Amanat Pembina Upacara Ke-13 Tema Tentang Hardiknas 2020


Pembina Upacara

Amanat pembina upacara – Pembina upacara adalah salah satu pejabat tertinggi dalam sebuah upacara yang mendapatkan penghormatan tertinggi dari seluruh peserta yang mengikuti upacara tersebut.
Apasih tugas seorang pembina upacara?
Iya, aku tahu pasti sebenarnya Anda sudah tahu, cuman sulit dalam mengungkapkan dalam sebuah kata-kata, hehe kaya apa aja Iya, Tugas pokok dari pembina upacara yaitu mengesahkan pelaksanaan upacara ,menyampaikan amanat pembina upacara serta bertanggung jawab terakhir dalam pelaksanaan upacara.

Pengertian Amanat Pembina Upacara

Pertama, amanat yaitu pesan atau perintah secara umum berarti sesuatu kegiatan yang mendorong penyair untuk berbicara di depan khalayak umum, dan disampaikan kepada banyak orang.
Karena kita sudah tahu pengertian amanat dan pembina upacara, Jadi intinya amanat pembina upacara adalah suatu pesan atau perintah yang disampaikan oleh pejabat tertinggi kepada seluruh peserta upacara untuk mengajak, memberi nasehat-nasehat demi kemaslahatan bersama.

Tujuan Amanat Pembina Upacara

Berikut adalah tujuan-tujuan dari amanat pembina upacara yang harus Anda ketahui.
  1. Menyampaikan pesan atau informasi yang bermanfaat.
  2. Mengajak dan mendorong pendengar untuk berbuat hal positif dan berguna.
  3. Menambah wawasan dan pengetahuan.
Yang mana, semua itu ditujukan kepada seluruh peserta upacara.

Metode Amanat Pembina Upacara

Sebelum menyampaikan amanat kepada khalayak umum sudah seharusnya Anda mengetahui metode amanat upacara atau pidato yang dibagi menjadi 3, apa saja itu? yuk simak berikut ini.
  1. Metode menghafal, yakni berpidato dan menyampaikan amanat dengan cara menyiapkan strategi dan menghafal teks terlebih dahulu sebelum tampil di khalayak umum.
  2. Metode serta merta, yakni berpidato dan menyampaikan amanat dengan mengandalkan pengalaman dan wawasan pribadi, tanpa adanya persiapan. Metode serta merta sering digunakan dalam keadaan mendesak dan tak terduga. Meskipun bukan  berarti tanpa persiapan ya, untuk bisa berhasil di metode ini kita harus sering banyak belajar dan memperkaya pengetahuan.
  3. Metode naskah, yakni berpidato dan menyampaikan amanat dengan cara memakai naskah atau teks yang sudah disiapkan lebih dulu. Namun, metode naskah ini umumnya hanya digunakan pada saat pidato-pidato resmi saja. Hal ini untuk menghindari kesalahan-kesalahan yang tidak diinginkan.

Silahkan Simak Contoh Teks Amanat Pembina Upacara Hari Senin  Di bawah ini:


Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Bapak kepala sekolah yang saya hormati,
Ibu/Bapak dewan guru yang saya hormati pula,
Anak-anakku, siswa-siswi SD Negeri Jagapura 01 yang saya banggakan
Selamat pagi dan salam sejahtera,

Puji syukur kita panjatkan kehadhirat Allah SWT. Yang masih memberikan kita kesempatan, kekuatan, dan kesehatan sehingga kita dapat melaksanakan upacara bendera ini dengan penuh khidmat. Shalawat dan salam semoga senantiasa tetap tercurahkan keharibaan Baginda besar Muhammad SAW, sosok figure pemimpin sejati yang menjadi teladan bagi kita sekalian.
Pada kesempatan yang baik ini saya selaku pembina upacara menyampaikan “Selamat Hari Pendidikan Nasional, tanggal 2 Mei 2020”. Semoga dunia pendidikan kita semakin maju, semakin berkualitas, dan semakin terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat baik di desa maupun diperkotaan. Perkenankan pula, saya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh insan pendidikan, pemerintah pusat dan daerah, organisasi yang bergerak di dunia pendidikan atas segala ikhtiar, kepedulian dan perhatian yang telah diberikan dalam memajukan dunia pendidikan.
Anak-anakku sekalian yang saya banggakan,
Pendidikan pada hakikatnya adalah upaya memanusiakan manusia untuk membangun peradaban yang unggul. Pemerintah dengan Program Nasional Wajib Belajar 9 tahun, dengan tegas dan terang benderang tidak menghendaki adanya rintangan bagi rakyat indonesia untuk mendapatkan pelayanan pendidikan. Contoh yang telah kita rasakan adalah adanya program sekolah gratis bagi anak usia SD dan SMP.
Adalah suatu keharusan bagi kita, yang bisa menikmati suasana yang baik ini untuk bersyukur. Bersyukur dalam artian meneguhkan dalam hati, menuangkannya dalam tindakan, dan membuktikannya dalam hasil, suatu prestasi yang seharusnya lebih baik dari pada tahun-tahun terdahulu.
Adalah suatu kerugian apabila masih ada di antara kita yang menyia-nyiakan kondisi ini. Apa kata dunia kalau rakyat Indonesia, lebih-lebih siswa SD Negeri Jagapura 01, justru patah semangat dalam mencari ilmu.
Oleh karena itu, sangat tepat apabila SD Negeri Jagapura 01 dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional kali ini memilih tema BANGKITNYA GENERASI EMAS INDONESIA.

Anak-anakku yang berbahagia,
Kalian, adalah bagian yang tak terpisahkan dari bangsa ini. Tidak menutup kemungkinan sebagian dari kalian muncul untuk bisa mengukir sejarah. Tidak mustahil meskipun sekolah kita dalam keterbatasan, nantinya akan melahirkan insan-insan yang bisa mewarnai bangsa ini. Yakinkan dalam hati kalian bahwa kalian memiliki potensi yang sama dalam segala hal dengan teman-teman kalian yang lain. Percayalah, hanya yang berani berubah dan sungguh-sungguh ingin berubah pintu perubahan itu terbuka. Man jadda wa jadda!
Anak-anakku,
Generasi emas adalah generasi yang dinantikan sepanjang zaman. Emas adalah simbul kemuliaan. Emas menjadi emas karena ada proses yang memaksa kita untuk  jatuh bangun, berpeluh ria, bahkan tidak jarang berurai air mata.
Anak-anakku,
Mata kalian telah memancarkan potensi emas itu, tanamkan dalam lubuk hati kalian semangat untuk belajar. Betapa indahnya jika satu anak menularkan cemerlangnya emas itu. Betapa kita akan yakin dalam waktu sekejap kilauan emas itu bertebaran di mana-mana.
Ir. Soekarno, sang proklamator dan presiden pertama kita pernah berkata.
PEMUDA HARI INI ADALAH PEMIMPIN DI HARI ESOK…
GIVE ME TEN YOUTHS, I WILL SHAKE THE WORLD….

Berikan padaku 10 Pemuda akan kugoncangkan dunia….
Selamat merayakan Hari Pendidikan Nasional, selamat berkarya, selamat berprestasi, kalian anak-anak emas di sekolah ini.
Terima kasih atas segala perhatian, dan mohon maaf atas segala kekurangnya.
Wabilahitaufik walhidayah Wassalamu alaikum Wr. Wb.

Kumpulan Contoh Teks Amanat Pembina Upacara

Berikut adalah kumpulan berbagai tema contoh teks amanat pembina upacara yang menarik untuk sd/smp/mts/sma maupun smk. Yuk, silahkan pilih tema pembina upacara yang sesuai dibawah ini:


 - Amanat Pembina Upacara Hari Senin Bertema Menumbuhkan Motivasi Belajar 
 - Amanat Pembina Menjelang Pelaksanaan Ulangan Semester 
 - Amanat Pembina Upacara Hari Senin Bertema Rajin membaca Al-Qur’an
 - Amanat Pembina Upacara Hari Senin Bertema Narkoba
 - Amanat Pembina Upacara Bendera Hari Senin Tema Tata tertib adalah aturan
 - Amanat Pembina Upacara Hari Senin Bertema Rajin Belajar
 - Amanat Pembina Upacara Bendera Hari Senin Tema Pentingnya Menjaga Kesehatan
 - Amanat Pembina Upacara Ke-1 Tema Pengendalian Diri
 - Amanat Pembina Upacara Ke-2 Tema Menjaga Kebersihan
 - Amanat Pembina Upacara Ke-3 Tema Tujuan Upacara Bendera
 - Amanat Pembina Upacara Ke-4 Tema Kegiatan belajar mengajar adalah termasuk dzikir
 - Amanat Pembina Upacara Ke-5 Tema Taat Kepada Pemimpin
 - Amanat Pembina Upacara Ke-6 Tema Tanggung Jawab Sebagai Prilaku Terpuji
 - Amanat Pembina Upacara Ke-7 Tema memelihara nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme
 - Amanat Pembina Upacara Ke-8 Tema Membangun Rasa Optimis
 - Amanat Pembina Upacara Ke-9 Tema Tentang Pendidikan




 - Amanat Pembina Upacara Ke-10 Tema Meraih Mimpi Masa Depan
 - Amanat Pembina Upacara Ke-11 Tema Tentang Menyikapi penyakit KUBER dan KUDIS 
 - Amanat Pembina Upacara Ke-12 Tema Ujian Nasional

Belum ada Komentar untuk "Amanat Pembina Upacara Ke-13 Tema Tentang Hardiknas 2020"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel