Contoh Naskah Pidato Berjudul Apa & Bagaimana Sifat Kikir

 


Contoh Teks Pidato  – Pidato merupakan kegiatan berbicara yang dilakukan oleh seseorang dengan tujuan menyampaikan suatu hal. Biasanya kegiatan tersebut dilakukan oleh seseorang untuk berorasi di depan khalayak ramai. Hal yang disampaikan dalam berpidato merupakan suatu ide ataupun gagasan. Agar bisa lebih jelasnya perlu untuk memahami beberapa contoh teks pidato singkat.

Pada teks pidato hal wajib yang ada di dalamnya adalah pembuka kemudian isi dan yang terakhir ada penutup. Pada bagian isi, teks pidato berbeda-beda disesuaikan konteksnya. Misalnya, jika pidato ketika acara peringatan hari kartini maka isi dari pidato yang disampaikan adalah tentang hal yang berkaitan dengan hari kartini.

Terdapat banyak macam-macam teks pidato dengan judul berbeda-beda. Bagi yang sedang mencari referensi mengenai contoh dari teks pidato maka penting untuk membaca penjelasan yang akan ditulis di bawah ini. Langsung saja perhatikan contoh-contoh teks pidato sebagai berikut.


.
Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh..

اَلْحَمْدُ لِلّهِ رَبِّ اْلعَاَلَمِيْنَ . وَبِهِ نَسْتَعِيْنُ عَلَي أُمُوْرِا لدُّ نْيَا وَا لدِّ يْنٍ . وَعَلَيْ آ لِهٍ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ

"ALHAMDU LILLAHI RABBIL'ALAMIN WABIHI NASTA'INU'ALA UMURID DUNYA WADDIN WA'ALA ALIHI WASHAHBIHI AJMA'IN"

Yang saya hormati teman-teman dan hadirin semua. Marilah kita bersama – sama panjatkan puja, puji, dan syukur ke hadirat Allah SWT, Tuhan Semesta Alam karena atas berkah, rahmat dan hidayahnya kita semua dapat berkumpul di tepat yang Insya Allah mulia ini Shalawat dan salam semoga tercurah limpahkan ke pada junjungan kita – manusia terbaik sepanjang zaman yakni besar Nabi Muhammad SAW beserta seluruh keluarga dan sahabatnya. Semoga kita semua kelak mendapatkan syafaatnya. Aamiin.

Hadirin Rahimakumullah

Allah Swt berfirman,’’ingatlah kamu ini orang-orang yang di ajak untuk menafkahkan hartamu pada jalan Allah. Maka diantara kamu ada orang yang kikir, dan siapa yang kikir sesungguhnya dia hanyalah kikir terhadap dirinya sendiri. Dan Allah lah yang Maha Kaya sedangkan kamulanh orang-orang yang membutuhkan-Nya. Dan jika kamu berpaling niscaya Dia akan mengganti kamu dengan kaum yang lain, dan mereka tidak akan seperti kamu ini (QS. Muhammad: 38)

 Hadirin Rahimakumullah

 Melalui ayat ini setidaknya kita harus menghindari sifat kikir atau al-bukhl. Al- bukhl atau kikir ini ada beberapa macam diantaranya kikir terhadap diri sendiri, kikir terhadap sesama dan kikir terhadap agama. Kikir terhadap diri sendiri ditunjukan dengan sikap seseorang yang terlalu membatasi kebutuhan pangan, sandang dan papan terhadap keluarganya meskipun terhadap hal-hal yang dinilai sangat dibutuhkan. Kemudian kikir terhadap sesama salah satunya ditunjukan dengan sikap enggan untuk memberikan bantuan kepada orang lain. Terakhir adalah kikir terhadadap agama berkaitan dengan keengganan seseorang untuk menunaikan zakat, infak dan sedekah. Bisa jadi mereka yang kikir adalah mereka yang tidak menyadari bahwa pada hakikatnya harta yang mereka miliki adalah titipan dari Allah Swt. Dalam harta titipan ini barang kali ada hak-hak orang lain yang harus ditunaikan. Maka sebenarnya apapun yang membersamai kita hari ini itu semua hanyalah titipan yang memiliki batas waktu tertentu.

 Hadirin yang berbahagia

 Tak dapat dipungkiri bahwa kekikiran ini melahirkan kebencian baik kebencian dari manusia maupun kebencian dari Tuhan. Pertanyaannya adalah adakah kita mampu hidup di dunia ini tanpa bantuan dari manusia dan bimbingan dari Allah Swt.? Jika kita dibenci sesama manusia adakah kita masih bisa hidup dengan damai? Atau jika kita dibenci oleh Tuhan adakah kita dapat hidup dengan baik dan benar?

Saudaraku, pada akhirnya keburukan dan kebaikan yang kita lakukan akan kembali kepada diri kita sendiri, begitu pun dengan kekikiran ia akan kembali pada diri kita sendiri - entah itu bentuknya matinya nurani kita untuk merasakann beban sesama, atau kebencian dari sesama dan Tuhan. Barang kali kekikiran ini timbul sepanjang kecintaan terhadap dunia terus bertambah, dan agaknya sifat buruk ini pun timbul sejalan dengan kebodohan dan rayuan yang dibisikan oleh setan yang terkutuk.

Dalam Surat Al-Baqoroh ayat 268 Allah berfirman,’’setan menjanjikan (menakut-nakuti) kamu dengan kemiskinan dan menyuruh kamu berbuat kejahatan (kikir), sedangkan Allah menjanjikan untuk kamu ampunan dan karunia dari-Nya. Dan Allah Mahaluas karunia-Nya lagi Maha Mengetahui.

  Saudaraku, menunaikan zakat, infak dan sedekah tidak akan pernah membuat kita jatuh misikin malah yang terjadi adalah sebaliknya dimana rizki yang diberikan-Nya akan terus bertambah dan berkah. Lihatlah betapa banyak kisah yang menceritakan peristiwa luar biasa dalam hidup ketika seseorang menaggalkan sifat kikirnya dengan bersedekah sebanyak mungkin di jalan Allah. Yang mereka dapatkan bukan hanya ketenangan dan kedamaian tapi balasan rizki yang begitu melimpah.

Hadirin Rahimakumullah

 Mungkin dalam kehidupan ini, kita tak selamanya berada dalam jalan yang lurus. Sering kali kita jatuh dalam kubangan kemaksiatan dan sering kali pula kita berbelok arah dari jalan kebenaran. Namun dengan rahmat-Nya, Ia senantiasa menguatkan kita untuk terus bangkit dan menuju jalan lurus-Nya.

Untuk itu, barang kali kita pernah menjadi orang yang kikir dan begitu mencintai dunia, tapi hari ini saatnya kita menghapus keburukan dengan kebaikan, saatnya kita menjadi lebih bersemangat dalam memberikan bantuan kepada orang lain dan saatnya kita menyadari bahwa semua yang ada di tangan kita hari ini adalah sebuah titipan. Sebagaimana hal nya titipan, maka kita harus menjaganya dengan sikap amanah sesuai dengan apa yang di inginkan oleh pemiliknya. Dan jika tidak, jangan menyesal jika suatu saat Allah sebagai pemilik akan mengambilnya dengan cara yang tidak dapat kita duga.

Barang kali demikianlah yang dapat saya sampaikan, yang menyampaikan tidak lebih baik dari yang mendengarkan. Akhir kata semoga bermanfaat dan moho maaf terhadap setiap kekurangan selama penceramahan ini berlangsung..
. Billahi Taufik Wal Hidayah Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh



beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

Secara harfiah, pidato singkat yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato persuasif tersebut. Kemampuan pidato persuasif atau berbicara yang baik di depan umum juga dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato bahasa indonesia singkat sendiri ada banyak, seperti:  naskah pidato kenegaraan, teks pidato menyambut hari besar, pidato singkat pembangkit semangat, pidato singkat sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi hendaknya diperhatikan serta harus percaya diri menyampaikan isi dari contoh pidato singkat, agar orang yang melihat pidato singkat pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato bahasa indonesia singkat yang disampaikan.



5+ Contoh Teks Pidato Singkat dengan Berbagai Tema , 18 Contoh Pidato Singkat Terbaru Tentang Berbagai Topik, 3 Contoh Pidato Singkat dari Berbagai Topik , 14 Contoh Pidato Singkat, Persuasif Perpisahan Pendidikan,12 Contoh Pidato, Naskah / Teks Pidato Yang Baik Dan Benar,  CONTOH PIDATO SINGKAT - Mudah Dihafal Tugas Sekolah, √ 9 Contoh Teks Ceramah Singkat (Berbagai Topik), Teks Pidato Singkat Mengenai Perjuangan Para Pendiri Bangsa, 5 Contoh Pidato Singkat Tentang Pendidikan [Mudah Dihafal], contoh pidato tentang lingkungan, contoh pidato yang menarik dan tidak membosankan, contoh pidato tentang disiplin, contoh pidato pendidikan, contoh pidato persuasif tentang kesehatan, contoh pidato perpisahan, contoh pidato singkat tentang pendidikan, contoh pidato ilmiah, 7 Cara Membaca Naskah Pidato ✔️Yang Benar,Naskah Pidato Singkat Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-75, Pidato - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas,
5+ Contoh Pidato Singkat Bahasa Indonesia, Contoh Teks Pidato Singkat (terlengkap) ,
21+ Contoh Teks Pidato Singkat dan Menarik, 5+ Contoh Pidato Bahasa Indonesia dengan Berbagai Tema,

Selalu Kunjungin Selalu Jagoberpidato.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru dan Kutbah Jumat Terbaru.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Naskah Pidato Berjudul Apa & Bagaimana Sifat Kikir"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel