Contoh Naskah Pidato Berjudul Bermata Tapi Tak Melihat


Contoh Teks Pidato  – Pidato merupakan kegiatan berbicara yang dilakukan oleh seseorang dengan tujuan menyampaikan suatu hal. Biasanya kegiatan tersebut dilakukan oleh seseorang untuk berorasi di depan khalayak ramai. Hal yang disampaikan dalam berpidato merupakan suatu ide ataupun gagasan. Agar bisa lebih jelasnya perlu untuk memahami beberapa contoh teks pidato singkat.

Pada teks pidato hal wajib yang ada di dalamnya adalah pembuka kemudian isi dan yang terakhir ada penutup. Pada bagian isi, teks pidato berbeda-beda disesuaikan konteksnya. Misalnya, jika pidato ketika acara peringatan hari kartini maka isi dari pidato yang disampaikan adalah tentang hal yang berkaitan dengan hari kartini.

Terdapat banyak macam-macam teks pidato dengan judul berbeda-beda. Bagi yang sedang mencari referensi mengenai contoh dari teks pidato maka penting untuk membaca penjelasan yang akan ditulis di bawah ini. Langsung saja perhatikan contoh-contoh teks pidato sebagai berikut.


.
Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh..

اَلْحَمْدُ لِلّهِ رَبِّ اْلعَاَلَمِيْنَ . وَبِهِ نَسْتَعِيْنُ عَلَي أُمُوْرِا لدُّ نْيَا وَا لدِّ يْنٍ . وَعَلَيْ آ لِهٍ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ

"ALHAMDU LILLAHI RABBIL'ALAMIN WABIHI NASTA'INU'ALA UMURID DUNYA WADDIN WA'ALA ALIHI WASHAHBIHI AJMA'IN"
Yang saya hormati teman-teman dan hadirin semua Marilah kita bersama – sama panjatkan puja, puji, dan syukur ke hadirat Allah SWT, Tuhan Semesta Alam karena atas berkah, rahmat dan hidayahnya kita semua dapat berkumpul di tepat yang Insya Allah mulia ini Shalawat dan salam semoga tercurah limpahkan ke pada junjungan kita – manusia terbaik sepanjang zaman yakni besar Nabi Muhammad SAW beserta seluruh keluarga dan sahabatnya. Semoga kita semua kelak mendapatkan syafaatnya. Aamiin.

 Hadirin Yang Dimuliakan Allah

Dalam salah satu hadits, diriwayatkan bahwa Rasulullah saw. bersabda: Hati manusia pertama kalinya adalah seperti cermin , bersih dan cemerlang. Ketika ia berbuat dosa, satu bintik hitam muncul dan semakin banyak ia berbuat dosa, semakin banyak bintik hitam sampai seluruh hati menjadi hitam, dan tak ada satu pagi atau satu malam pun yang berlalu tanpa dosa terhadap Tuhan.’’ 

 Banyak orang yang mempelajari Al-Quran, tetapi seberapa banyak mereka yang menghiasi dirinya sesuai dengan tuntunan Al-Quran. Bagaimana jadinya jika Al-Quran hanya samapai pada ingatan tapi tidak menyentuh sanubari kita sendiri. Lalu mengapa hal ini terjadi, apakah hati kita terlalu tumpul untuk dapat menyingkap makna dan himah dari ayat-ayat Al-Quran?

Hadirin Yang Di Muliakan Allah

 Jika kita mengkaji Al-Quran banyak ayat yang mengisyaratkan bahwa Al-Quran adalah pedoman orang yang bertakwa. Salah satunya adalah tertera dalam surah Al-Baqarah ayat 2: Kitab Al-Quran ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi orang yang bertakwa. Mungkin kata kuncinya adalah keutamaan Al-Quran hanya dapat diraih oleh orang yang bertakwa. Artinya hanya orang bertakwalah yang mampu memaknai, menghayati dan mengamalkan kandungan Al-Quran.

 Keadaan ini dapat diserupakan dengan cahaya. Tentunya tidak ada yang dapat membantah bahwa cahaya sangat diperlukan manusia tapi tentunya bagi mereka yang dapat memanfaatkan cahaya dengan baik dan benar. Begitu pula dengan Al-Quran, ia hanya dapat bermanfaat bagi mereka yang hatinya tidak berarat, yakni orang-orang yang bertakwa. Berkaitan dengan ini Al-Quran mengatakan,’’ Sesungguhnya beruntunglah orang-orang mensucikan jiwa itu, dan sesungguhnya merugilah orang-orang yang mengotorinya. 

 Maka mungkin menjadi jelas bagi kita agar terus mensucikan jiwa karena dengannya mata hati kita akan dapat melihat segala sesuatunya dengan jelas. Jika kita terus melakukan dosa sehingga hati kita menjadi berkarat maka hati kita menjadi tumpul untuk menangkap makna dan hikmah yang terkandung dalam Al-Quran. Ibaratnya seperti apa yang telah dikatakan pepatah,’’bermata tapi tak melihat. Dengannya hati kita menjadi tumpul dalam melihat kebenaran dan kebaikan. Dosa yang terus dilakukan menjadi bintik hitam yang pada akhirnya membuat hati kita berkarat. Barang kali kita harus ingat firman Allah dalam Surat Al-Muthaffifin ayat 14,’’ Apa yang telah mereka kerjakan itu menjadi karat bagi hati mereka.

Hadirin Rahimakumullah

 Dengan memahami bahwa Al-Quran tidak dapat bermanfaat bagi jiwa yang kotor sebagaimana cahaya yang tidak dapat bermanfaat bagi orang yang buta, maka akan menjadi lebih baik bagi kita untuk terus memperbaiki diri dan mensucikan jiwa. Demikianlah yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini, kurang lebihnya mohon dapat dimaklumi dan dimaafkan. Billahi Taufik Wal Hidayah Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh



beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

Secara harfiah, pidato singkat yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato persuasif tersebut. Kemampuan pidato persuasif atau berbicara yang baik di depan umum juga dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato bahasa indonesia singkat sendiri ada banyak, seperti:  naskah pidato kenegaraan, teks pidato menyambut hari besar, pidato singkat pembangkit semangat, pidato singkat sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi hendaknya diperhatikan serta harus percaya diri menyampaikan isi dari contoh pidato singkat, agar orang yang melihat pidato singkat pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato bahasa indonesia singkat yang disampaikan.



5+ Contoh Teks Pidato Singkat dengan Berbagai Tema , 18 Contoh Pidato Singkat Terbaru Tentang Berbagai Topik, 3 Contoh Pidato Singkat dari Berbagai Topik , 14 Contoh Pidato Singkat, Persuasif Perpisahan Pendidikan,12 Contoh Pidato, Naskah / Teks Pidato Yang Baik Dan Benar,  CONTOH PIDATO SINGKAT - Mudah Dihafal Tugas Sekolah, √ 9 Contoh Teks Ceramah Singkat (Berbagai Topik), Teks Pidato Singkat Mengenai Perjuangan Para Pendiri Bangsa, 5 Contoh Pidato Singkat Tentang Pendidikan [Mudah Dihafal], contoh pidato tentang lingkungan, contoh pidato yang menarik dan tidak membosankan, contoh pidato tentang disiplin, contoh pidato pendidikan, contoh pidato persuasif tentang kesehatan, contoh pidato perpisahan, contoh pidato singkat tentang pendidikan, contoh pidato ilmiah, 7 Cara Membaca Naskah Pidato ✔️Yang Benar,Naskah Pidato Singkat Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-75, Pidato - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas,
5+ Contoh Pidato Singkat Bahasa Indonesia, Contoh Teks Pidato Singkat (terlengkap) ,
21+ Contoh Teks Pidato Singkat dan Menarik, 5+ Contoh Pidato Bahasa Indonesia dengan Berbagai Tema,

Selalu Kunjungin Selalu Jagoberpidato.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru dan Kutbah Jumat Terbaru.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Naskah Pidato Berjudul Bermata Tapi Tak Melihat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel