Contoh Ceramah Berjudul Memaknai Sikap Adil


Kumpulan Contoh Ceramah - Ceramah merupakan jenis keterampilan lisan atau yang lebih dikenal dengan istilah public speaking.Secara umum, ceramah, khotbah, dan sambutan sama,sama berbicara di depan umum untuk memaparkan, menjelaskan gagasan, pikiran, atau informasi kepada pendengar yang bersifat persuasif.Ceramah merupakan jenis keterampilan berkomunikasi lisan. Hal tersebut dapat dinyatakan dengan keterbiasaan ceramah yang dilakukan dengan cara penyampaian lisan.Namun bukan berarti informasi yang disampaikan dengan metode ceramah hanya bisa disampaikan dengan lisan, terdapat juga ceramah yang dituangkan dalam bentuk tulisan atau disebut dengan teks ceramah.

 

Tujuan Ceramah

Penyampaian sebuah ceramah memiliki tujuan, adapun tujuan dari ceramah tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Informatif, yaitu ceramah bertujuan untuk memberikan informasi kepada pendengar agar mengenal suatu hal dan mampu memahami dari apa yang disampaikan.
  2. Persuasif, yaitu ceramah bertujuan untuk mengajak para pendengar supaya mengikuti apa yang telah disampaikan dalam ceramah.
  3. Argumentatif, yaitu ceramah bertujuan untuk meyakinkan para pendengar mengenai suatu hal.
  4. Rekreatif, yaitu ceramah bertujuan untuk menghibur atau membuat gembira para pendengar agar merasa puas dan bahagia.
  5. Naratif, yaitu ceramah bertujuan untuk menceritakan suatu hal kepada pendengar.

 

Tak Perlu Banyak Basa Basi silahkan Simak Contoh Ceramah di Bawah Ini:

 


.
Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh..

اَلْحَمْدُ لِلّهِ رَبِّ اْلعَاَلَمِيْنَ . وَبِهِ نَسْتَعِيْنُ عَلَي أُمُوْرِا لدُّ نْيَا وَا لدِّ يْنٍ . وَعَلَيْ آ لِهٍ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ

"ALHAMDU LILLAHI RABBIL'ALAMIN WABIHI NASTA'INU'ALA UMURID DUNYA WADDIN WA'ALA ALIHI WASHAHBIHI AJMA'IN"Hadirin Rahimakumullah

Yang saya hormati teman-teman dan hadirin semua. Marilah kita bersama – sama panjatkan puja, puji, dan syukur ke hadirat Allah SWT, Tuhan Semesta Alam karena atas berkah, rahmat dan hidayahnya kita semua dapat berkumpul di tepat yang Insya Allah mulia ini Shalawat dan salam semoga tercurah limpahkan ke pada junjungan kita – manusia terbaik sepanjang zaman yakni besar Nabi Muhammad SAW beserta seluruh keluarga dan sahabatnya. Semoga kita semua kelak mendapatkan syafaatnya. Aamiin.


 Hadirin yang dimuliakan Allah

Kita mungkin tidak asing dengan istilah adil atau yang semakna dengannya yaitu keadilan? Barang kali tidak sedikit yang meneriakan hal-hal yang kaitannya dengan keadilan, misalnya tuntutan masyarakat agar pemerintah berlaku adil, atau tuntuntan dari beberapa orang yang menuntut keadilan hokum bagi siapapun agar tidak tumpul ke atas dan tajam ke bawah. Keadilan sangat dibutuhkan dalam kehidupan tidak hanya dalam skala besar yang kaitannya dengan Negara dan bangsa, bahkan dalam lini keluarga pun keadilan sangat dibutuhkan. Nampaknya, kata adil begitu dirindukan dan di elu-elukan oleh setiap orang karena dewasa ini orang begitu sulit mencari kehidupan yang adil. Lalu sebenarnya apa makna adil itu sendiri?

Dalam islam, kata adil menjadi kata kunci bagi segalanya. Bahkan keberadaannya disebut berulang kali dalam Al-Quran meskipun tidak selalu menggunakan istilah adl, yakni terkadang disebut n. dengan al-qist serta al-misl. Semua kata itu bermuara pada satu makna yaitu adil. Tapi apa sebenarnya makna adil itu? Secara etimologis, adil berarti tidak berat sebelah, tidak memihak, atau menyamakan yang satu dengan yang lain. Sedang menurut istilah adil berarti mempersamakan yang satu dengan yang lain, baik dari segi nilai maupun ukuran, sehingga sesuatu itu tidak berat sebelah dan tidak berbeda satu sama lain. Adil juga bermakna berpihak atau berpegang pada kebenaran. Pengertian lainnya adalah bahwa adil dimaknai dengan meletakan sesuatu pada tempatnya. Dalam Al-Quran banyak ayat yang memerintahkan manusia untuk berlaku adil walaupun dengan keadilan itu memberikan kerugian pada dirinya sendiri. Diantara ayat tersebut adalah perintah agar manusia berlaku adil dan berbuat kebaikan serta menjauhkan diri dari perbuatan keji dan mungkar. (QS. 16: 90). Perlakuan adil wajib ditegakkan pada siapa saja kendati terhadap orang yang tidak seagama (QS. 42; 15). Alas an apapu tidak dapat terima untuk tidak berlaku adil termasuk ketidaksenangan terhadap orang tertentu.

Hadirin yang dimuliakan Allah

Unsur adil ini ternyata diperlukan dan dapat ditegakan dalam berbagai bidang kehidupan. Dalam periwayatan hadits, adil menjadi salah satu kriteria penyampai hadits untuk menentukan apakah hadits yang diriwayatkannya bernilai shahih, hasan atau bahkan dhaif. Adil dalam ilmu hadits ini bermakna dengan ketaatan menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangannya, menjauhkan diri dari perbuatan keji, memelihara hak dak kewajiban, memelihara lidah dari kata-kata yang dapat merusak ajaran agama dan berani menegakan yang benar. Subhanallah, betapa dalam makna adil itu sendiri.

Dalam peradilan, beberapa ayat Al-Quran menjelaskan kewajiban bagi para penegak hokum untuk berlaku adil dalam menetapkan atau memutuskan perkara diantara manusia sebagai pencari keadilan. Siapa yang tidak menetapkan hukum Allah berdasarkan apa yang telah diturunkan Allah berarti termasuk kafir serta berlaku aniaya dan fasik (QS. 5: 44, 45 dan 47). Maksud dari ‘apa yang diturunkan Allah’ antara lain berlaku adil, membayarkan amanah kepada yang yang berhak menerimanya, tidak memutuskan hokum berdasarkan hawa nafsu, dan sebagainya (QS. 5; 42, 49 dan 4; 58).

Saudaraku, ternyata bukan hal yang mudah mendefinisikan keadilan apalagi memaknainya dengan benar. Namun meskipun demikian unsur adil ini menjadi pemegang kendali agar kehidupan yang berlangsung tidak semrawut dan kacau balau. Adil ini pun yang menjadi harapan berjuta-juta orang di negeri ini atau bahkan di seluruh dunia. Keadilan menjadi kunci bagaimana kehidupan yang benar dapat berlangsung.

Meskipun terlalu kompleks untuk memaknai apa itu adil tapi tampaknya ada satu poin penting yang harus kita ketahui. Yaitu bahwa adil adalah sifat yang harus dimiliki bagi setiap orang untuk menegakan kebenaran kepada siapapun tanpa kecuali dalam setiap aspek kehidupan. Kebenaran ini menjadi hal yang dicari, diperjuangkan dan ditegakan oleh para pemilik keadilan.

Barangkali demikianlah yang dapat saya sampaikan, kurang dan lebihnya mohon dapat dimaklumi dan dimaafkan. Billahi Taufik Wal Hidayah Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh




lah beberapa contoh Teks ceramah singkat berikut berisi kumpulan ceramah singkat tentang sabar, syukur, dan masih banyak lagi untuk mempersiapkan ceramah yang baik.Secara keseluruhan ceramah, khotbah dan sambutan merupakan salah satu bentuk dari pidato didepan umum. Jadi, ketiganya masuk kedalam jenis pidato, 8+ Contoh Ceramah Singkat, Kejujuran, Sabar, Syukur , Struktur Teks Ceramah dan Kaidah Kebahasaan Teks. Contoh teks ceramah umum, literasi, pendidikan, narkoba dipaparkan secara singkat namun tetap menggunakan struktur dan kaidah.



Teks Ceramah - Bahasa Indonesia Kelas 11 ,12+ Contoh Teks Ceramah Tentang Ibu, Ilmu, Sabar, Sholat. Cari contoh ceramah? Lihat lebih dari 25 contoh teks ceramah singkat ✅ umum ✅ agama Islam lucu ✅ beserta strukturnya ✅ hanya di sini!, contoh ceramah singkat tentang pendidikan,contoh ceramah singkat tentang pergaulan bebas,contoh ceramah tentang hari kiamat,contoh teks ceramah singkat beserta strukturnya,teks ceramah lucu,ceramah singkat tentang ilmu,teks ceramah agama islam tentang kejujuran,contoh ceramah singkat di tv,24 Contoh Ceramah Singkat Agama Tentang Ibu, Sholat, Teks Ceramah Lucu Agar Jamaah Tak Merasa Bosan, Pesan, 6+ Contoh Teks Ceramah Singkat Umum, Sholat, Sabar, Contoh Ceramah Singkat

Belum ada Komentar untuk "Contoh Ceramah Berjudul Memaknai Sikap Adil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel