Contoh Pidato Bahasa Arab Tema Persaudaraan + Artinya

Pidato Bahasa Arab - Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia.

Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin untuk memimpin dan berorasi di depan banyak anak buahnya atau khalayak ramai. 

Fungsi pidato

  • Mempermudah komunikasi antar atasan dan bawahan.
  • Mempermudah komunikasi antar sesama anggota organisasi.
  • Menciptakan suatu keadaan yang kondusif di mana hanya perlu 1 orang saja yang melakukan orasi/pidato tersebut.
  • mempermudah komunikasi.
Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi kita hendaknya diperhatikan serta kita harus percaya diri menyampaikan isi dari pidato kita, agar orang yang melihat pidato kita pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato yang kita sampaikan. 

Banyak Sekali Tema Pidato yang sangat Menarik Apa lagi Pidato dalam bahasa Arab, disini akan banyak sekali buat kalian yang ingin belajar Pidato dalam bahasa Arab beserta Artinya agar mudah di pahamin.pidato bahasa arab tentang ibu, pidato bahasa arab tentang pendidikan islam, pidato bahasa arab tentang kebersihan, kumpulan teks pidato bahasa arab pdf, pidato bahasa arab singkat dan artinya tentang akhlak singkat, contoh teks pidato bahasa arab tentang pemuda, pidato bahasa arab singkat dan artinya tentang menuntut ilmu, 10 teks pidato bahasa arab dan artinya.  Silahkan Simak Pidato di Bawah Ini:


السّـلام عليـكـم ورحمـة الله وبـركاتـه.
بسم الله الرحمن الرحيم. الْحَمْـدُ للهِ الَّـذِيْ أَنْعَمَـنَا بِنِعْمَـةِ اْلإِيْمَـانِ وَاْلإِسْـلاَمِ. وَنُصَلِّـيْ وَنُسَلِّـمُ عَلَى خَيْـرِ اْلأَنَـامِ سَيِّدِنَـا مُحَمَّـدٍ وَعَلَى اَلِـهِ وَصَحْبِـهِ أَجْمَعِيْـنَ، أَمَّـا بَعْـدُ.
قال الله تعالى في القرآن الكريم: اِنَّمَا الْمُؤْمِنُوْنَ اِخْوَةٌ فَاَصْلِحُوْا بَيْنَ اَخَوَيْكُمْ وَاتَّقُوا اللّٰهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُوْنَ (الحجرات :10)
وقال النبي صلى الله عليه وسلم: الْمُسْلِمُ أَخُو الْمُسْلِمِ لا يَظْلِمُهُ وَلا يُسْلِمُهُ... (متفق عليه)
Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an: “Sesungguhnya-orang-orang-mukmin-itu-bersaudara, karena-itu-damaikanlah-antara-kedua-saudaramu-(yang-berselisih)-dan-bertakwalah-kepada-Allah-agar-kamu-mendapat-rahmat”.
Nabi SAW bersabda: “Seorang Muslim adalah saudara bagi Muslim yang lain . Ia tidak menzaliminya, dan tidak menyerahkannya kepada musuhnya...”.
سِيَـادَةُ رَئِيْسِ الجَلَسَة، سِيَـادَةُ رَئِيْسِ المَدْرَسَة، سِيـَادَةُ الأَسَـاتِذ وَالأَسَـاتِذَة، وَجَمِيْعُ الأَصْحَـابِ الأَحِبَّـاءِ.
هَيـَّا بِنَـا نَشْكُرُ اللهَ تعالى عَزَّوَجَلَّ، الَّذِيْ أَعْطَـانَا نِعَمِهِ وَمِنَنِهِ حَتَّى نَسْتَطِيْعَ أَنْ نَجْتَمِعَ فِي هَـذَا المَكَـان المُبَـارَك. صَلاَةً وَسَلَامًا دَائِمَيْنِ مُتَلَازِمَيْنِ عَلَى حَبِيْبِنَا المُصْطَفَى، مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ، سَيِّدِ اْلخَلْقِ وَاْلخُلُقِ.
Ketua panitia yang saya hormati, kepala sekolah dan guru-guru, serta sahabat-sahabat yang saya cintai.
Mari kita mengucap syukur kepada Allah SWT. Yang telah memberi kita nikmat dan anugerah-Nya, sehingga kita dapat berkumpul di tempat yang diberkahi ini. Shalawat dan salam tetap tercurahkan kepada kekasih kita yang terpilih yakni Nabi Muhammad SAW. Pimpinan Makhluk dan akhlaq.
أَيُّهَا الحَاضِرُوْن الكِرَام
فِيْ هَذِهِ اْلمُنَاسَبَةِ الثمينة، سَأُلْقِيْ لكم خطبة قصيرة تحت الموضوع "الأُخُوَّة في الإسلام".
قد أمرَنا الإسلامُ بفعْلِ الخيرات وبرِّ الآخرين، ومَنَعَنا بفعل الشرائر وعقوقِ الآخرين. نحن المسلمون مُلْزَمٌ بامتثال أوامرِ الله واجتنابِ نواهيه. فقد أمرَنا اللهُ بمُساعدةِ الآخرين في الخير ومنعنا عن مساعدتهم في الشر، لأنه سوف يضرهم. قال الله تعالى في القرآن الكريم: وَتَعَاوَنُوْا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوٰىۖ وَلَا تَعَاوَنُوْا عَلَى الْاِثْمِ وَالْعُدْوَانِ ۖوَاتَّقُوا اللّٰهَ ۗاِنَّ اللّٰهَ شَدِيْدُ الْعِقَابِ.
تشرح هذه الآية أن الله أمرنا بمساعدة الآخرين في الخير ومنعنا عن مساعدة الآخرين في الشر، مثل المَعَارِك التي تجلب الخطيئة.
Hadirin sekalian yang saya hormati.
Pada kesempatan yang berharga ini saya akan menyampaikan ceramah singkat tentang “Persaudaraan dalam Islam”
Islam memerintahkan kepada kita untuk berbuat kebaikan, dan selalu berbuat baik kepada orang lain. Sebaliknya, Islam melarang kita untuk berbuat keburukan, dan selalu berbuat buruk kepada orang lain. Kita sebagai umat Islam diwajibkan untuk mematuhi perintah Allah dan menjauhi hal-hal yang dilarang oleh Allah. Allah telah memerintahkan kita untuk saling menolong dalam kebajikan dan dilarang untuk saling menolong dalam keburukan, karena itu akan merugikan orang lain. Allah Swt berfirman: Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan. Bertakwalah kepada Allah, sungguh, Allah sangat berat siksaan-Nya.
Ayat ini menjelaskan bahwa Allah memerintahkan kepada kita untuk saling menolong dalam kebaikan dan melarang kita untuk saling menolong dalam keburukan, seperti perkelahian yang mendatangkan dosa.
أَيُّهَا الحَاضِرُوْن الأحبّاء
من الطريقة للحفاظ على الأُخُوَّة بين المسلمين هي بصلة الرحم، والتعاون وزيارة الأقارب المرضى والمحاولة في الحفاظ على العلاقات الجيدة مع الآخرين حتى يصبح المسلمون تَوَحُّدًا وقوّةً، قال الله تعالى في القرآن الكريم: وَاعْتَصِمُوْا بِحَبْلِ اللّٰهِ جَمِيْعًا وَّلَا تَفَرَّقُوْا ۖ
إذا كان هناك بيننا يتخاصمون، فلنا المسلمون وظيفة من أن نصلحهم، قال الله تعالى في القرآن الكريم: اِنَّمَا الْمُؤْمِنُوْنَ اِخْوَةٌ فَاَصْلِحُوْا بَيْنَ اَخَوَيْكُمْ وَاتَّقُوا اللّٰهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُوْنَ.
Hadirin yang saya cintai
Diantara cara agar persaudaraan sesama umat Islam tetap terjaga ialah dengan memperkuat tali silaturahmi, gotong royong, menjenguk saudara yang sedang sakit, dan terus menjalin hubungan baik dengan sesama agar umat muslim bersatu dan kuat, Allah SWT berfirman dalam Al-Quran: “Dan berpegangteguhlah kamu semuanya pada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai”.
Bila ada diantara kita yang bertengkar, kita sebagai umat islam punya tugas mendamaikannya, Allah SWT. berfirman dalam Al-Qur'an: “Sesungguhnya-orang-orang-mukmin-itu-bersaudara, karena-itu-damaikanlah-antara-kedua-saudaramu-(yang-berselisih)-dan-bertakwalah-kepada-Allah-agar-kamu-mendapat-rahmat”.
كَفَى بِهذا كلامي عن "الأخوة في الإسلام"، أرجو لكم العفو من الخطاء والنقصان. شُكرا جزيلا لِحُسْنِ اهْتمامكم، والله الموفّق إلى أقوم الطّريق، والسّـلام عليـكـم ورحمـة الله وبـركاتـه..
Demikian pembicaraan saya mengenai “Prsaudaraan dalam Islam”, mohon maaf bila ada kesalahan dan kekurangan. Terimakasih banyak atas perhatiannya, “Allah adalah Dzat yang memberi petunjuk ke jalan yang selurus-lurusnya”. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.


Kumpulan Contoh Teks Pidato Bahasa Arab

Berikut adalah kumpulan berbagai tema contoh teks Pidato Bahasa Arab yang menarik untuk Semua Kalangan. Yuk, silahkan pilih tema Pidato Bahasa Arab yang sesuai dibawah ini:

- Contoh Pidato Bahasa Arab Tema Pergaulan Bebas + Artinya
- Contoh Pidato Bahasa Arab Tema Pentingnya Menuntut Ilmu + Artinya
- Contoh Pidato Bahasa Arab Tema Pentingnya mengajar bahasa Arab di Indonesia + Artinya
- Contoh Pidato Bahasa Arab Tema Pentingnya Mencari Ilmu + Artinya
- Contoh Pidato Bahasa Arab Tema Pengaruh Islam Terhadap Kebudayaan Indonesia + Artinya
- Contoh Pidato Bahasa Arab Tema Pengaruh Teknologi Terhadap Pelajar + Artinya
- Contoh Pidato Bahasa Arab Tema Berbakti Pada Orang Tua + Artinya
- Contoh Pidato Bahasa Arab Tema Pergaulan Bebas + Artinya
- Contoh Pidato Bahasa Arab Tema Membentuk Generasi Qur’ani + Artinya
- Contoh Pidato Bahasa Arab Tema Konsep Islam Tentang Persudaraan + Artinya
- Contoh Pidato Bahasa Arab Tema Pembasmian Narkotika dan obat-obat + Artinya
- Contoh Pidato Bahasa Arab Tema Urgensi Belajar + Artinya
- Contoh Pidato Bahasa Arab Tema Urgensi Bahasa Arab + Artinya
Contoh Pidato Bahasa Arab Tema Bulan Muharram + Artinya
- Contoh Pidato Bahasa Arab Tema Menghormati Orang Tua dan Guru + Artinya
- Contoh Pidato Bahasa Arab Tema Mencari Ilmu + Artinya
- Contoh Pidato Bahasa Arab Tema Membelanjakan Harta Dalam Kebaikan + Artinya
- Contoh Pidato Bahasa Arab Tema Pendidikan Islam + Artinya










Demikianlah beberapa contoh Pidato Bahasa Arab singkat yang dapat anda manfaatkan dalam keadaan mendesak, atau anda ditunjuk untuk berpidato namun belum ada persiapan. Jika anda cukup jeli, sebenarnya Banyak Sekali Tema Pidato Dalam Bahasa Arab yang bisa kamu dapatkan .

Belum ada Komentar untuk "Contoh Pidato Bahasa Arab Tema Persaudaraan + Artinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel