Amanat Pembina Upacara Ke-10 Tema Meraih Mimpi Masa Depan
 - Amanat Pembina Upacara Ke-11 Tema Tentang Menyikapi penyakit KUBER dan KUDIS 
 - Amanat Pembina Upacara Ke-12 Tema Ujian Nasional
 - Amanat Pembina Upacara Ke-13 Tema Tentang Hardiknas 
 - Amanat Pembina Upacara Ke-14 Tema Hari Sumpah Pemuda
 - Amanat Pembina Upacara Ke-15 Tema Tentang Contoh Pengendalian Diri
 - Amanat Pembina Upacara Ke-16 Tema Hari Pendidikan Nasional
 - Amanat Pembina Upacara Ke-17 Tema Tentang Waktu adalah Emas
 - Amanat Pembina Upacara Ke-18 Tema Pentingnya Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah


Belum ada Komentar untuk "Amanat Pembina Upacara Ke-19 Tema Tentang Waktu adalah Literasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel