Contoh Pidato Agama Tentang Akhlak


Contoh Ceramah Singkat – Ceramah atau pidato keagamaan adalah ceramah yang dilakukan oleh ahli agama atau biasa disebut ustad yang notabennya mempunyai ilmu agama lebih dan dibagikan kepada orang lain dengan tujuan agar banyak yang paham dan mengerti ilmu agama tersebut.

Ceramah singkat merupakan suatu hal yang identik dengan pidato keagamaan, yakni ceramah yang disampaikan oleh seorang ahli agama atau ustad yang dipandang memiliki ilmu agama lebih kemudian dibagikan kepada orang lain dengan tujuan supaya orang-orang dapat memahami ilmu yang disampaikan tersebut.
Untuk ceramah singkat sendiri banyak sekali ragamnya, berikut akan dipaparkan beberapa mengenai contoh ceramah singkat, mulai dari ceramah singkat tentang sabar, tentang pendidikan, menuntut ilmu, kebersihan, ikhlas, shalat, tentang ibu, tentang cinta, dan masih banyak lagi yang lainnya.
Dengan adanya contoh ini semoga dapat menambah keimanan kita pada Allah.

Berikut ini adalah contoh ceramah singkat. Mulai dari contoh ceramah singkat. contoh ceramah tentang fitnah, ceramah tentang ghibah, ceramah tentang generasi muda, contoh ceramah tentang hijrah, contoh ceramah larangan pacaran, contoh ceramah tentang rezeki, contoh ceramah tentang riba, ceramah bulan suci ramadhan. contoh ceramah pendidikan, contoh ceramah singkat sabar, contoh ceramah tentang ibu, contoh ceramah pergaulan bebas, contoh ceramah menuntut ilmu, contoh ceramah singkat tentang narkoba, contoh ceramah kebersihan, contoh ceramah  kesehatan, contoh ceramah media sosial, contoh ceramah, contoh ceramah tentang aurat, contoh ceramah tentang berbakti kepada orang tua, dll.


Silahkan Simak Contoh Teks pidato Tentang Agama Terlengkap  Di bawah ini:



السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
الحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ العَـالَمِيْنَ وَبِهِ نَسْتَعِيْنُ عَلَى أُمُوْرِ الدُّنْيَـا وَالدِّيْنِ وَالصَّـلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلىَ سَـيِّدِ المُرْسَـلِيْنَ مُحَـمٍّد وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ . رَبِّ اشْـَرحْ لِي صَـدْرِيْ وَيَسِّرْلِي أَمْـِريْ وَاحْلُلْ عُقْـدَةً مِنْ لِسَـانِي يَفْقَـهُ قَـوْلِي …أَمَّـا بَعْد : قـال الله تعـالى في كتـابه الكريم أعوذ بالله من الشيطان الرجيم بسم الله الرحمن الرحيم وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَى وَلا تَعَاوَنُوا عَلَى الإثْمِ وَالْعُدْوَانِ

Para hadirin hadirat bapak-bapak ibu-ibu teman-teman tahu enggak, kalo menjawab salam itu hukumnya wajib, oleh karena itu jawab salam dengan semangat yaa!! Ok. Ane punya pantun nih…
Si jono petik daun sirih
Eh gak taunye kecampur ame daun salam
Nyok, nyok, nyok kawan-kawan mari…
Bareng-bareng kite menjawab salam…
Assalaamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokaatuh
Alhamdulillah, Alhamdulillahirobbil ‘alamiin Wassholaatu Wassalaamu ‘alaa Sayyidina Muhammadin Wa ‘ala aalihi Washohbihi ‘ajmaiin.
amma ba’du.
Yang kami hormati para dewan juri dan hadirin hadirat yang dimuliakan Allah SWT Aminn..
Pertama marilah kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan kita beribu-ribu macam nikmat, berjuta-juta macam nikmat, sehingga apabila ranting-ranting di seluruh dunia dijadikan sebagai penanya dan seluruh air laut dijadikan sebagai tintanya niscaya tidak akan bisa, tidak akan sanggup menghitung nikmat Allah yang sangat banyak. Subhaanallah..
Kedua Sholawat beserta salam marilah kita transfer kita sms kepada junjungan kita panutan kita, number one in the world, the best man in the world, the best leader in the world, junjungan kita baginda Nabi besar Muhammad SAW. Yang telah membawa umatnya dari zaman onta hingga zaman mobil Toyota, dari zaman gelap gulita hingga zaman kijang inova, dari zaman edan hingga zaman mobil sedan, dari zaman minuman dan judi hingga zaman mobil merci. Betul engga dewan juri…!! Betul engga penonton …!!
Pada kesempatan kali ini izinkanlah saya berpidato dengan judul :
Perilaku Akhlak Manusia Kepada Allah, Mahluk, dan Lingkungan
Para hamba Allah dan kekasih Rosulullah yang berbahagia.
Manusia adalah ciptaan Allah, mahluk yang sempurna (ahsani taqwiim) yang diberi amanat dan diberi tanggung jawab oleh Allah swt untuk beraktivitas tinggal di atas bumi ini. oleh karena itu manusia harus menjaga hubungan yang baik, hubungan yang harmonis berupa perilaku akhlak kepada Allah (hablumminallah) kepada mahluk (hablumminannas) dan kepada lingkungan alam sekitar.
Hablumminallah hubungan yang baik antara manusia dengan Allah adalah dengan cara beribadah dan bertaqwa kepada Allah swt.
وَمَا خَلَقۡتُ الۡجِنَّ وَالۡاِنۡسَ اِلَّا لِيَعۡبُدُوۡنِ‏

Artinya: Dan tidaklah aku menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi (beribadah) kepada-Ku. (QS. Ad dzariyat : 56)
Karena Allah swt tidak memuliakan seseorang siapapun apapun itu dari pangkat, jabatan, gelar, kepandaian. Allah juga tidak menilai seseorang itu dari bangsa, suku, bahasa, warna kulitnya. Dari sabang sampai merauke, dari timur sampai barat melainkan orang yang paling mulia adalah yang paling bertaqwa kepada Allah.
Firman Allah dalam surat Al Hujurat ayat 13
يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَاكُمْ مِنْ ذَكَرٍ وَأُنْثَىٰ وَجَعَلْنَاكُمْ شُعُوبًا وَقَبَائِلَ لِتَعَارَفُوا ۚ إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللَّهِ أَتْقَاكُمْ ۚ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ
Artinya: Hai manusia, Sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa – bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Mengenal.
Hadirin hadirat yang berbahagia
Hablumminannaas hubungan yang baik antara manusia dengan manusia semua mahluk Allah wa khaliqinnaas bi khuluqin hasanin bergaul kepada manusia dengan akhlaq yang mulia. nah ini merupakan tuntunan yang diajarkan oeh agama kita yaitu agama islam agar manusia hidup saling menghormati, menghargai, mengasihi, menyayangi sehingga tercipta kedamaian dan keamanan di atas bumi ini karena agama islam adalah agama rahmatan lil’alamin.
Sebagaimana sesuai dengan firman Allah tujuan agama islam.
Dalam surat Al Anbiya ayat 107
وَمَا أَرْسَلْنَاكَ إِلَّا رَحْمَةً لِلْعَالَمِينَ
Artinya: Dan Tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam.
Kemudian perilaku akhlak kepada lingkungan yaitu dengan cara menjaga kebersihan, keindahan dan kesehatan (K3), karena dengan itu semua kita bisa menghindari kerusakan lingkungan alam berupa bencana musibah yang terjadi akibat dari kelalaian manusia.
Firman Allah dalam surat Ar Rum ayat 41
ظَهَرَ الْفَسَادُ فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ أَيْدِي النَّاسِ لِيُذِيقَهُمْ بَعْضَ الَّذِي عَمِلُوا لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ
Artinya: Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia.
Marilah sama-sama kita lestarikan kita jaga kebersihan, keindahan, dan kesehatan jangan hanya menjadi slogan belaka, bahkan slogan umat islam ini mayoritas diamalkan oleh orang-orang di luar islam.
Oleh karena kita berharap mudah-mudahan Negara Indonesia ini dijauhkan dari segala bencana dan musibah. Dan menjadi Negara yang aman, damai, makmur dan sejahtera. Insyaallah..
Marilah sama-sama kita bershalawat kepada sayyida wa habiibina wa maulaana Muhammad SAW. Agar kita mendapatkan berkah dan syafa’atnya di hari akhir kelak.
Sahabat – sahabatku yang berbahagia.
Setelah saya menyampaikan pidato tadi, saya dapat menggaris bawahi dan mengambil kesimpulan Bahwa hendaklah kita sebagai muslim menjalin hubungan yang baik kepada Allah, manusia, dan lingkungan, agar tercipta keamanan, kedamaian, kemakmuran, dan kesejahteraan umat manusia dimuka bumi ini.
Jika pedang lukai tubuh
Masih ada harapan sembuh
Jika lidah lukai hati
Entah kemana obat dicari
Melalui mimbar yang mulia ini, saya mohon dibukakan pintu ma’af apabila terdapat kekhilafan dan kesalahan dalam kata dan ucapan. Karena manusia tidak pernah terlepas dari salah dan lupa.
Daging semur pakai bawang
Lalap kacang panjang dicocol sambal terasi
Kalau ada umur kita panjang
Insya Allah… di kota kembang ini kita berjumpa lagi
. Subhanakallaahumma wabihamdik asyhadu allailaaha illaah anta astagfiruka wa atubu ilaiik. Assalamualaikum Wr.Wb.

Kumpulan Contoh Teks Pidato Keagaman / Ceramah

Berikut adalah kumpulan berbagai tema contoh teks Pidato Agama atau Ceramah yang menarik untuk Semua Kalangan. Yuk, silahkan pilih tema Pidato Agama atau Ceramah yang sesuai dibawah ini:

- Contoh Ceramah Singkat Tentang Jodoh
- Contoh Ceramah Singkat Generasi Muda
- Contoh Ceramah Singkat Gotong Royong
- Contoh Ceramah Singkat Islami tentang Sedekah
- Contoh Ceramah Singkat tentang Sabar
- Contoh Ceramah Singkat tentang Sholat Terbaru
- Contoh Ceramah Singkat tentang Pergaulan Bebas
- Contoh Ceramah Singkat tentang Menuntut Ilmu Yang Baik
- Contoh Ceramah Singkat tentang Ibu
- Contoh Ceramah Singkat tentang Ikhlas
- Contoh Ceramah Singkat tentang Kebersihan
- Contoh Ceramah Singkat tentang Kematian
- Contoh Pidato Singkat Tolong Menolong Dalam Kebaikan
- Contoh Pidato Singkat tentang Ibu (Biirul Walidain)
- Contoh Pidato Agama Singkat Tentang Sedekah
- Contoh Pidato Agama tentang Sabar

Demikianlah beberapa contoh ceramah singkat yang dapat anda manfaatkan dalam keadaan mendesak, atau anda ditunjuk untuk berpidato namun belum ada persiapan. Jika anda cukup jeli, sebenarnya ceramah yang singkat ini juga bisa menjadi lucu. Sehingga menjadikan jamaah lebih terkesan.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Pidato Agama Tentang Akhlak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel