Contoh Ceramah Tentang Hukuman Terbaru


Kumpulan Contoh Ceramah - Ceramah merupakan jenis keterampilan lisan atau yang lebih dikenal dengan istilah public speaking.Secara umum, ceramah, khotbah, dan sambutan sama,sama berbicara di depan umum untuk memaparkan, menjelaskan gagasan, pikiran, atau informasi kepada pendengar yang bersifat persuasif.Ceramah merupakan jenis keterampilan berkomunikasi lisan. Hal tersebut dapat dinyatakan dengan keterbiasaan ceramah yang dilakukan dengan cara penyampaian lisan.Namun bukan berarti informasi yang disampaikan dengan metode ceramah hanya bisa disampaikan dengan lisan, terdapat juga ceramah yang dituangkan dalam bentuk tulisan atau disebut dengan teks ceramah.

 

Tujuan Ceramah

Penyampaian sebuah ceramah memiliki tujuan, adapun tujuan dari ceramah tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Informatif, yaitu ceramah bertujuan untuk memberikan informasi kepada pendengar agar mengenal suatu hal dan mampu memahami dari apa yang disampaikan.
  2. Persuasif, yaitu ceramah bertujuan untuk mengajak para pendengar supaya mengikuti apa yang telah disampaikan dalam ceramah.
  3. Argumentatif, yaitu ceramah bertujuan untuk meyakinkan para pendengar mengenai suatu hal.
  4. Rekreatif, yaitu ceramah bertujuan untuk menghibur atau membuat gembira para pendengar agar merasa puas dan bahagia.
  5. Naratif, yaitu ceramah bertujuan untuk menceritakan suatu hal kepada pendengar.

 

Tak Perlu Banyak Basa Basi silahkan Simak Contoh Ceramah di Bawah Ini:

 


.
Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh..

اَلْحَمْدُ لِلّهِ رَبِّ اْلعَاَلَمِيْنَ . وَبِهِ نَسْتَعِيْنُ عَلَي أُمُوْرِا لدُّ نْيَا وَا لدِّ يْنٍ . وَعَلَيْ آ لِهٍ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ

"ALHAMDU LILLAHI RABBIL'ALAMIN WABIHI NASTA'INU'ALA UMURID DUNYA WADDIN WA'ALA ALIHI WASHAHBIHI AJMA'IN"Hadirin Rahimakumullah

Mungkin kita tidak asing lagi dengan istilah hukuman.? Dalam proses mendidik anak hukuman biasanya dijadikan cara agar anak-anak jera dalam melakukan perbuatan kurang baiknya. Hukuman dalam proses pendidikan memiliki arti yang luas mulai dari hukuman yang ringan sampai yang berat, dari kerlingan yang menyengat sampai pada pukulan yang agak menyakitkan. Sekalipun hukuman banyak macamnya, inti dari hukuman tetap satu yaitu adanya unsur yang menyakitkan baik jiwa maupun raga.

 Sebenarnya tidak ada ahli pendidikan yang menghendaki digunakannya hukuman dalam pendidikan kecuali bila terpaksa. Hadiah atau pujian jauh lebih diutamakan dibandingkan dengan hukuman. Dalam mendidik anak diakui bahwa anak perlu dihukum dengan pukulan dalam hal bila anak yang berumur 10 tahun belum juga mau shalat. Ahli didik muslim mengatakan bahwa hukuman itu tidak boleh berupa siksaan baik badan maupun jiwa. Bila keadaan amat memerlukan suatu hukuman maka hukuman itu harus digunakan dengan amat-amat hati-hati. Anak-anak jangan dicela dengan keras tapi dinasehati dengan lemah lembut.

 Hukuman harus adil artinya disesuaikan dengan kesalahan anak. Mereka harus tau alasan yang melatarbelakangi mengapa mereka dihukum. Menjadi penting untuk menjelaskan mana yang baik dan buruk – benar dan salah, serta konsekuensi dari setiap perbuatan. Sehingga pada akhirnya anak sadar dengan kesalahan yang dilakukannya dan tidak menjadikan ia dendam kepada si pemberi hukuman.

Muara dari hukuman bukan untuk menjadikan anak takut mendapatkan sangsi ketika berbuat tidak baik tapi lebih kepada membangun kesadaran mengapa mereka harus menjauhi perbuatan yang dinilai tidak baik. Selamanya ketakutan tidak pernah menjadi alasan yang cukup agar anak menjauhi perbuatan buruh tapi kesadaran untuk bertindak dengan baik dan benar adalah inti dari keberadaan hukuman itu sendiri.

Hadirin Rahimakumullah

Dalam sebuah hadits, Nabi Saw mengajarkan bahwa Allah menyenangi kelembutan dalam semua persoalan (Bukhari). Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Daud dan Turmudzi, Nabi mengajarkan bahwa orang-orang yang pengasih adalah itu dikasihi Tuhan.

 Sebagian besar orang mengira bahwa bahwa anak-anak yang dididik dengan keras akan menjadi patuh. Seharusnya mereka tidak dididik untuk berbuat baik karena rasa takut melainkan karena kesadaran tentang pentingnya kebaikan itu sendiri. Pendidikan yang keras hanya akan menghasilkan anak-anak yang berjiwa kasar. Jiwa kasar inilah yang menjelma menjadi kata-kata dan tindakan yang kasar. Sedangkan pendidikan yang dijiwai oleh kasih sayang akan menghasilkan anak yang berjiwa lembut. Jiwa lembut ini yang akan menjelma menjadikan kata-kata dan tindakan yang baik.

Barang kali kebaikan hanya dapat disampaikan dengan cara-cara yang baik pula, menanamkan kebaikan bagi anak tidak akan tercapai dengan cara-cara yang tidak baik dan kasar. Kita tak dapat menjadikan anak-anak bersikap baik karena merasa takut sebaliknya kesadaran untuk berbuat baik itulah yang harus diupayakan dengan cara-cara yang lembut dan penuh kasih sayang.

Saudaraku, demikianlah yang dapat saya sampaikan. Kurang dan lebihnya mohon dimaklumi dan dimaafkan. Billahi Taufik Wal Hidayah Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh




lah beberapa contoh Teks ceramah singkat berikut berisi kumpulan ceramah singkat tentang sabar, syukur, dan masih banyak lagi untuk mempersiapkan ceramah yang baik.Secara keseluruhan ceramah, khotbah dan sambutan merupakan salah satu bentuk dari pidato didepan umum. Jadi, ketiganya masuk kedalam jenis pidato, 8+ Contoh Ceramah Singkat, Kejujuran, Sabar, Syukur , Struktur Teks Ceramah dan Kaidah Kebahasaan Teks. Contoh teks ceramah umum, literasi, pendidikan, narkoba dipaparkan secara singkat namun tetap menggunakan struktur dan kaidah.



Teks Ceramah - Bahasa Indonesia Kelas 11 ,12+ Contoh Teks Ceramah Tentang Ibu, Ilmu, Sabar, Sholat. Cari contoh ceramah? Lihat lebih dari 25 contoh teks ceramah singkat ✅ umum ✅ agama Islam lucu ✅ beserta strukturnya ✅ hanya di sini!, contoh ceramah singkat tentang pendidikan,contoh ceramah singkat tentang pergaulan bebas,contoh ceramah tentang hari kiamat,contoh teks ceramah singkat beserta strukturnya,teks ceramah lucu,ceramah singkat tentang ilmu,teks ceramah agama islam tentang kejujuran,contoh ceramah singkat di tv,24 Contoh Ceramah Singkat Agama Tentang Ibu, Sholat, Teks Ceramah Lucu Agar Jamaah Tak Merasa Bosan, Pesan, 6+ Contoh Teks Ceramah Singkat Umum, Sholat, Sabar, Contoh Ceramah Singkat

 

Belum ada Komentar untuk "Contoh Ceramah Tentang Hukuman Terbaru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel