Contoh Susunan Sambutan Acara Ulang Tahun Bahasa Sunda


Contoh Teks MC - Pembawa acara atau pranatacara (bahasa Inggris: master of ceremony disingkat MC, Presenter atau Host) adalah orang yang bertugas sebagai tuan rumah sekaligus pemimpin acara dalam panggung pertunjukan, hiburan, pernikahan, dan acara-acara sejenis. Pembawa acara membawakan narasi atau informasi dalam suatu acara atau kegiatan, ataupun dalam acara televisi, radio dan film. Pembawa acara biasanya membaca naskah yang telah disiapkan sebelumnya, tetapi sering juga mereka harus memberikan komentar atau informasi tanpa naskah.

MC biasanya memperkenalkan peserta atau artis yang segera akan tampil di atas panggung, berdialog dengan penonton, dan secara garis besar berusaha menjaga tempo acara. Bergantung kepada acara yang dibawakan, seorang MC kadang-kadang dituntut untuk dapat membawakan lelucon atau anekdot.

Dalam sebuah acara resmi kenegaraan, MC kadang-kadang berlaku sebagai perwira protokol. Pemimpin upacara Dalam dunia musik hip-hop dan musik dansa elektronik, MC adalah sebutan untuk artis musik yang menciptakan atau membawakan lagu asli yang ditulisnya sendiri. MC berbeda dari DJ (disc jockey) yang memainkan musik untuk pesta dan mencampur berbagai macam musik yang sydah direkam sebelumnya. Shock G dari Digital Underground dalam buku berjudul How to Rap menyatakan bahwa istilah 'MC' dalam hip-hop "berasal dari kata Master of Ceremonies", sehingga tidak mengherankan bila terdapat "banyak nama rapper yang memakai awalan kata MC" (misalnya, MC Hammer).

Pembawa acara televisi juga dilibatkan dalam penulisan naskah jika diperlukan. Tugas lain yang sering dilakukan oleh pembawa acara antara lain adalah mewawancarai tokoh, menjadi moderator diskusi, dan memberikan komentar pada suatu acara olahraga, parade, dan acara-acara lainnya. 


Fungsi dan Tuntutan Bagi Seorang MC


MC dalam suatu aktivitas mempunyai fungsi penting. MC bertugas untuk memandu aktivitas dan bertanggung jawab kelancaran dan kesuksesan acara. Dalam menjelaskan fungsinya ini diharapkan kreativitas dan improvisasi sesuai dengan jenis acaranya. MC harus harus bisa membawakan aktivitas dengan menarik. Ia harus sanggup beradaptasi dengan perubahan-perubahan acara. Tugas seorang MC dalam suatu aktivitas memang tidak mudah, mengingat tanggung jawabnya yang besarterhadap kesuksesan aktivitas itu. Seorang MC juga mempunyai tanggung jawab terhadap hubungannya dengan image atau gambaran penyelenggara aktivitas dan dapat dipercaya sorang MC itu sendiri. Oleh sebab itu diharapkan bakat-bakat khusus untuk menjadi MC, seorang yang bakir dalam bidang intelektual belum tentu bisa menjadi MC yang baik.


Syarat Menjadi MC


Seorang MC harus mampu menciptakan suasana akrab, tertib, dan meriah, selain bertanggung jawab atas lancarnya acara. Karenanya, syarat jadi MC antara lain sebagai berikut:

  1. Komunikatif - Seorang MC hendaknya lancar berbicara, komunikatif. Karenanya, stasiun radio atau presenter televisi yang terlatih dan terbiasa dengan pembicaraan di ruang siaran dan di depan kamera umumnya piawai juga jadi MC sebuah acara off air.
  2. Wawasan Luas - MC harus berwawasan luas karena akan bertugas di beragam acara, dengan tema yang berbeda dan juga terlibat dengan berbagai pembicara dan audiens dengan latar belakang pendidikan dan ilmiah yang beragam.Seorang MC layaknya seorang presenter atau jurnalis yang memiliki Pengetahuan banyak hal di berbagai bidang. Apakah Anda tahu banyak, banyak tahu. Kuncinya: banyak membaca!
  3. Good Looking - Good looking artinya enak dipandang, menarik, memesona. MC akan menjadi pusat perhatian. Karenanya, ia harus “bikin enak”, bukan “bikin enek”. MC tampan dan cantik akan membuat audiens “betah”.
  4. Supel, Luews - MC harus pandai bergaul, mampu beradaptasi dengan situasi, pandai menyesuaikan diri, mudah akrab dengan orang lain, namun rendah hati dan ramah.
  5. Humoris, Sense of Humor - MC bertugas memeriahkan acara. Orang humoris biasanya membuat suasana jadi menyenangkan. Memiliki rasa humor (sense of humor) adalah syarat bagi seorang MC, terlebih lagi jika memandu acara hiburan.
  6. Kreatif - Seorang MC harus kreatif dan memiliki inisiatif dalam memandu acara sehingga tidak membosankan dan monoton. Kreativitas dan inisiatif juga diperlukan ketika keadaan berubah secara tak terduga.Seorang MC harus tanggap terhadap perubahan-perubahan tersebut dan harus berpikir cepat dan tepat untuk mengantisipasinya.
  7. Penguasaan Bahasa - MC harus mampu berbicara dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar (baku), namun juga piawai berbicara dalam bahasa informal dan “bahasa gaul“.Selan itu, MC dituntut mampu mengucapkan setiap kata dan kalimat dari bahasa asing –khususnya Inggris– dengan baik dan benar.MC juga harus dapat mengucapkan bahasa dan ungkapan dalam bahasa lokal dengan benar, terutama jika pernikahan dan resep dilakukan sesuai dengan praktik regional tertentu.Oleh karena itu, seorang MC perlu dapat melakukan penelitian skala kecil pada pekerjaan yang diterima terkait dengan bahasa yang akan digunakan atau topik yang berkaitan dengan istilah-istilah yang perlu diketahui oleh MC ketika menjadi tuan rumah suatu acara.
  8. Miking Technique - MC harus menguasa teknik mikrofon. Misalnya, mendekatkan mike saat berbicara pelan dan menjauhkannya dari mulut saat berbicara keras.Setiap orang memiliki ukuran suara yang berbeda dalam mixer audio. Lakukan tes mikrofon sebelum menggunakannya
  9. Suara Bagus  - Sengaja ditempatkan di bagian akhir karena suara bagus itu relatif. Namun, MC dengan suara merdu akan menarik dan membuat betah audiens.


Contoh Teks MC Singkat Terbaik Untuk Berbagai Acara


Bismillahirrahmanirrahim..
Assalamualaikum Wr. Wb.. ” Wilu jeung énjing,
Salam Sajahtera kanggo urang sadaya.. “


Kalawan ngedalkeun syukur, alhamdulillah, sami-sami hayu urang ucapkeun syukur ka-asih ka pangeran anu suci tur maha kawasa, margi kalawan rahmat-Na urang sadaya tiasa patepang di ieu tempat dina kaayaan sehat wal’afiat. (amin)

Luhur wasta Kulawargi.. (Nama keluarga), simkuring ngucapkeun hatur nuhun pisan ka sadérék, réréncangan, sadaya anu atos cios ikhlas nyempatkeun sumping kana acara patepang taun pun anak.. (Nama anak), anu ku simkuring pikanyaah.

Mugi-mugi saniskanten hiji hal anu atos urang usahakan ieu, tiasa meunang Pangestu sarta Pahala ti Allah Swt. Amin yaa robbal alamin..

Sadérék anu ku simkuring muliakeun, kanggo ngamangpaatkeun waktos, mangga urang geura waé bacakeun susunan acara patepang taun dina énjing/siang/sonten ieu. Susunan acarana nyaéta :

1. Bubuka
2. Sambutan-sambutan
3. Pesan sareng Kesan
4. Do’a
5. Nganyanyikeun lagu patepang taun
6. Niup lilin
7. Potong kueh sarta ramah tama

Sakitu waé acara teupang taun dina énjing/siang/sonten ieu, sateuacan urang neruskeun kana acara saterusna, mangga urang buka tiheula acara ieu kanggo maca surat Al-Fatihah, ilaa hadhratin nabiyyil musthafa, al-faatihah..

# (Membaca: surat al-fatihah, dan dilanjutkan dengan memulai acara: Bubuka, Sambutan-sambutan, Pesan dan Kesan, Do’a, Menyanyikan lagu ulang tahun, Tiup lilin, Potong kue, serta ramah tama)

Hatur nuhun.. Mugi-mugi acara patepang taun ieu, tiasa lancar sarta masihan mangpaat kanggo urang sadayana, utamana kanggo pun anak.. (Nama anak). Ku kituna mugi-mugi panjang umur, nambah dewasa, sarta seueur rizkinya, amin yaa robbal alamin..

Sakitu waé ti simkuring, nu kirang langkung ménta hapunteun bilih aya kalepatan sarta kakirangan nana, simkuring neda sihapunten ka para wargi sadaya dina mandu acara patepang taun ieu. Mudah-mudahan Allah SWT masihan kaberkahan kana sadaya permaksadan ieu. Amin ya robbal alamin... Billahi taufik walhidayah wassalamu’alaikum wr. wb.



Kumpulan Contoh Teks Pembawa Acara Berbagai Tema

Berikut adalah kumpulan berbagai tema contoh teks Pidato Bahasa Sunda yang menarik untuk Semua Kalangan. Yuk, silahkan pilih tema Pidato yang sesuai dibawah ini:


contoh teks mc, contoh mc, contoh teks mc formal, contoh naskah mc acara formal, contoh mc formal, contoh cue card mc, contoh teks mc non formal, contoh teks mc non formal lucu, contoh teks mc resepsi pernikahan modern, contoh mc halal bihalal, contoh format mc 0 proyek pdf, contoh mc pernikahan, contoh teks mc seminar, contoh teks mc singkat, contoh cue card mc event, contoh mc isra mi'raj terbaik, contoh mc perpisahan, contoh teks mc pengajian, contoh teks mc acara formal, contoh q card mc, contoh teks mc bahasa jawa, contoh teks mc pernikahan, contoh teks mc formal pdf, contoh mc pernikahan modern, contoh mc bahasa jawa, contoh teks mc maulid di sekolah, contoh mukadimah mc, contoh teks mc bahasa inggris, contoh pembukaan mc, contoh teks mc semi formal, contoh naskah mc formal, contoh teks mc non formal singkat, contoh mc non formal pensi, contoh mc pengajian, contoh mc bahasa inggris, contoh mc lamaran, contoh mc non formal, contoh mc bahasa arab, contoh mc perpisahan sekolah, contoh teks mc bahasa inggris acara perpisahan, contoh teks mc bahasa jawa singkat, contoh mc acara resmi, contoh mc ulang tahun, contoh naskah mc, contoh mc bahasa sunda, contoh teks mc bahasa sunda singkat, contoh teks mc perpisahan, contoh susunan acara mc, contoh teks mc acara ngunduh mantu, contoh teks mc acara lam.


teks mc formal islami, contoh teks mc non formal singkat, contoh teks pembawa acara rapat dinas, contoh mc pembukaan pengajian ibu ibu, kumpulan naskah mc non formalmc acara resmi kantor, contoh mc penutupan pengajian, contoh teks mc formal singkat, Contoh Teks Pembawa Acara Untuk MC, 16 Contoh Teks MC (Berbagai acara) , Contoh Teks MC Singkat Terbaik Untuk Berbagai Acara, Begini Contoh Naskah MC Semi Formal acara Seminar,17+ Contoh Teks MC Formal dan Non Formal dalam, Contoh Teks MC Singkat Pembawa Acara Terbaru Formal, Contoh Teks MC Formal Singkat, Padat, dan Jelas, Contoh Teks MC Formal

Belum ada Komentar untuk "Contoh Susunan Sambutan Acara Ulang Tahun Bahasa Sunda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel