Amanat Pembina Upacara Ke-14 Tema Hari Sumpah Pemuda


Pembina Upacara

Amanat pembina upacara – Pembina upacara adalah salah satu pejabat tertinggi dalam sebuah upacara yang mendapatkan penghormatan tertinggi dari seluruh peserta yang mengikuti upacara tersebut.
Apasih tugas seorang pembina upacara?
Iya, aku tahu pasti sebenarnya Anda sudah tahu, cuman sulit dalam mengungkapkan dalam sebuah kata-kata, hehe kaya apa aja Iya, Tugas pokok dari pembina upacara yaitu mengesahkan pelaksanaan upacara ,menyampaikan amanat pembina upacara serta bertanggung jawab terakhir dalam pelaksanaan upacara.

Pengertian Amanat Pembina Upacara

Pertama, amanat yaitu pesan atau perintah secara umum berarti sesuatu kegiatan yang mendorong penyair untuk berbicara di depan khalayak umum, dan disampaikan kepada banyak orang.
Karena kita sudah tahu pengertian amanat dan pembina upacara, Jadi intinya amanat pembina upacara adalah suatu pesan atau perintah yang disampaikan oleh pejabat tertinggi kepada seluruh peserta upacara untuk mengajak, memberi nasehat-nasehat demi kemaslahatan bersama.

Tujuan Amanat Pembina Upacara

Berikut adalah tujuan-tujuan dari amanat pembina upacara yang harus Anda ketahui.
  1. Menyampaikan pesan atau informasi yang bermanfaat.
  2. Mengajak dan mendorong pendengar untuk berbuat hal positif dan berguna.
  3. Menambah wawasan dan pengetahuan.
Yang mana, semua itu ditujukan kepada seluruh peserta upacara.

Metode Amanat Pembina Upacara

Sebelum menyampaikan amanat kepada khalayak umum sudah seharusnya Anda mengetahui metode amanat upacara atau pidato yang dibagi menjadi 3, apa saja itu? yuk simak berikut ini.
  1. Metode menghafal, yakni berpidato dan menyampaikan amanat dengan cara menyiapkan strategi dan menghafal teks terlebih dahulu sebelum tampil di khalayak umum.
  2. Metode serta merta, yakni berpidato dan menyampaikan amanat dengan mengandalkan pengalaman dan wawasan pribadi, tanpa adanya persiapan. Metode serta merta sering digunakan dalam keadaan mendesak dan tak terduga. Meskipun bukan  berarti tanpa persiapan ya, untuk bisa berhasil di metode ini kita harus sering banyak belajar dan memperkaya pengetahuan.
  3. Metode naskah, yakni berpidato dan menyampaikan amanat dengan cara memakai naskah atau teks yang sudah disiapkan lebih dulu. Namun, metode naskah ini umumnya hanya digunakan pada saat pidato-pidato resmi saja. Hal ini untuk menghindari kesalahan-kesalahan yang tidak diinginkan.

Silahkan Simak Contoh Teks Amanat Pembina Upacara Hari Senin  Di bawah ini:


Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Bapak kepala sekolah yang saya hormati,
Ibu/Bapak dewan guru yang saya hormati pula,
Anak-anakku, siswa-siswi SD Negeri Jagapura 01 yang saya banggakan
Selamat pagi dan salam sejahtera,

Puji syukur kita panjatkan kehadhirat Allah SWT. Yang masih memberikan kita kesempatan, kekuatan, dan kesehatan sehingga kita dapat melaksanakan upacara bendera ini dengan penuh khidmat. Shalawat dan salam semoga senantiasa tetap tercurahkan keharibaan Baginda besar Muhammad SAW, sosok figure pemimpin sejati yang menjadi teladan bagi kita sekalian.
Sumpah Pemuda telah memberikan semangat dan motivasi baru bagi bangsa ini untuk memperjuangkan nasib dan eksistensinya sebagai sebuah bangsa yang berdaulat. Untuk memberikan makna yang lebih dalam akan arti penting sebuah momentum sejarah, bangsa ini perlu merekonstruksi dan mereaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung didalamnya. Sebagai bagian dari proses sejarah, jiwa, dan semangat Sumpah Pemuda perlu diaktualisasikan agar tetap relevan ditengah perubahan zaman. Reaktualisasi jiwa dan semangat Hari Sumpah Pemuda harus dimaknai sebagai upaya serius dalam menjaga integritas, karakter bangsa, dan semangat nasionalisme ditengah berbagai persoalan yang melanda bangsa ini, baik yang datang dari dalam negeri maupun sebagai akibat dari interaksi global.
Reaktualisasi jiwa dan semangat Sumpah Pemuda dimaknai sebagai upaya untuk menjaga integritas dan jati diri bangsa ditengah interaksi global. Globalisasi sebagai bagian dari perkembangan peradaban umat manusia merupakan fenomena yang tidak bisa ditampik, kehadirannya merupakan realitas sejarah yang harus diterima. Interaksi global akan sangat berpengaruh pada upaya membangun kembali jati diri bangsa. Oleh karenanya eksistensi bangsa ini dimasa depan akan sangat ditentukan oleh seberapa jauh bangsa ini mampu berdiri sama tegak dengan negara-negara lain dalam dinamika kehidupan internasional. Dalam kaitan ini upaya untuk membangun kembali jati diri bangsa haruslah didasarkan pada kemampuan nasional untuk membangun kompetensi bangsa sehingga mampu bersaing di era global. Kompetensi dan daya saing merupakan bagian integral dari karakter bangsa yang harus terus diperkokoh.
Bangsa Indonesia perlu menandaskan bahwa karakter bangsa merupakan elemen yang perlu diperkokoh, melalui penguatan kualitas pemuda Indonesia dengan ciri-ciri memiliki jati diri, memiliki wawasan dan jiwa nasionalis-religius yang kuat, berjiwa patirotik, dan berkehidupan mandiri yang senantiasa berpegang teguh pada komitmen untuk tetap bersatu dan berdaulat dibawah naungan Negara Kesatuan Republik Indonesia, diperkuat dengan kuatnya kesadaran dan semangat membangun peradaban bangsa yang unggul. 
Pedoman Pelaksanaan Hari Sumpah Pemuda Ke-82 Tahun 2010 | 2
Dalam tatanan aplikasi, karakter bangsa sebagai pemaknaan Hari Sumpah Pemuda tahun 2010 menjadi konsentrasi utama untuk memperkokoh karakter pemuda Indonesia terkait dengan : (1) pembangunan akhlak anak bangsa yang baik; (2) pendidikan budi pekerti dan kesantunan yang baik; (3) berpikir positif dalam kehidupan; (4) kuat dan tegar menghadapi tantangan, cobaan, dan ujian; (5) yakin diri, tidak sombong dan tidak takabur; (6) disiplin; (7) inovatif; (8) rukun; dan (9) memiliki solidaritas, kesetiakawanan yang berfungsi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
Memaknai nilai-nilai Sumpah Pemuda yang terjabar dalam Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa adalah Indonesia. Momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-82 tahun 2010 ini dimaknai sebagai upaya pembangunan karakter bangsa yang dilandasi oleh nilai-nilai kebangsaan yang baik untuk mewujudkan peradaban bangsa Indonesia yang Unggul.

Peringatan hari Sumpah Pemuda Tahun 2014 merupakan momentum untuk
merenungkan dan mengevaluasi kembali perjuangan bangsa ini. Di mana pada tanggal 28 Oktober 1928 yang silam, para pemuda bersatu untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Tumpah darah yang satu, bangsa yang satu, bahasa yang satu, yaitu Indonesia.
66 tahun merdeka lepas dari belenggu penjajahan, para pemuda Indonesia harus bangkit dengan niat yang tulus untuk mengisi kemerdekaan ini dengan pembangunan di
segala bidang guna meningkatkan kesejahteraan, kemajuan, dan kemakmuran bangsa
dan negara Indonesia. Dengan demikian, memahami dengan baik dan benar akan makna peringatan Sumpah Pemuda adalah modal dasar meneruskan cita-cita bangsa menuju kejayaan Indonesia.


Terima kasih atas segala perhatian, dan mohon maaf atas segala kekurangnya.
Wabilahitaufik walhidayah Wassalamu alaikum Wr. Wb.

Kumpulan Contoh Teks Amanat Pembina Upacara

Berikut adalah kumpulan berbagai tema contoh teks amanat pembina upacara yang menarik untuk sd/smp/mts/sma maupun smk. Yuk, silahkan pilih tema pembina upacara yang sesuai dibawah ini:


 - Amanat Pembina Upacara Hari Senin Bertema Menumbuhkan Motivasi Belajar 
 - Amanat Pembina Menjelang Pelaksanaan Ulangan Semester 
 - Amanat Pembina Upacara Hari Senin Bertema Rajin membaca Al-Qur’an
 - Amanat Pembina Upacara Hari Senin Bertema Narkoba
 - Amanat Pembina Upacara Bendera Hari Senin Tema Tata tertib adalah aturan
 - Amanat Pembina Upacara Hari Senin Bertema Rajin Belajar
 - Amanat Pembina Upacara Bendera Hari Senin Tema Pentingnya Menjaga Kesehatan
 - Amanat Pembina Upacara Ke-1 Tema Pengendalian Diri
 - Amanat Pembina Upacara Ke-2 Tema Menjaga Kebersihan
 - Amanat Pembina Upacara Ke-3 Tema Tujuan Upacara Bendera
 - Amanat Pembina Upacara Ke-4 Tema Kegiatan belajar mengajar adalah termasuk dzikir
 - Amanat Pembina Upacara Ke-5 Tema Taat Kepada Pemimpin
 - Amanat Pembina Upacara Ke-6 Tema Tanggung Jawab Sebagai Prilaku Terpuji
 - Amanat Pembina Upacara Ke-7 Tema memelihara nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme
 - Amanat Pembina Upacara Ke-8 Tema Membangun Rasa Optimis
 - Amanat Pembina Upacara Ke-9 Tema Tentang Pendidikan




 - Amanat Pembina Upacara Ke-10 Tema Meraih Mimpi Masa Depan
 - Amanat Pembina Upacara Ke-11 Tema Tentang Menyikapi penyakit KUBER dan KUDIS 
 - Amanat Pembina Upacara Ke-12 Tema Ujian Nasional
 - Amanat Pembina Upacara Ke-13 Tema Tentang Hardiknas


Belum ada Komentar untuk "Amanat Pembina Upacara Ke-14 Tema Hari Sumpah Pemuda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel