Contoh Pidato dan Ceramah Tentang Bersyukur


Contoh Ceramah Singkat – Ceramah atau pidato keagamaan adalah ceramah yang dilakukan oleh ahli agama atau biasa disebut ustad yang notabennya mempunyai ilmu agama lebih dan dibagikan kepada orang lain dengan tujuan agar banyak yang paham dan mengerti ilmu agama tersebut.

Ceramah singkat merupakan suatu hal yang identik dengan pidato keagamaan, yakni ceramah yang disampaikan oleh seorang ahli agama atau ustad yang dipandang memiliki ilmu agama lebih kemudian dibagikan kepada orang lain dengan tujuan supaya orang-orang dapat memahami ilmu yang disampaikan tersebut.
Untuk ceramah singkat sendiri banyak sekali ragamnya, berikut akan dipaparkan beberapa mengenai contoh ceramah singkat, mulai dari ceramah singkat tentang sabar, tentang pendidikan, menuntut ilmu, kebersihan, ikhlas, shalat, tentang ibu, tentang cinta, dan masih banyak lagi yang lainnya.
Dengan adanya contoh ini semoga dapat menambah keimanan kita pada Allah.

Berikut ini adalah contoh ceramah singkat. Mulai dari contoh ceramah singkat. contoh ceramah tentang fitnah, ceramah tentang ghibah, ceramah tentang generasi muda, contoh ceramah tentang hijrah, contoh ceramah larangan pacaran, contoh ceramah tentang rezeki, contoh ceramah tentang riba, ceramah bulan suci ramadhan. contoh ceramah pendidikan, contoh ceramah singkat sabar, contoh ceramah tentang ibu, contoh ceramah pergaulan bebas, contoh ceramah menuntut ilmu, contoh ceramah singkat tentang narkoba, contoh ceramah kebersihan, contoh ceramah  kesehatan, contoh ceramah media sosial, contoh ceramah, contoh ceramah tentang aurat, contoh ceramah tentang berbakti kepada orang tua, dll.


Silahkan Simak Contoh Teks pidato Tentang Agama Terlengkap  Di bawah ini:



السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
الحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ العَـالَمِيْنَ وَبِهِ نَسْتَعِيْنُ عَلَى أُمُوْرِ الدُّنْيَـا وَالدِّيْنِ وَالصَّـلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلىَ سَـيِّدِ المُرْسَـلِيْنَ مُحَـمٍّد وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ . رَبِّ اشْـَرحْ لِي صَـدْرِيْ وَيَسِّرْلِي أَمْـِريْ وَاحْلُلْ عُقْـدَةً مِنْ لِسَـانِي يَفْقَـهُ قَـوْلِي …أَمَّـا بَعْد : قـال الله تعـالى في كتـابه الكريم أعوذ بالله من الشيطان الرجيم بسم الله الرحمن الرحيم وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَى وَلا تَعَاوَنُوا عَلَى الإثْمِ وَالْعُدْوَانِ

Sebelunya, marilah kita panjatkan syukur kita kepada Allah SWT atas berkah dan nikmat yang senantiasa Allah berikan kepada kita semua. Karena berkat rahmat dan hidayah-Nya kita dapat berkumpul disini dengan sihat wal afiat.
Coba kita bayangkan, bila kemudian Allah mencabut salah satu nikmat yang diberkan kepada kita? Apa yang akan terjadi? saya tidak yakin kita semua dapat berkumpul di sini dengan kondisi yang sehat dan berbahagia.
Sholawat serta salam semoga tetap tercurah kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad SAW yang karenanya kita dapat menikmati hidup di zaman penuh hikmah dan cahaya ilahi. Semoga sholawat serta salam yang selalu kita curahkan ini, dapat membawa kita memperoleh syafaatnya di yaumul qiyamah nanti.
Mengingat waktu yang tidak terlalu lama, maka ijinkanlah saya langsung memulai ceramah singkat ini tanpa basa-basi.

Bapak / ibu hadirin sekalian yang dirahmati Allah

Bersyukur merupakan suatu perbuaatan yang tujuannya adalah berterimakasih kepada Allah karena segala nikmat yang diberikan kepada kita semua. Sebagai hamba Allah yang taat, hendaklah kita selalu berucap syukur terhadap nikmat yang Allah berikan, tanpa melihat besar kecilnya nikmat yang Allah berikan kepada kita semua.
Berkaitan dengan syukur, Allah SWT berfirman dalam Al Quran surah Ibrahim ayat 7 yang berbuny:
وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ
Artinya: “Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”.

Bapak / ibu hadirin sekalian yang dirahmati Allah

Pada dasarnya, bersyukur itu dibedakan menjadi tiga macam. Bersyukur dengan lisan, bersyukur dengan badan, dan juga bersyukur dengan hati.
Salah satu cara yang dapat kita lakukan saat bersyukur menggunakan lisan adalah mengucap alhamdulilah saat kita diberikan nikmat oleh Allah SWT. Selain itu, bersyukur dengan lisan dapat juga kita lakukan dengan mengakui atas segala apa yang kita peroleh itu semata-mata berasal dari Allah SWT. Berperilaku merendah dan tidak berkata sombong merupakan salah satu cara kita bersyukur dengan lisan.
Bersyukur dengan badan dapat kita lakukan dengan cara mengabdi sepenuhnya kepada Allah SWT. Sedangkan bersyukur dengan hati adalah Mengasingkan diri di hadapan Allah SWT. dengan cara konsisten tetap menjaga atas keagungan Allah SWT.

Bapak / ibu hadirin sekalian yang dirahmati Allah

Tanda – tanda seseorang itu bersyukur dengan lisan yaitu lisannya selalu bersyukur apabila medapat nikmat dari Allah, misalnya dengan mengucap hamdalah. Sedangkan tanda – tanda orang yang syukur dengan badan adalah orang yang senantiasa beribadah, kenyataan ini dapat direalisasikan dengan bentuk perbuatan. Sedangkan bersyukur dengan hati adalah orang yang selalu menjaga harinya dan senantiasa bersyukur dengan melalui hatinya, yang tercermindari perbuatannya.
Bapak / ibu hadirin sekalian yang dirahmati Allah
Apa bila kita bersyukur atas nikmat yang telah Allah berikan kepada kita, sesunguhnya itu demi kebakan kita sendiri, sesuai dengan firman Allah yang tertera dalam Alquran surat An-Naml ayat 40 yang berbunyi:
قَالَ الَّذِي عِنْدَهُ عِلْمٌ مِنَ الْكِتَابِ أَنَا آتِيكَ بِهِ قَبْلَ أَنْ يَرْتَدَّ إِلَيْكَ طَرْفُكَ ۚ فَلَمَّا رَآهُ مُسْتَقِرًّا عِنْدَهُ قَالَ هَٰذَا مِنْ فَضْلِ رَبِّي لِيَبْلُوَنِي أَأَشْكُرُ أَمْ أَكْفُرُ ۖ وَمَنْ شَكَرَ فَإِنَّمَا يَشْكُرُ لِنَفْسِهِ ۖ وَمَنْ كَفَرَ فَإِنَّ رَبِّي غَنِيٌّ كَرِيمٌ
Artinya: “Berkatalah seorang yang mempunyai ilmu dari Al Kitab: “Aku akan membawa singgasana itu kepadamu sebelum matamu berkedip”. Maka tatkala Sulaiman melihat singgasana itu terletak di hadapannya, iapun berkata: “Ini termasuk kurnia Tuhanku untuk mencoba aku apakah aku bersyukur atau mengingkari (akan nikmat-Nya). Dan barangsiapa yang bersyukur maka sesungguhnya dia bersyukur untuk (kebaikan) dirinya sendiri dan barangsiapa yang ingkar, maka sesungguhnya Tuhanku Maha Kaya lagi Maha Mulia”.
Bapak / ibu hadirin sekalian yang dirahmati Allah
Semoga kita termasuk hamba – hamba Nya yang senantiasa selalu bersyukur. Amin
Demikianlah yang dapat saya sampaikan. Mohon maaf atas kekurangan. Subhanakallaahumma wabihamdik asyhadu allailaaha illaah anta astagfiruka wa atubu ilaiik. Assalamualaikum Wr.Wb.

Kumpulan Contoh Teks Pidato Keagaman / Ceramah

Berikut adalah kumpulan berbagai tema contoh teks Pidato Agama atau Ceramah yang menarik untuk Semua Kalangan. Yuk, silahkan pilih tema Pidato Agama atau Ceramah yang sesuai dibawah ini:


- Contoh Ceramah Singkat tentang Ibu
- Contoh Ceramah Singkat tentang Ikhlas
- Contoh Ceramah Singkat tentang Kebersihan
- Contoh Ceramah Singkat tentang Kematian
- Contoh Pidato Singkat Tolong Menolong Dalam Kebaikan
- Contoh Pidato Singkat tentang Ibu (Biirul Walidain)
- Contoh Pidato Agama Singkat Tentang Sedekah
- Contoh Pidato Agama tentang Sabar
- Contoh Pidato Agama Tentang Akhlak
- Contoh Pidato Agama Singkat tentang Zakat
- Contoh Pidato Agama Singkat tentang Kejujuran
- Contoh Pidato Agama Singkat tentang Belajar Ikhlas dalam Beribadah dan Beramal
- Contoh Pidato Agama Singkat tentang Menegakkan Sholat Berjamaah
- Contoh Pidato Agama Singkat tentang Kemuliaan Wanita
- Contoh Pidato Agama Singkat tentang Solusi Islam dalam Mengatasi Kerusakan Moral
- Contoh Pidato dan Ceramah tentang Pergaulan Bebas
- Contoh Pidato tentang Maulid Nabi Muhammad SAW










Demikianlah beberapa contoh ceramah singkat yang dapat anda manfaatkan dalam keadaan mendesak, atau anda ditunjuk untuk berpidato namun belum ada persiapan. Jika anda cukup jeli, sebenarnya ceramah yang singkat ini juga bisa menjadi lucu. Sehingga menjadikan jamaah lebih terkesan.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Pidato dan Ceramah Tentang Bersyukur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel