Contoh Ceramah Mengenai Manfaat Pernikahan

 


Kumpulan Contoh Ceramah - Ceramah merupakan jenis keterampilan lisan atau yang lebih dikenal dengan istilah public speaking.Secara umum, ceramah, khotbah, dan sambutan sama,sama berbicara di depan umum untuk memaparkan, menjelaskan gagasan, pikiran, atau informasi kepada pendengar yang bersifat persuasif.Ceramah merupakan jenis keterampilan berkomunikasi lisan. Hal tersebut dapat dinyatakan dengan keterbiasaan ceramah yang dilakukan dengan cara penyampaian lisan.Namun bukan berarti informasi yang disampaikan dengan metode ceramah hanya bisa disampaikan dengan lisan, terdapat juga ceramah yang dituangkan dalam bentuk tulisan atau disebut dengan teks ceramah.

 

Tujuan Ceramah

Penyampaian sebuah ceramah memiliki tujuan, adapun tujuan dari ceramah tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Informatif, yaitu ceramah bertujuan untuk memberikan informasi kepada pendengar agar mengenal suatu hal dan mampu memahami dari apa yang disampaikan.
  2. Persuasif, yaitu ceramah bertujuan untuk mengajak para pendengar supaya mengikuti apa yang telah disampaikan dalam ceramah.
  3. Argumentatif, yaitu ceramah bertujuan untuk meyakinkan para pendengar mengenai suatu hal.
  4. Rekreatif, yaitu ceramah bertujuan untuk menghibur atau membuat gembira para pendengar agar merasa puas dan bahagia.
  5. Naratif, yaitu ceramah bertujuan untuk menceritakan suatu hal kepada pendengar.

 

Tak Perlu Banyak Basa Basi silahkan Simak Contoh Ceramah di Bawah Ini:

 


.
Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh..

اَلْحَمْدُ لِلّهِ رَبِّ اْلعَاَلَمِيْنَ . وَبِهِ نَسْتَعِيْنُ عَلَي أُمُوْرِا لدُّ نْيَا وَا لدِّ يْنٍ . وَعَلَيْ آ لِهٍ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ

"ALHAMDU LILLAHI RABBIL'ALAMIN WABIHI NASTA'INU'ALA UMURID DUNYA WADDIN WA'ALA ALIHI WASHAHBIHI AJMA'IN"Hadirin Rahimakumullah

Yang saya hormati teman-teman dan hadirin semua

Marilah kita bersama – sama panjatkan puja, puji, dan syukur ke hadirat Allah SWT, Tuhan Semesta Alam karena atas berkah, rahmat dan hidayahnya kita semua dapat berkumpul di tepat yang Insya Allah mulia ini Shalawat dan salam semoga tercurah limpahkan ke pada junjungan kita – manusia terbaik sepanjang zaman yakni besar Nabi Muhammad SAW beserta seluruh keluarga dan sahabatnya. Semoga kita semua kelak mendapatkan syafaatnya. Aamiin.

Hadirin Rahimakumullah

Pada kesempatan kali ini izinkanlah saya mengulas sedikit tentang manfaat pernikahan. Sebelumnya kita telah mengetahui bahwa pernikahan bukan hanya perjanjian antara dua insan melainkan dengan sang Khaliq. Lalu apa sebenarnya manfaat pernikahan itu sendiri? Pernikahan adalah salah satu bentuk ibadah yang di dalamnya terdapat penyatuan dua insan atau bahkan dua keluarga untuk membentuk keluarga yang sakinah, mawadah dan warohmah.

Beberapa manfaat yang bisa dipetik dari pernikahan adalah:

 Pertama, nikah adalah bentuk ibadah kepada Allah Swt. Dai Anas Bin Malik r.a. dikatakan bahwa Nabi Muhammad saw. bersabda,’’ Apabila seseorang menikah sungguh ia telah menyempurnakan separuh agamanya. Hendaklah ia bertakwa kepada Allah atas separuh yang lain.’’ (HR Baihaqi)

Manfaat kedua adalah menghalalkan hubungan dua insan. Pernikahan adalah proses kehidupan yang mengubah suatu hal yang sebelumnya haram menjadi halal. Pernikahan pun ditujukan untuk meneruskan keturunan yang tidak bisa tidak harus berada di bawah pejanjian suci pernikahan.

Manfaat ketiga dari pernikahan adalah membuat hati menjadi lebih tentram, Allah berfirman,’’Dan diantara tanda-tanda kebesaran-Nya ialah Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri agar kamu cenderung dan merasa tentram kepadanya dan Dia menjadikan diantaramu rasa kasih dan sayang. Sungguh, pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir. (QS. Ar-Rum (30) : 21). 

Manfaat yang selanjutnya adalah bahwa pernikahan membuka pintu-pintu rezeki. Allah berfirman,’’ Dan nikahkanlah orang-orang yang masih membujang diantara kamu, dan juga orang-orang yang layak (menikah) dari hamba-hamba sahayamu yang laki-laki dan perempuan. Jika mereka miskin , maka Allah akan memberi kemampuan kepada mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Maha Luas (pemberian-Nya), Maha Mengetahui.

 Dari firman ini kita tahu bahwa menunda pernikahan hanya karena masalah uang adalah hal yang tidak dibenarkan, karena Allah secara jelas akan menjamin rizki bagi mereka yang memutuskan untuk menikah. Dalam tradisi kita hari ini, nikah seolah-olah menjadi suatu hal yang mahal karena membebankan diri untuk melakukan resepsi besar-besaran padahal dari semua itu gengsi lah yang rasanya menjadi suatu hal yang memberatkan.

Manfaat selanjutnya adalah bahwa pernikahan merupakan fase kehidupan baru untuk menjadi manusia yang lebih dewasa. Tentunya dengan menikah kita belajar untuk saling menghargai, menghormati, dan memahami satu sama lain. Di lain pihak setelah munculnya anak setelah pernikahan proses menjadi ayah dan ibu adalah hal yang paling mendewasakan seseorang dalam kehidupannya.

Hadirin Rahimakumullah

Demikianlah sedikit tentang manfaat pernikahan, kiranya bagi kita yang telah siap lahir dan batin dapat menyegerakan ibadah penyempurna agama tersebut. Akhir kata semoga sedikit ilmu yang telah disampaikan dapat bermanfaat, mohon maaf atas segala kesalahan dan kekurangan selama penceramahan berlangsung. Terima Kasih. Billahi Taufik Wal Hidayah Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh




lah beberapa contoh Teks ceramah singkat berikut berisi kumpulan ceramah singkat tentang sabar, syukur, dan masih banyak lagi untuk mempersiapkan ceramah yang baik.Secara keseluruhan ceramah, khotbah dan sambutan merupakan salah satu bentuk dari pidato didepan umum. Jadi, ketiganya masuk kedalam jenis pidato, 8+ Contoh Ceramah Singkat, Kejujuran, Sabar, Syukur , Struktur Teks Ceramah dan Kaidah Kebahasaan Teks. Contoh teks ceramah umum, literasi, pendidikan, narkoba dipaparkan secara singkat namun tetap menggunakan struktur dan kaidah.



Teks Ceramah - Bahasa Indonesia Kelas 11 ,12+ Contoh Teks Ceramah Tentang Ibu, Ilmu, Sabar, Sholat. Cari contoh ceramah? Lihat lebih dari 25 contoh teks ceramah singkat ✅ umum ✅ agama Islam lucu ✅ beserta strukturnya ✅ hanya di sini!, contoh ceramah singkat tentang pendidikan,contoh ceramah singkat tentang pergaulan bebas,contoh ceramah tentang hari kiamat,contoh teks ceramah singkat beserta strukturnya,teks ceramah lucu,ceramah singkat tentang ilmu,teks ceramah agama islam tentang kejujuran,contoh ceramah singkat di tv,24 Contoh Ceramah Singkat Agama Tentang Ibu, Sholat, Teks Ceramah Lucu Agar Jamaah Tak Merasa Bosan, Pesan, 6+ Contoh Teks Ceramah Singkat Umum, Sholat, Sabar, Contoh Ceramah Singkat

Belum ada Komentar untuk "Contoh Ceramah Mengenai Manfaat Pernikahan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel