Contoh Pidato Bahasa Arab Tema Pentingnya Menuntut Ilmu + Artinya

Pidato Bahasa Arab - Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia.

Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin untuk memimpin dan berorasi di depan banyak anak buahnya atau khalayak ramai. 

Fungsi pidato

  • Mempermudah komunikasi antar atasan dan bawahan.
  • Mempermudah komunikasi antar sesama anggota organisasi.
  • Menciptakan suatu keadaan yang kondusif di mana hanya perlu 1 orang saja yang melakukan orasi/pidato tersebut.
  • mempermudah komunikasi.
Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi kita hendaknya diperhatikan serta kita harus percaya diri menyampaikan isi dari pidato kita, agar orang yang melihat pidato kita pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato yang kita sampaikan. 

Banyak Sekali Tema Pidato yang sangat Menarik Apa lagi Pidato dalam bahasa Arab, disini akan banyak sekali buat kalian yang ingin belajar Pidato dalam bahasa Arab beserta Artinya agar mudah di pahamin.pidato bahasa arab tentang ibu, pidato bahasa arab tentang pendidikan islam, pidato bahasa arab tentang kebersihan, kumpulan teks pidato bahasa arab pdf, pidato bahasa arab singkat dan artinya tentang akhlak singkat, contoh teks pidato bahasa arab tentang pemuda, pidato bahasa arab singkat dan artinya tentang menuntut ilmu, 10 teks pidato bahasa arab dan artinya


الحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ العَـالَمِيْنَ وَبِهِ نَسْتَعِيْنُ عَلَى أُمُوْرِ الدُّنْيَـا وَالدِّيْنِ وَالصَّـلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلىَ سَـيِّدِ المُرْسَـلِيْنَ مُحَـمٍّد وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ . رَبِّ اشْـَرحْ لِي صَـدْرِيْ وَيَسِّرْلِي أَمْـِريْ وَاحْلُلْ عُقْـدَةً مِنْ لِسَـانِي يَفْقَـهُوا قَـوْلِي …أَمَّـا بَعْد : قـال الله تعـالى في كتـابه العظيم: أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ : يَرْفَعِ اللهُ الَّذِيْنَ اَمَنُوْا مِنْكُمْ وَاَّلذِيْنَ اُوْتُوا الْعِـلْمَ دَرَجَـاتٍ

Segala puji hanya bagi Allah, tuhan semesta alam, kepada-Nya kita meminta pertolongan baik terhadap urusan dunia dan agama, sholawat serta salam semoga tercurah kepada penghulu semua rasul yaitu baginda Nabi Muhammad beserta seluruh keluarga dan sahabat beliau.Ya rabba lapangkanlah dadaku dan permudahlah urusanku dan bukalah ikatan pada lisanku supaya mereka memahami ucapanku. Amma Ba’du:

Allah-ta’ala-berfirman dalam al-Qur’an yang mulia, Aku berlindung kepada Allah dari syaithan yang terkutuk, dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi penyayang: Allah akan mengangkat derajat orang-orang beriman di antara kalian dan juga orang-orang yang mempunyai ilmu beberapa derajat.

المُحْتَرَمُوْنَ!!!!!!

سِيَـادَةُ رَئِيْسِ الجَلَسَة…..

سِيَـادَةُ رَئِيْسِ المَدْرَسَة……

سِيـَادَةُ الأَسَـاتِذ وَالأَسَـاتِذَة……

وَجَمِيْعُ الأَصْحَـابِ الأَحِبَّـاءِ………

أيُّهَا الْأَحِبَّةُ فِي اللهِ……..

Yang kami hormati, pembawa acara, kepala sekolah, para ustadz dan ustadzah serta seluruh hadirin teman-teman yang saya cintai. Saudara-saudara yang saya cintai!!!

اوَلا هَيـَّا بِنَـا نَشْكُرُ اللهَ عَزَّوَجَلَّ الَّذِيْ أَعْطَـانَا جَمِيْعَ نِعَمِهِ وَمِنَنِهِ عَلَيْنَا حَتَّي نَسْتَطِيْعَ أَنْ نَجْتَمِعَ فِي هَـذَا المَكَـان المُبَـارَك

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah subhanahu wata’ala yang telah mencurahkan kepada kita segala nikmat-Nya hingga kita semua bisa berkumpul di tempat yang berbarokah ini.

ثانيـا نُصَلِّي وَنُسَلِّمُ عَلىَ سَيِّدِنَا وَحبِيْبِنَا مُحَمَّدٍ بن عَبْدِ اللهِ–صلى الله عليه وسلم- وَعَلىَ اَلِهِ وَصَحْبِهِ الْكِرَامِ أَجْمَعِيْنَ

Yang kedua marilah kita panjatkan shalawat beserta salam kepada junjungan kita dan kekasih kita Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam, beserta seluruh keluarga beserta sahabat beliau yang mulia.

أيُّهَا الْأَصْحَابُ : أُقَدِّمُ أَمَـامَكُمْ مُحَاضَرَةً قَصِيْرَةً تَحْتَ المَوْضُوْعِ: ( أَهَـمِّيَةُ التَّعَـلُّمِ ) كُلُّ هَـذَا لَيْسَ إِلاَّ لِأَمْـرِ أَسـَاتِذَتِنَـا الْمُكَرَّمِيْنَ عَسَى اللهُ أَنْ يُوَفِّقُنِيْ لِمَا يُحِبُّهُ اللهُ وَيَرْضَاهُ, وَيُيَسِّرَ لِيْ أُمُوْرِيْ.

Wahai saudaraku yang aku cintai karena Allah, aku akan menghadirkan di hadapan kalian semua sebuah pidato yang pendek dengan judul “pentingnya menuntut ilmu” hal ini saya sampaikan tidak lain karena jerih guru-guru kami yang kami muliakan, mudah-mudahan Allah memberikan taufiq-Nya kepada apa yang dicintai-Nya dan memudahkan segala urusan saya.

أَيُّهَـا الإِخْوَةُ الْكْرَامُ : طَلَبُ العِـلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَيْنَا قـال رسول الله -صـلى الله عليه وسـلَم- ( طَلَبُ العِلْمِ فَـرِيْضَةٌ عَلَى كُـلِّ مُسْلِمٍ ) وَوُجُوْبُ طَلَبِ العِـلْمِ شامل لِلرَّجُلِ وَالمرأة , لِلصَّغِيْرِ وَالْكَبِيْرِ حَتَّى رُوِيَ عَنْ بَعْضِ النَّاسِ قَوْلُهُمْ: ( أُطْلُبِ العِلْمَ مِنَ المَهْدِ اِلَى الَّلحْـدِ)

Wahai saudaraku yang muliakan. menuntut ilmu adalah wajib hukumnya bagi kita semua, Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wasallam bersabdayang artinya : menuntut ilmu adalah wajib hukumnya bagi setiap muslim. dan kewajiban menuntut ilmu itu menyeluruh bagi laki-laki dan perempuan, anak kecil dan orang dewasa. Sehingga diriwayatkan dari beberapa ahli hikmah ucapan mereka: “Tuntutlah ilmu itu dari semenjak engkau dipangku ibumu sampai engkau dikubur di liang lahat.”



Kumpulan Contoh Teks Pidato Bahasa Arab

Berikut adalah kumpulan berbagai tema contoh teks Pidato Bahasa Arab yang menarik untuk Semua Kalangan. Yuk, silahkan pilih tema Pidato Bahasa Arab yang sesuai dibawah ini:



Demikianlah beberapa contoh Pidato Bahasa Arab singkat yang dapat anda manfaatkan dalam keadaan mendesak, atau anda ditunjuk untuk berpidato namun belum ada persiapan. Jika anda cukup jeli, sebenarnya Banyak Sekali Tema Pidato Dalam Bahasa Arab yang bisa kamu dapatkan .

Belum ada Komentar untuk "Contoh Pidato Bahasa Arab Tema Pentingnya Menuntut Ilmu + Artinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel