Contoh Pidato Bahasa Arab Tema Pendidikan Islam + Artinya

Pidato Bahasa Arab - Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia.

Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin untuk memimpin dan berorasi di depan banyak anak buahnya atau khalayak ramai. 

Fungsi pidato

  • Mempermudah komunikasi antar atasan dan bawahan.
  • Mempermudah komunikasi antar sesama anggota organisasi.
  • Menciptakan suatu keadaan yang kondusif di mana hanya perlu 1 orang saja yang melakukan orasi/pidato tersebut.
  • mempermudah komunikasi.
Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi kita hendaknya diperhatikan serta kita harus percaya diri menyampaikan isi dari pidato kita, agar orang yang melihat pidato kita pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato yang kita sampaikan. 

Banyak Sekali Tema Pidato yang sangat Menarik Apa lagi Pidato dalam bahasa Arab, disini akan banyak sekali buat kalian yang ingin belajar Pidato dalam bahasa Arab beserta Artinya agar mudah di pahamin.pidato bahasa arab tentang ibu, pidato bahasa arab tentang pendidikan islam, pidato bahasa arab tentang kebersihan, kumpulan teks pidato bahasa arab pdf, pidato bahasa arab singkat dan artinya tentang akhlak singkat, contoh teks pidato bahasa arab tentang pemuda, pidato bahasa arab singkat dan artinya tentang menuntut ilmu, 10 teks pidato bahasa arab dan artinya.  Silahkan Simak Pidato di Bawah Ini:



السّـلام عليـكـم ورحمـة الله وبـركاتـه.

الْحَمْـدُ للهِ الَّـذِيْ أَنْعَمَـنَا بِنِعْمَـةِ اْلإِيْمَـانِ وَاْلإِسْـلاَمِ. وَنُصَلِّـيْ وَنُسَلِّـمُ عَلَى خَيْـرِ اْلأَنَـامِ سَيِّدِنَـا مُحَمَّـدٍ وَعَلَى اَلِـهِ وَصَحْبِـهِ أَجْمَعِيْـنَ، أَمَّـا بَعْـدُ.
قـال الله تعـالى في كتـابه الكريـم: "يرفع الله الذين ءامنوا منكم والذين أوتوا العلم درجات"
قـال النبـي صلى الله عليـه وسلـم: " ادبوا اولادكم فانهم يعيشون فى زمن غير زمنكم ".
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Segala-puji-bagi-Allah-yang-telah-memberi-kita-nikmat-iman-dan-islam.
Shalawat & salam semoga tercurah limpah kpada junjungan kita Nabi Muhammad SAW., serta kepada keluarganya & sahabatnya. Amma ba’du.
Allah SWT. berfirman dalam Al-Qur’an: “Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat”.
Nabi Muhammad SAW. bersabda: “Didiklah anak-anak kalian, karena mereka akan hidup di zaman yang bukan zaman kalian”.

سِيَـادَةُ رَئِيْسِ الجَلَسَة، سِيَـادَةُ رَئِيْسِ المَدْرَسَة، سِيـَادَةُ الأَسَـاتِذ وَالأَسَـاتِذَة، وَجَمِيْعُ الأَصْحَـابِ الأَحِبَّـاءِ.
أوَلا، هَيـَّا بِنَـا نَشْكُرُ اللهَ تعالى عَزَّوَجَلَّ، الَّذِيْ أَعْطَـانَا نِعَمِهِ وَمِنَنِهِ حَتَّى نَسْتَطِيْعَ أَنْ نَجْتَمِعَ فِي هَـذَا المَكَـان المُبَـارَك.
ثانيـا، نُصَلِّي وَنُسَلِّمُ عَلىَ سَيِّدِنَا وَحبِيْبِنَا مُحَمَّدٍ صلى الله عليه وسلم وَعَلىَ اَلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ.
Ketua panitia yng saya hormati, kepala sekolah & guru-guru, serta sahabat-sahabat yng saya cintai.
Pertama-tama mari kita mengucap syukur kepada Allah SWT. Yang telah memberikan kita nikmat & anugerah-Nya, sehingga kita dapat berkumpul di tempat yng diberkahi ini.
Kedua kita ucapkan shalawat dan salah kepada baginda tercinta Nabi Muhammad SAW., juga kepada keluarga dan sahabat-sahabatnya.
أَيُّهَا الحَاضِرُوْن الكِرَام

أقوم أمامكم للبَحْثِ عنْ "أهمية التربية الإسلامية".
كما عرفنا أن تقدم الأمم والحضارة بالعلم، أي مجتمعه يمتلكون الأفكار والعلوم الجيدة، ولا ينالون على ذلك إلا بالتربية وبخاصة التربية الإسلامية التي هي إعداد الجيل الناشئ عن طريق تَحْصِيْنِه الإيمانيّ وتقوية نوازع الخير لديه وضبط نوازع الشرّ في داخله، وصرف الطاقات نحوَ الأهداف الساميّة التي بها تكون الشخصيّة الإسلاميّة الناضجة والمثال الذي يُحتذى في النجاح والتميّز.
Hadirin sekalian yang saya hormati
Saya berdiri di depan kalian akan membahas mengenai “Pentingnya Pendidikan Islam”.
Sebagaimana kita ketahui bahwa kemajuan bangsa dan peradaban adalah dengan ilmu, yakni masyarakat-masyarakatnya memiliki pemikiran-pemikiran dan ilmu-ilmu yang baik, dan hal itu tidak bisa diraih kecuali dengan Pendidikan, khususnya Pendidikan Islam, yang berperan dalam menyiapkan generasi muda melalui memperkokoh keimanan, membekalinya kebaikan dan menyingkirkan keburukan yang ada pada dirinya, mentransfer energi agar tercapai tujuan mulia hingga terbentuklah kepribadian islam yang matang, juga menjadi model yang dapat diikuti dalam keberhasilan dan keunggulannya.
أَيُّهَا الحَاضِرُوْن الأعزّاء

كان النبـي صلى الله عليـه وسلـم يقول: "ادبوا اولادكم فانهم يعيشون فى زمن غير زمنكم". هذا الحديث يدل على أن تَحَدَّ الإنسان الذي يواجهه يحتلف في كل زمان ويمكنه أكثر وأكبر من زماننا هذا، فلذلك أمرنا النبي صلى الله عليه وسلم بتمليك التربية، وفي ضمنها التربية الإسلامية، لكي يُحَصَّنُ إيماننا وموقفنا لمواجهة كل الأحوال والعصور، فتقدم الشعوب والحضارة بتمليك الاجيال والشباب والمجتمع كله على العلوم الدينية والتربية الاسلامية الأحسن، كتأديبهم الايمان والتقوى ومحاسن الاخلاق النجوى لأن كثيرا من المجتمع والشباب خاصة فى هذا الزمان يفسد ايمانهم واخلاقهم وتقواهم بسبب انتفاء التربية الاسلامية والعلوم الدينية.
Hadirin sekalian yang saya muliakan
Nabi Muhammad SAW. pernah bersabda: “Didiklah anak-anak kalian, karena mereka akan hidup di zaman yang bukan zaman kalian”. Hadits ini menunjukkan bahwa tantangan yang dihadapi manusia berbeda-beda di setiap zaman, dan bahkan mungkin tantangannya lebih banyak dan lebih besar dari zaman kita sekarang ini. Oleh karenanya Nabi SAW. memerintahkan kita untuk berpendidikan, termasuk pendidikan Islam, agar iman dan sikap kita terbentengi dalam menghadapi berbagai situasi dan zaman. Majunya sebuah bangsa dan peradaban juga ialah dengan generasi muda dan masyarakat seluruhnya yang memiliki ilmu-ilmu agama dan pendidikan Islam yang baik, seperti pendidikan iman, takwa, kebagusan akhlak, karena di zaman ini begitu banyak masyarakat dan generasi muda khususnya imannya rusak, akhlak dan ketakwaannya merosot oleh sebab tidak memilikinya pendidikan Islam dan ilmu-ilmu keagamaan.
وكما قال الله تعالى في كتابه الكريم "يرفع الله الذين ءامنوا منكم والذين أوتوا العلم درجات" وهذه الأية تدل كرامة صاحب العلم، ولا يناله إلا بالتربية، فحينما يملك المجتمع التربية الحسنة تجري حياتهم مؤدبة ومكارمة.
 فلذالك ايها الشباب والفتيان والمجتمع كله اجتهدوا وتعلموا واملؤوا انفسكم بالعلم والايمان ومحاسن الاخلاق الذى علمنا القرآن لتكونوا من السعداء فى الدنيا الى دار الحسان حتى تنالوا الرحمة والرضوان.
Allah SWT. berfirman dalam Al-Qur’an: “Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat”. Ayat ini menunjukkan kemuliaan orang yang berilmu, yang tidak akan dicapai kecuali dengan pendidikan, ketika masyarakat memiliki pendidikan yang baik maka kehidupannya akan berjalan dengan saling menghargai dan menghormati.
أَيُّهَا الحَاضِرُوْن الأحبّاء

إذا نظرنا في الواقع تعجبت لحالة بَلَدِنا المحبوب الآن، الذي يسلط بالمسلمين ولكن أخلاقهم إِنْحِطاط يوما بعد يوم، هم يحبون كثيرا على الغربية، فهذا من مشاكل كبرى التي وجب علينا أن نحلها، فأما سبب ذلك منها نقصـان التربية الإسلامية وتقويتها. فينبغي علينا كسب التربية الجيدة خاصة التربية الإسلامية، لأن للتربية الإسلامية منافع كثيرة وأرْبَاح عديدة لنا، ولأن التربية الإسلامية لها أهمية كثيرة، منها:
1.      غـرس معـاني الإيمـان بـالله وبرُسلـه الكـرام عليهـم الصـلاة والسـلام، ومحبّـة النـاس وكـراهية الشـرّ وأهلـه ومحبّـة الخيـر وأهلـه، وبالإيمـان بالله يكـون الـوازع الـذي يمنـع الفـرد من الوقـوع في الخطـأ والـزلل في الآثـام وبالتـالي يسلـم الفـرد ويسلـم غيـره.
2.      تقويـة العلاقـات الاجتمـاعيّـة وزيـادة أواصـر المحبّـة والـودّ بيـن النـاس من خـلال النشـأة الإسلاميّـة لـدى أفـراد المُجتمـع الإسلامـيّ الـذي تربّـى على معـاني احتـرام الآخـرين والإحسـان للغيـر وصلـة ذوي القُـربى والأرحـام.
3.      إنشـاء جيـل مُسلـم ذو فِكـر معتـدل ومستنيـر وبعيـد كُلّ البُعـد عن معانـي التطـرّف والإرهـاب لأنّ تعلّـم الإسـلام والتربيـة عليـه هوَ الحِصـن والمنـاعة لـدى المُجتمـع من العيّنـات التـي أخـذت الديـن بجـهل وبـدون عِلـم واطّـلاع.
4.      تحقيـق الأمـن والسـلم المُجـتمـعي من خـلال الأجيـال التـي عـرفت الحـلال من الحـرام فابتـعدت عن السرقـة والـزنا والخيـانة، لأنّهـا تـؤمن أنّ الله يـعلم ما يسـرّ المـرء وما يُـخفي.
5.      تحقيـق الزهـاء الاقتصـاديّ لأنَّ المـؤمن لا يغـشّ ولا يكـذب ولا ينقـض العـهد ولا يتـعامل بالـربا الـذي يقـضي على المـال ولا يُنميـه، لأنَّ المُسلـم دائـم الصدقـة مُقيـمٌ للـزكاة مـا كـانَ في مـالهِ فـضل، وهـذا الخير كلّـه يعـمّ المُجتـمع بأسـره.
Hadirin sekalian yang saya cintai.
Jika kita melihat realita, saya heran dengan kondisi negeri kita tercinta sekarang ini, dimana umat muslim mendominasi akan tetapi akhlak-akhlaknya semakin merosot tiap hari, mereka lebih menyukai budaya-budaya barat, ini merupakan masalah besar yang mesti kita atasi, adapun diantara penyebabnya ialah karena kurangnya pendidikan Islam dan penguatannya. Maka sebuah keharusan bagi kita untuk memperoleh pendidikan yang baik khususnya pendidikan Islam, karena pendidikan Islam memiliki manfaat dan keuntungan yang banyak bagi kita, pendidikan Islam juga memiliki urgensi-urgensi yang banyak, diantaranya:
1.    Menanamkan makna iman kepada Allah SWT. dan Rasul-Nya yang mulia SAW., menyayangi manusia, tidak suka pada keburukan, mencintai kebaikan dan pelakunya, dengan iman kepada Allah akan ada sesuatu hal yang bisa mencegah seseorang terjerumus ke dalam kesalahan dan dosa, selanjutnya dirinya dan orang lain akan selamat.
2.   Mempererat hubungan sosial dan meningkatkan cinta dan kasih sayang diantara orang-orang melalui munculnya komunitas-komunitas Islam, yang menanamkan makna-makna cara menghormati orang lain, berbuat baik pada orang lain dan bersilaturahmi.
3.   Menciptakan generasi muslim dengan pola pikir yang moderat, tercerahkan, jauh dari makna ekstremisme dan terorisme karena mempelajari Islam dan mendidiknya adalah benteng dan kekebalan masyarakat dari sampel-sampel yang mengambil agama dengan bodoh tanpa pengetahuan dan kesadaran.
4.     Mewujudkan keamanan dan kedamaian dari generasi ke generasi yang mengetahui yang halal dari yang haram. Jauhi pencurian, perzinahan dan pengkhianatan, karena percaya bahwa Allah tahu apa yang menyenangkan bagi seseorang dan apa yang tersembunyi.

5.   Mencapai standar ekonomi karena orang yang beriman tidak menipu atau berbohong, tidak melanggar perjanjian dan tidak berurusan dengan riba, yang menghancurkan uang dan tidak mengumpulkannya, karena Muslim selalu bershadakah dan berzakat, apa yang dalam kekayaannya adalah kebajikan, Semua ini baik untuk seluruh masyarakat.

كَفَى بِهذا كلامي عن أهمية التربية الإسلامية، شُكرا جزيلا لِحُسْنِ اهْتمامكم، والله الموفّق إلى أقوم الطّريق، والسّـلام عليـكـم ورحمـة الله وبـركاتـه..

Demikian pembicaraan saya mengenai Pentingnya Pendidikan Islam, terimakasih banyak atas perhatiannya, “Allah adalah Dzat yang memberi petunjuk ke jalan yang selurus-lurusnya”


Kumpulan Contoh Teks Pidato Bahasa Arab

Berikut adalah kumpulan berbagai tema contoh teks Pidato Bahasa Arab yang menarik untuk Semua Kalangan. Yuk, silahkan pilih tema Pidato Bahasa Arab yang sesuai dibawah ini:

- Contoh Pidato Bahasa Arab Tema Pergaulan Bebas + Artinya
- Contoh Pidato Bahasa Arab Tema Pentingnya Menuntut Ilmu + Artinya
- Contoh Pidato Bahasa Arab Tema Pentingnya mengajar bahasa Arab di Indonesia + Artinya
- Contoh Pidato Bahasa Arab Tema Pentingnya Mencari Ilmu + Artinya
- Contoh Pidato Bahasa Arab Tema Pengaruh Islam Terhadap Kebudayaan Indonesia + Artinya
- Contoh Pidato Bahasa Arab Tema Pengaruh Teknologi Terhadap Pelajar + Artinya
- Contoh Pidato Bahasa Arab Tema Berbakti Pada Orang Tua + Artinya
- Contoh Pidato Bahasa Arab Tema Pergaulan Bebas + Artinya
- Contoh Pidato Bahasa Arab Tema Membentuk Generasi Qur’ani + Artinya
- Contoh Pidato Bahasa Arab Tema Konsep Islam Tentang Persudaraan + Artinya
- Contoh Pidato Bahasa Arab Tema Pembasmian Narkotika dan obat-obat + Artinya
- Contoh Pidato Bahasa Arab Tema Urgensi Belajar + Artinya
- Contoh Pidato Bahasa Arab Tema Urgensi Bahasa Arab + Artinya
Contoh Pidato Bahasa Arab Tema Bulan Muharram + Artinya
- Contoh Pidato Bahasa Arab Tema Menghormati Orang Tua dan Guru + Artinya
- Contoh Pidato Bahasa Arab Tema Mencari Ilmu + Artinya
- Contoh Pidato Bahasa Arab Tema Membelanjakan Harta Dalam Kebaikan + Artinya









Demikianlah beberapa contoh Pidato Bahasa Arab singkat yang dapat anda manfaatkan dalam keadaan mendesak, atau anda ditunjuk untuk berpidato namun belum ada persiapan. Jika anda cukup jeli, sebenarnya Banyak Sekali Tema Pidato Dalam Bahasa Arab yang bisa kamu dapatkan .

Belum ada Komentar untuk "Contoh Pidato Bahasa Arab Tema Pendidikan Islam + Artinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel