Contoh Naskah Pidato Tentang Pemberian Terbaik

 


Contoh Teks Pidato  – Pidato merupakan kegiatan berbicara yang dilakukan oleh seseorang dengan tujuan menyampaikan suatu hal. Biasanya kegiatan tersebut dilakukan oleh seseorang untuk berorasi di depan khalayak ramai. Hal yang disampaikan dalam berpidato merupakan suatu ide ataupun gagasan. Agar bisa lebih jelasnya perlu untuk memahami beberapa contoh teks pidato singkat.

Pada teks pidato hal wajib yang ada di dalamnya adalah pembuka kemudian isi dan yang terakhir ada penutup. Pada bagian isi, teks pidato berbeda-beda disesuaikan konteksnya. Misalnya, jika pidato ketika acara peringatan hari kartini maka isi dari pidato yang disampaikan adalah tentang hal yang berkaitan dengan hari kartini.

Terdapat banyak macam-macam teks pidato dengan judul berbeda-beda. Bagi yang sedang mencari referensi mengenai contoh dari teks pidato maka penting untuk membaca penjelasan yang akan ditulis di bawah ini. Langsung saja perhatikan contoh-contoh teks pidato sebagai berikut.


.
Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh..

اَلْحَمْدُ لِلّهِ رَبِّ اْلعَاَلَمِيْنَ . وَبِهِ نَسْتَعِيْنُ عَلَي أُمُوْرِا لدُّ نْيَا وَا لدِّ يْنٍ . وَعَلَيْ آ لِهٍ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ

"ALHAMDU LILLAHI RABBIL'ALAMIN WABIHI NASTA'INU'ALA UMURID DUNYA WADDIN WA'ALA ALIHI WASHAHBIHI AJMA'IN"

 Hadirin Rahimakumullah

Pada kesempatan kali ini saya akan berbicara tentang pemberian terbaik untuk Indonesia. Seorang tokoh besar dunia pernah berkata,’’ jangan tanyakan apa yang diberikan oleh negaramu kepadamu tapi tanyakanlah apa yang kamu berikan kepada negaramu’’. Pandangan idealis tersebut berasal dari seorang tokoh besar Amerika yang mendedikasikan hidupnya untuk kemajuan bangsa Amerika, karena konsep ‘’ memberi’’ pada negara tersebut, tak heran jika pada hari ini bangsa Amerika menjelma menjadi bangsa superior. Sedikit kalimat tersebut menunjukan bahwa kebanyakan orang hebat berfokus pada memberi bukan menerima, berfokus pada solusi bukan masalah, dan berfokus pada peluang bukan hambatan. Hal tersebut tentunya sejalan dengan sebuah hadits rasul yang menyatakan bahwa tangan diatas lebih dari pada tangan dibawah.

Berkaitan dengan istilah ‘’ memberi’’ tersebut, tentunya kita akan berhadapan pada suatu kondisi yang mengharuskan kita memiliki sesuatu hal yang bisa diberikan kepada orang lain entah itu ilmu, nilai kehidupan, tenaga, harta, maupun yang lainnya. Proses memberi tentunya akan lebih baik jika berorientasi pada pengaruh jangka panjang. Uang dan harta benda tentunya hanya akan berorientasi jangka pendek, namun tidak dengan ilmu. Sederhananya ketika seseorang memberikan uang, tentunya uang itu akan habis dalam waktu yang relatif singkat namun jika yang diberikannya ilmu entah ilmu berdagang, ilmu menghadapi hidup ataupun ilmu lainnya, tentunya akan berpengaruh dalam jangka waktu yang lama.

 Hadirin Rahimakumullah

 Ilmu adalah hal yang esensial dalam kehidupan manusia. Ilmu akan mempengaruhi cara berpikir, bersikap dan berperilaku. Ilmu mengarahkan manusia pada derajat kehidupan yang lebih tinggi. Hal ini sejalan dengan firman Allah dalam Al-Quran yang artinya: Allah akan mengangkat orang beriman diantara kamu dan orang yang dianugerahi ilmu kepada derajat yang lebih tinggi. Dan Allah mengetahui apa yang kamu sekalian perbuat. (QS 58: 11)

 Keberadaan ilmu bertalian erat dengan keberadaan pendidikan karena keduanya memiliki esensi untuk memanusiakan manusia sesuai fitrah hidupnya yang mengarah pada keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Imam Al- Ghazali mengatakan bahwa “hasil dari ilmu sesungguhnya ialah mendekatkan diri kepada Allah.

Selaras dengan itu, konsep tujuan pendidikan nasional pun mengarah pada pengembangan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepadaTuhan Yang Maha Esa,berakhlak mulia, sehat, berilmu , cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Hadirin Yang Berbahagia

Di era modernitas yang menggejala pada abad ini, pendidikan yang berkualitas adalah adalah salah satu kunci dalam menghadapi problematika dan realitas kehidupan yang semakin kompleks. Pendidikan yang berkualitas tidak hanya mengarahkan manusia menjadi mahluk satu dimensi namun secara lebih jauh mengarahkan manusia menjadi mahluk multi dimensi yang mencakup dimensi spiritual, dimensi humanistik, dimensi civic , dimensi demokrasi, dan dimensi sosial.

Pendidikan yang berkualitas tentunya ditunjang oleh kualitas konsep dan praktik pendidikan itu sendiri. Secara konseptual, Negara Indonesia memiliki rumusan yang yang cukup berkualitas tentang pendidikan, hal ini kurang lebih bisa dilihat dalam UU RI No.20 tahun 2003 yang dalam definisi, tujuan dan fungsi pendidikannya mempertimbangkan manusia secara utuh sebagai mahluk multi dimensi. Sedangkan secara praksis, dibutuhkan penguatan aktor pendidikan yang mampu mensinergikan idealitas dan realitas pendidikan.

 Menteri pendidikan Anies Baswedan mengatakan bahwa aktor pendidikan tersebut meliputi guru, kepala sekolah, pengawas, orangtua dan siswa. Para aktor pendidikan itu merupakan komponen paling strategis dalam upaya mencerdaskan bangsa. Guru adalah kunci, lanjutnya. `Pendidikan adalah salah satu indikator kemajuan suatu bangsa dan keberadaan guru berpengaruh dalam menentukan arah pendidikan bangsa tersebut.

Sejalan dengan itu Dr. Daoed Joesoef, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, 1978 – 1983) mengatakan bahwa “Tidak gampang untuk bisa mengatakan apa yang membuat suatu bangsa kokoh dan maju. Namun, mudah sekali untuk mengatakan kapan bangsa ini mulai goyah eksistensinya, yaitu bila generasi yang sedang berkuasa melalaikan pendidikan generasi penerusnya, melalui pelecehan terhadap kinerja pengabdi nomor satu di bidang pendidikan, yaitu guru.”

 Guru adalah pengabdi pendidikan dan merupakan profil kebaikan dan kebenaran. Profesi guru adalah sebuah panggilan jiwa yang berakar pada pengabdian terhadap Tuhan dan sesama. Berprofesi sebagai guru bukanlah hal yang mudah, guru tidak hanya bertugas mengajar atau menyampaikan informasi namun secara lebih jauh harus mampu menjadikan dirinya sebagai model panutan yang harus diteladani (digugu dan ditiru).

Berkaitan dengan tugas guru dalam suatu literatur dikatakan bahwa Seandainya mengajar boleh didefinisikan sebagai usaha menyampaikan informasi (teaching is telling), setiap warga negara pasti mampu menjadi guru. Namun tugas guru tidak sebatas bercerita atau sekadar menyampaikan informasi, sehingga tidak setiap warga negara bisa menjadi guru.

Untuk menjadi guru profesional dibutuhkan panggilan jiwa sebagai seorang pendidik, memiliki minat dan bakat, karakter, serta pengalaman tertentu yang melalui serangkaian program pendidikan dan atau pelatihan yang profesional. Untuk menjadi guru profesional dibutuhkan laku (proses mengalami) untuk menjadikan dirinya sebagai model panutan yang pantas diteladani (digugu dan ditirus). (Menyiapkan Guru Masa Depan, hlm 14)

Menjadi guru profesional adalah sebuah harapan, menjadi sosok guru yang mampu menginspirasi muridnya adalah sebuah cita-cita, dan menjadi sosok guru yang mampu membersamai kesuksesan muridnya adalah sebuah kebahagiaan. Dengan semua itu, seorang guru yang bernilai tidak dihasilkan dari proses hidup yang instan dan serba mudah namun dihasilkan dari perjalanan panjang kehidupan yang membuatnya mampu menjadikan setiap keadaan adalah proses pembelajaran. Guru adalah media terbaik untuk memberikan pemberian terbaik ('ilmu') kepada sesama manusia.

Barang kali demikianlah yang dapat saya sampaikan kurang dan lebihnya mohon dimaafkan dan dimaklumi. Billahi Taufik Wal Hidayah Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh



beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

Secara harfiah, pidato singkat yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato persuasif tersebut. Kemampuan pidato persuasif atau berbicara yang baik di depan umum juga dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato bahasa indonesia singkat sendiri ada banyak, seperti:  naskah pidato kenegaraan, teks pidato menyambut hari besar, pidato singkat pembangkit semangat, pidato singkat sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi hendaknya diperhatikan serta harus percaya diri menyampaikan isi dari contoh pidato singkat, agar orang yang melihat pidato singkat pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato bahasa indonesia singkat yang disampaikan.



5+ Contoh Teks Pidato Singkat dengan Berbagai Tema , 18 Contoh Pidato Singkat Terbaru Tentang Berbagai Topik, 3 Contoh Pidato Singkat dari Berbagai Topik , 14 Contoh Pidato Singkat, Persuasif Perpisahan Pendidikan,12 Contoh Pidato, Naskah / Teks Pidato Yang Baik Dan Benar,  CONTOH PIDATO SINGKAT - Mudah Dihafal Tugas Sekolah, √ 9 Contoh Teks Ceramah Singkat (Berbagai Topik), Teks Pidato Singkat Mengenai Perjuangan Para Pendiri Bangsa, 5 Contoh Pidato Singkat Tentang Pendidikan [Mudah Dihafal], contoh pidato tentang lingkungan, contoh pidato yang menarik dan tidak membosankan, contoh pidato tentang disiplin, contoh pidato pendidikan, contoh pidato persuasif tentang kesehatan, contoh pidato perpisahan, contoh pidato singkat tentang pendidikan, contoh pidato ilmiah, 7 Cara Membaca Naskah Pidato ✔️Yang Benar,Naskah Pidato Singkat Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-75, Pidato - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas,
5+ Contoh Pidato Singkat Bahasa Indonesia, Contoh Teks Pidato Singkat (terlengkap) ,
21+ Contoh Teks Pidato Singkat dan Menarik, 5+ Contoh Pidato Bahasa Indonesia dengan Berbagai Tema,

Selalu Kunjungin Selalu Jagoberpidato.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru dan Kutbah Jumat Terbaru.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Naskah Pidato Tentang Pemberian Terbaik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel