Contoh Pidato Agama Singkat tentang Menegakkan Sholat Berjamaah


Contoh Ceramah Singkat – Ceramah atau pidato keagamaan adalah ceramah yang dilakukan oleh ahli agama atau biasa disebut ustad yang notabennya mempunyai ilmu agama lebih dan dibagikan kepada orang lain dengan tujuan agar banyak yang paham dan mengerti ilmu agama tersebut.

Ceramah singkat merupakan suatu hal yang identik dengan pidato keagamaan, yakni ceramah yang disampaikan oleh seorang ahli agama atau ustad yang dipandang memiliki ilmu agama lebih kemudian dibagikan kepada orang lain dengan tujuan supaya orang-orang dapat memahami ilmu yang disampaikan tersebut.
Untuk ceramah singkat sendiri banyak sekali ragamnya, berikut akan dipaparkan beberapa mengenai contoh ceramah singkat, mulai dari ceramah singkat tentang sabar, tentang pendidikan, menuntut ilmu, kebersihan, ikhlas, shalat, tentang ibu, tentang cinta, dan masih banyak lagi yang lainnya.
Dengan adanya contoh ini semoga dapat menambah keimanan kita pada Allah.

Berikut ini adalah contoh ceramah singkat. Mulai dari contoh ceramah singkat. contoh ceramah tentang fitnah, ceramah tentang ghibah, ceramah tentang generasi muda, contoh ceramah tentang hijrah, contoh ceramah larangan pacaran, contoh ceramah tentang rezeki, contoh ceramah tentang riba, ceramah bulan suci ramadhan. contoh ceramah pendidikan, contoh ceramah singkat sabar, contoh ceramah tentang ibu, contoh ceramah pergaulan bebas, contoh ceramah menuntut ilmu, contoh ceramah singkat tentang narkoba, contoh ceramah kebersihan, contoh ceramah  kesehatan, contoh ceramah media sosial, contoh ceramah, contoh ceramah tentang aurat, contoh ceramah tentang berbakti kepada orang tua, dll.


Silahkan Simak Contoh Teks pidato Tentang Agama Terlengkap  Di bawah ini:



السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
الحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ العَـالَمِيْنَ وَبِهِ نَسْتَعِيْنُ عَلَى أُمُوْرِ الدُّنْيَـا وَالدِّيْنِ وَالصَّـلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلىَ سَـيِّدِ المُرْسَـلِيْنَ مُحَـمٍّد وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ . رَبِّ اشْـَرحْ لِي صَـدْرِيْ وَيَسِّرْلِي أَمْـِريْ وَاحْلُلْ عُقْـدَةً مِنْ لِسَـانِي يَفْقَـهُ قَـوْلِي …أَمَّـا بَعْد : قـال الله تعـالى في كتـابه الكريم أعوذ بالله من الشيطان الرجيم بسم الله الرحمن الرحيم وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَى وَلا تَعَاوَنُوا عَلَى الإثْمِ وَالْعُدْوَانِ

Sebelum memulai pidato saya, marilah terlebih dahulu kita panjatkan puji dan syukur kita hanya kepada Allah SWT. Tuhan Yang Maha Agung yang senantiasa memberikan kita kenikmatan tiada henti. Pagi siang sore sampai pagi lagi Dia selalu memberikan kita nikmat, bahkan kepada hamba-Nya yang telah melupakan-Nya, Dia masih terus memberikan nikmat.
Sholawat serta salam semoga terus tercurah kepada panutan kita Nabi Muhammad SAW yang telah membimbing kita menuju ke jalan yang benar dan semoga kita dapat terhindar dari api neraka. Semoga kita selalu masuk dalam golongan orang-orang yang mendapat jatah syafaat beliau di akhirat kelak. Amin ya rabbal alamin.
Pada kesempatan yang sangat berharga ini, perkenan saya menyampaikan sedikit pesan kepada para hadirin mengenai shalat sebagai tiang agama. Semoga apa yang saya sampaikan di sini dapat berguna bagi kita semua yang ada di sini. Semoga yang ada di sini, setelah mendengar kultum singkat ini menjadi lebih giat lagi menjalankan sholat.
Hadirin yang berbahagia,
Sebagai seorang muslim, tentunya kita sudah mengetahui dengan baik kisah Isra’ Mi’rajnya Nabi Muhammad SAW. Perintah yang Allah berikan waktu itu adalah untuk menjalankan ibadah sholat bagi seluruh umat Nabi Muhammad SAW.
Ibadah yang sangat penting yang diperintahkan oleh Allah SWT sampai-sampai Nabi Muhammad harus datang langsung menuju langit ke 7 bersama dengan Malaikat Jibril.
Sekedar informasi bagi para hadirin sekalian. Sebelum diwajibkannya sholat 5 waktu, pada mulanya Allah SWT memerintahkan kita untuk melaksanakan sholat sebanyak 50 kali dalam satu hari. Kebayang gak capeknya kaya gimana? Apa gak pegel lutut ente? Gak patah-patah ntar kalo harus sholat 50 kali dalam sehari?
Namun, karena cinta Nabi Muhammad SAW kepada kita semua para umatnya, Beliau memintakan dan memohonkan kepada Allah untuk menguranginya. Tawar menawar ceritanya. Sehingga Allah SWT mengabulkan permohonan Nabi Muhammad SAW untuk mendapat keringanan yaitu melaksanakan sholat sebanyak 5 kali dalam sehari.
Meskipun begitu, melaksanakan sholat 5 kali dalam sehari juga masih terasa berat bagi pengikut Nabi Muhammad SAW. Bagi sebagian orang, terasa sangat berat sekali menjalan sholat pada lima waktu itu. Ketika sholat ashar, bayak orang yang masih sibuk bekerja sampai-sampai tanpa terasa waktu ashar sudah habis dan sudah masuk maghrib.
Ketika waktu sholat maghrib sudah tiba, lagi-lagi mereka juga tidak sempat menjalankannya, karena masih dalam perjalanan dan terjebak macet.
Saat sudah sampai dirumah, badan terasa penat sehingga memilih untuk tiduran yang tanpa sadar sudah menjelang pagi, hilanglah ibadah sholat isya kita.
Begitupun dengan ibadah sholat subuh. Badan yang lelah karena pekerjaan, memaksa untuk tidur lebih awal dan terkadang tidur larut malam sehingga bangun kesiangan dan waktu sholat subuh juga telah habis.
Begitu miris bila melihat kondisi semacam ini. Apakah kalian melupakan cinta Rasulullah SAW kepada kita semua yang telah menawar sholat agar dipangkas menjadi 5? Karena mengetahui kondisi fisik kita yang tidak sekuat kaum pendahulu kita?
Hadirin yang berbahagia,
Sholat merupakan ibadah yang sangat penting bagi kita sebagai orang islam. Perintah sholat hukumnya wajib (fardu ain). Suatu ibadah yang akan mendapatkan pahala bila dikerjakan dan akan mendapatkan dosa bila kita tinggalkan. Oleh karena itu, jangan pernah sekali-kali kita meningkalkan ibadah wajib yang satu ini.
Apabila rumah atau bangunan tiada memiliki tiang, maka rumah atau bangunan tersebut akan runtuh. Begitu pula dengan agama, apabila seseorang yang mengaku beragama islam tidak melaksanakan ibadah shalat, maka agamanya akan runtuh.
Perintah mengerjakan shalat ini bahkan ada di dalam rukun islam yang ke dua, yaitu mengerjakan sholat lima waktu dalam sehari. Di mulai dari sholat Shubu, Dzuhur, Ashar, Maghrib, dan Isya. Apabila kita melakasanakan perintah shalat ini dengan sungguh – sungguh maka kita akan mendapatkan pahala yang sempurna dari Allah SWT.
Hadirin yang saya hormati,
Banyak sekali hikmah yang bisa kita dapatkan dari melaksanakan perintah shalat lima waktu, adapun hikmah melaksanakan perintah shalat lima waktu di antaranya adalah:

Mendekatkan diri dengan Allah SWT

Sholat merupakan sarana bagi kita untuk mendekatkan diri kepada Allah. Karena dengan sholat, seolah – olah kita berkomunikasi dengan pencipta kita. Oleh karena itu, sholat bisa membuat kita semakin dekat dengan Allah SWT.

Menjaga kesadaran dan pengendalian diri

Ibadah sholat akan membuat hati manusia selalu terpaut dengan Allah SWT, sehingga kita senantiasa dapat menjaga diri kita dari hawa nafsu yang dapat menjerumuskan kita dari perbuatan dosa.
Baca Juga: Puluhan Contoh Kalimat Inversi & Pengertian

Mencegah perbuatan keji dan munkar

Dengan menyadari bahwa Allah SWT adalah Tuhan Yang Maha Kuasa dan manusia sebagai hamba yang lemah di hadapannya, akan membuat kita selalu terjaga dan terhindar dari perbuatan keji dan munkar.
Sebagaimana firman Allah SWT dalam QS. Al Ankabut ayat 45.
اتْلُ مَا أُوحِيَ إِلَيْكَ مِنَ الْكِتَابِ وَأَقِمِ الصَّلَاةَ ۖ إِنَّ الصَّلَاةَ تَنْهَىٰ عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ ۗ وَلَذِكْرُ اللَّهِ أَكْبَرُ ۗ وَاللَّهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُونَ
Artinya: “ Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al Quran) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan- perbuatan) keji dan mungkar… “ ( QS.Al Ankabut 45 ).
Menurut Tafsir Jalalayn, sholat itu seharusnya dapat menjadi benteng bagi seseorang yang melaksanakannya dari perbuatan keji dan munkar apabila dilaksanakan dengan baik dan benar sesuai tuntunan Rasulullah SAW dan dengan keikhlasan dalam melaksanakannya.

Menanamkan perilaku disiplin diri terhadap waktu

Allah SWT memerintahkan kita untuk sholat di waktu – waktu tertentu. Hal ini akan membuat kita disiplin dalam kehidupan kita, sehingga perilaku disiplin tersebut akan menjadi kebiasan hidup kita.
Hadirin yang berbahagia,
Sebenarnya masih banyak sekali hikmah dan manfaat sholat lima waktu yang bisa kita dapatkan. Oleh karena itulah, sebagai hamba Allah SWT, hendaknya kita mengerjakan sholat lima waktu agar kita mendapat pahala dan terhindar dari api neraka.
Sekiranya hanya itu yang bisa saya sampaikan. Kurang lebihnya mohon dimaafkan. Apabila ada kesalahan dalam penyampaian, itu karena kelalaian saya dan mohon untuk dimaafkan.
Terimakasih atas perhatiannya.
.. Subhanakallaahumma wabihamdik asyhadu allailaaha illaah anta astagfiruka wa atubu ilaiik. Assalamualaikum Wr.Wb.

Kumpulan Contoh Teks Pidato Keagaman / Ceramah

Berikut adalah kumpulan berbagai tema contoh teks Pidato Agama atau Ceramah yang menarik untuk Semua Kalangan. Yuk, silahkan pilih tema Pidato Agama atau Ceramah yang sesuai dibawah ini:


- Contoh Ceramah Singkat tentang Ibu
- Contoh Ceramah Singkat tentang Ikhlas
- Contoh Ceramah Singkat tentang Kebersihan
- Contoh Ceramah Singkat tentang Kematian
- Contoh Pidato Singkat Tolong Menolong Dalam Kebaikan
- Contoh Pidato Singkat tentang Ibu (Biirul Walidain)
- Contoh Pidato Agama Singkat Tentang Sedekah
- Contoh Pidato Agama tentang Sabar
- Contoh Pidato Agama Tentang Akhlak
- Contoh Pidato Agama Singkat tentang Zakat
- Contoh Pidato Agama Singkat tentang Kejujuran
- Contoh Pidato Agama Singkat tentang Belajar Ikhlas dalam Beribadah dan Beramal





Demikianlah beberapa contoh ceramah singkat yang dapat anda manfaatkan dalam keadaan mendesak, atau anda ditunjuk untuk berpidato namun belum ada persiapan. Jika anda cukup jeli, sebenarnya ceramah yang singkat ini juga bisa menjadi lucu. Sehingga menjadikan jamaah lebih terkesan.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Pidato Agama Singkat tentang Menegakkan Sholat Berjamaah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel