Contoh Pidato Bertema Budi Pekerti Terbaru


Contoh Teks Pidato  – pengertian pidato adalah suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai untuk menyampaikan pernyataan, gagasan, ide, petunjuk, atau nasehat, dengan susunan kata yang baik.Pendapat lain mengatakan pengertian pidato adalah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyampaikan pernyataan atau memberikan gambaran mengenai suatu hal.Pidato umumnya dilakukan oleh seseorang yang dianggap penting untuk menyampaikan pernyataan atau pandangan mengenai suatu hal dengan cara berorasi. Misalnya; pidato sambutan acara, pidato memperingati hari besar, pidato kenegaraan, dan lain-lain.
 

Fungsi Pidato Secara Umum

Kegiatan berbicara di depan umum tentunya memiliki fungsi tertentu di dalam masyarakat. Mengacu pada pengertian pidato, adapun beberapa fungsi pidato adalah sebagai berikut:

  1. Memudahkan Komunikasi; proses komunikasi kepada khalayak ramai bisa menjadi sesuatu yang sulit dilakukan. Pidato adalah salah satu cara untuk memudahkan berkomunikasi dengan khalayak ramai untuk menyampaikan suatu gagasan atau hal lainnya.
  2. Media Komunikasi; setiap organisasi membutuhkan metode komunikasi yang efektif untuk menyampaikan informasi kepada anggotanya. Dengan cara berpidato, ketua organisasi dapat memberikan informasi penting kepada seluruh anggota organisasi tersebut.
  3. Membangun Suasana Kondusif; komunikasi dengan cara berpidato dianggap sebagai salah satu cara untuk membangun suasana kondusif karena hanya satu orang yang berorasi. Dalam hal ini, pendengar dapat memberikan feedback dalam bentuk pertanyaan dan sanggahan terhadap pidato dari pembicara pada waktu yang ditentukan.
  4. Membangun Hubungan Harmonis; dalam suatu organisasi, pidato menjadi salah satu cara berkomunikasi langsung antara atasan dan bawahan. Selain itu, proses komunikasi ini juga bisa dimanfaatkan untuk menyampaikan saran dan kritik kepada anggota organisasi.
 

Metode Dalam Berpidato

Dalam menyampaikan pidato terdapat beberapa metode yang bisa dilakukan oleh pembicara. Berikut adalah beberapa metode pidato yang umum digunakan:

  1. Metode Membaca Naskah, yaitu berpidato dengan membaca sebuah naskah yang dirancang terlebih dahulu. Di dalam naskah tersebut terdapat informasi yang akan disampaikan dengan susunan yang tertata rapih dan detail.
  2. Metode Hafalan, yaitu berpidato dengan tanpa naskah dan mengandalkan ingatan pembicaranya mengenai informasi-informasi yang akan disampaikan kepada khalayak.
  3. Metode Impromptu, yaitu berpidato dengan cara spontan tanpa adanya persiapan. Pada umumnya, metode pidato ini dilakukan pada situasi darurat atau spontanitas dimana pembicaranya hanya menyampaikan informasi berdasarkan pengalaman atau pengetahuannya.
  4. Metode Ekstemporan, yaitu berpidato dengan tanpa naskah namun pembicara masih memiliki kesempatan untuk mempersiapkan konsep pidato yang akan disampaikan.


Terdapat banyak macam-macam teks pidato dengan judul berbeda-beda. Bagi yang sedang mencari referensi mengenai contoh dari teks pidato maka penting untuk membaca penjelasan yang akan ditulis di bawah ini. Langsung saja perhatikan contoh-contoh teks pidato sebagai berikut.
 
 
Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Selamat siang dan salam sejahtera bagi kita semua. Pertama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya sehingga kita bisa berkumpul pada kesempatan kali ini.
Bapak dan ibu Guru yang saya hormati, dan juga teman temanku yang saya cintai dan saya banggakan. Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba berpidato dengan tema Budi Pekerti.
Manusia diciptakan dengan beragam perbedaan. Perbedaan inilah yang membuat manusia menjadi saling membutuhkan dan menjalani kehidupan sosial. Pada dasarnya manusia sangat berbeda dangan makhluk hidup lainnya. Kita memiliki akal, pikiran dan keinginan untuk melakukan sesuatu hal.
Namun terkadang melakukan sesuatu yang kita anggap baik, namun orang lain beranggapan bahwa itu salah. Sehingga persepsi mulai muncul. Untuk menyamakan persepsi inilah manusia mulai membentuk adat istiadat, budaya dan mulai mengenal budi pekerti. Budi pekerti sama halnya dengan masalah hubungan antara manusia.  
Di Sekolah kita diajarkan ilmu pengetahuan, teknologi, agama dan budi pekerti. Budi pekerti inilah yang membuat manusia beradap dan bertingkah laku sebagai mana mestinya. Sekolah kita mengajarkan budi pekerti agar kita siap berbaur dengan masyarakat dan menjadi bagian dari masyarakat yang terpelajar dan berkelakuan baik.
Budi pekerti sangatlah penting untuk menopang kehidupan manusia yang lebih baik. Tanpa budi pekerti seorang yang cerdas dalam berbagai hal, ilmu pengetahuan dan teknologi saja maka dia akan cenderung menggunakan kemampuannya itu untuk hal yang salah. Merugikan orang lain atau bahkan merugikan dirinya sendiri. Ilmu yang dimanfaatkan dengan cara yang salah dapat merusak alam semesta, merusak keseimbangan alam dan terjadi kerusuhan dimana-mana.
Teman-temanku yang saya sayangi,
Begitu pentingnya budi pekerti sehingga banyak yang menerapkannya sejak anak berusia dini. Kita diajarkan untuk bersopan santun terhadap orang yang lebih tua, diajarkan untuk bertamu dengan adat dan istiadat yang baik serta berlaku jujur dimanpun dan kapanpun kita berada. Hal semacam inilah yang dikenal dengan budi pekerti.
Seorang yang memiliki karakter dengan budi pekerti luhur dan baik niscaya akan menjadi manusia yang berguna bagi bangsa dan negera. Berguna bagi orang di sekitar kita dan menjadikan dirinya pemimpin dan panutan orang lain.
Menerapkan budi pekerti bukanlah hal yang mudah. Terkadang kita terbawa emosi atau terbawa nafsu untuk berbuat hal yang salah. Walaupun demikian, kita sebagai manusia yang berakal seharusnya mengetahui hal yang salah dan yang benar. Meninggalkan sesuatu yang salah dan melakukan hal yang benar.
Semoga dengan melakukan hal yang baik dan benar kita akan menjadi manusia yang berguna di masa akan datang.
Demikian pidato singkat dari saya semoga bermanfaat, jika ada sesuatu yang salah saya ucapkan mohon maaf yang setulus-tulusnya.
Wassalamualaikum wr.wb.
 
 


beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

Secara harfiah, pidato singkat yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato persuasif tersebut. Kemampuan pidato persuasif atau berbicara yang baik di depan umum juga dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato bahasa indonesia singkat sendiri ada banyak, seperti:  naskah pidato kenegaraan, teks pidato menyambut hari besar, pidato singkat pembangkit semangat, pidato singkat sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi hendaknya diperhatikan serta harus percaya diri menyampaikan isi dari contoh pidato singkat, agar orang yang melihat pidato singkat pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato bahasa indonesia singkat yang disampaikan.


Kumpulan Contoh Teks Pidato Berbagai Tema

Berikut adalah kumpulan berbagai tema contoh teks Pidato Bahasa Indonesia yang menarik untuk Semua Kalangan. Yuk, silahkan pilih tema Pidato yang sesuai dibawah ini:


5+ Contoh Teks Pidato Singkat dengan Berbagai Tema , 18 Contoh Pidato Singkat Terbaru Tentang Berbagai Topik, 3 Contoh Pidato Singkat dari Berbagai Topik , 14 Contoh Pidato Singkat, Persuasif Perpisahan Pendidikan,12 Contoh Pidato, Naskah / Teks Pidato Yang Baik Dan Benar,  CONTOH PIDATO SINGKAT - Mudah Dihafal Tugas Sekolah, √ 9 Contoh Teks Ceramah Singkat (Berbagai Topik), Teks Pidato Singkat Mengenai Perjuangan Para Pendiri Bangsa, 5 Contoh Pidato Singkat Tentang Pendidikan [Mudah Dihafal], contoh pidato tentang lingkungan, contoh pidato yang menarik dan tidak membosankan, contoh pidato tentang disiplin, contoh pidato pendidikan, contoh pidato persuasif tentang kesehatan, contoh pidato perpisahan, contoh pidato singkat tentang pendidikan, contoh pidato ilmiah, 7 Cara Membaca Naskah Pidato ✔️Yang Benar,Naskah Pidato Singkat Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-75, Pidato - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas,
5+ Contoh Pidato Singkat Bahasa Indonesia, Contoh Teks Pidato Singkat (terlengkap) , 21+ Contoh Teks Pidato Singkat dan Menarik, 5+ Contoh Pidato Bahasa Indonesia dengan Berbagai Tema,
 
Jagoberpidato.my.id merupakan web yang berisi kumpulan contoh-contoh teks pidato dan ceramah-ceramah yang ditulis menggunakan bahasa Indonesia, Inggris dan Jawa. Banyak pilihan pidato di antaranya pidato Lingkungan, Agama Islam, Pemuda, Pendidikan dll. Contoh pidato juga ditulis secara bervariasi dari pidato panjang sampai konsep pidato singkat dan dilengkapi juga pidato untuk siswa sekolah SD, SMP dan SMA. Semoga dengan hadirnya NaskaPidato akan memberikan manfaat bagi kita semua.


Selalu Kunjungin Selalu Jagoberpidato.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru dan Kutbah Jumat Terbaru.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Pidato Bertema Budi Pekerti Terbaru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel