Contoh Pidato Singkat Tentang Hubungan Ilmu dan Amal Terbaru

 


Contoh Teks Pidato  – Pidato merupakan kegiatan berbicara yang dilakukan oleh seseorang dengan tujuan menyampaikan suatu hal. Biasanya kegiatan tersebut dilakukan oleh seseorang untuk berorasi di depan khalayak ramai. Hal yang disampaikan dalam berpidato merupakan suatu ide ataupun gagasan. Agar bisa lebih jelasnya perlu untuk memahami beberapa contoh teks pidato singkat.

Pada teks pidato hal wajib yang ada di dalamnya adalah pembuka kemudian isi dan yang terakhir ada penutup. Pada bagian isi, teks pidato berbeda-beda disesuaikan konteksnya. Misalnya, jika pidato ketika acara peringatan hari kartini maka isi dari pidato yang disampaikan adalah tentang hal yang berkaitan dengan hari kartini.

Terdapat banyak macam-macam teks pidato dengan judul berbeda-beda. Bagi yang sedang mencari referensi mengenai contoh dari teks pidato maka penting untuk membaca penjelasan yang akan ditulis di bawah ini. Langsung saja perhatikan contoh-contoh teks pidato sebagai berikut.


.
Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh..

اَلْحَمْدُ لِلّهِ رَبِّ اْلعَاَلَمِيْنَ . وَبِهِ نَسْتَعِيْنُ عَلَي أُمُوْرِا لدُّ نْيَا وَا لدِّ يْنٍ . وَعَلَيْ آ لِهٍ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ

"ALHAMDU LILLAHI RABBIL'ALAMIN WABIHI NASTA'INU'ALA UMURID DUNYA WADDIN WA'ALA ALIHI WASHAHBIHI AJMA'IN"

Hadirin Rahimakumullah

Setelah berbicara tentang keutamaan ilmu, ada baiknya kita mengupas bahasan tentang hubungan ilmu dan amal. Sebelumnya saya akan menyampaikan hadits Rasulullah Saw, yang berbunyi: Ya Allah ya Tuhanku, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan, kemalasan, ketakutan, kekikiran, kepikunan dan siksa kubur. Ya Allah ya Tuhanku, berikanlah ketakwaan kepada jiwaku, sucikanlah ia, sesungguhnya engkaulah sebaik-baik Dzat yang dapat mensucikannya. Engkaulah yang menguasai dan yang menjaganya. Ya Allah ya Tuhanku, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari ilmu yang tidak berguna, hati yang tidak khusyu, diri yang tidak pernah puas, dan doa yang tidak terkabulkan. (HR. Muslim)

Seorang yang berilmu pernah berkata bahwa amal adalah buah dari ilmu dan hujjah bagi pemilik ilmu ketika bertemu Allah Swt. ilmu tanpa amal layaknya pohon tanpa buah. Dengan ilmunya ia mampu menyinari sekelilingnya. Namun ketika ia melupakan dirinya, ia itu bagaikan lilin yang mampu membahagiakan orang lain dengan sinarnya, namun dirinya hancur binasa dengan apinya.

Sebuah ungkapan dari seorang tokoh juga menggambarkan keadaan yang serupa,’’ ilmu tanpa amal adalah buta dan amal tanpa ilmu adalah pincang. Ilmu dan amal adalah sesuatu yang mesti hidup seirama dan harmoni bagi sang penuntut ilmu. Sebagaimana Ibnu Qoyyim mengatakah,’’ setiap pengembara akan sampai kepada Allah dan kehidupan akhirat, akan tetapi setiap pengembara itu akan bergantung pada jalan yang ia tempuh. Tidak akan sempurna dan sampai perjalanannya itu dengan dua kekuatan yaitu ilmu dan amal.

Jika ilmu tidak diamalkan oleh pemiliknya maka ilmu itu akan mudah terlupakan begitu saja. Hal ini juga mengingatkan asumsi tentang sebuah proses pembelajaran dimana pembelajaran yang melibatkan seluruh indra dan bersifat praktik (langsung dilakukan) akan lebih banyak di ingat oleh akal manusia dibanding ilmu yang hanya melibatkan indra pendengaran atau penglihatan saja.

Saudaraku, Ali Bin Abi Thalib pernah berkata,’’ Ilmu itu akan memanggil amal. Jika amal tidak menyerunya, maka ilmu akan pergi. Ilmu tanpa amal disebut-sebut sebagai penyebab hilangnya keberkahan ilmu dan tegaknya hujjah di hadapan Allah Swt. Berkaitan dengan ini Allah Swt telah mengingatkan melalui firman-Nya, Amat besar kebencian di sisi Allah bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tidak kamu kerjakan.’’ (Al-Shaf: 3). ‘’Mengapa kamu suruh orang lain (mengerjakan) kebaktian, sedang kamu melupakan diri (kewajiban)mu sendiri. Padahal kamu membaca AL-kitab, maka tidaklah kamu berpikit? (QS. Al-Baqoroh: 44).

Imam Syafi’i pernah berujar,’’ Tidaklah disebut ilmu apa yang hanya dihafal, tetapi ilmu adalah apa yang diaktualisasikan dalam adab yang memberikan manfaat.’’ Mendengar hal ini penting kiranya untuk berinstropeksi tentang sejauhmana Ilmu yang kita miliki telah diamalkan? Jangan sampai ilmu itu hanya membuat kita pandai mengisi ujian atau bahkan hanya cakap berbicara tapi tidaj dengan tindakan.

Dalam salah satu penggalan puisi arab, Abu Al-Atiyah berkata,’’ Kamu mensifati dirimu dengan ketakwaan seolah-olah kamu memiliki ketakwaan akan tetapi wangi keburukan tercium dari pakaianmu yang begitu menyengat. Ilmu yang dimiliki oleh manusia akan menjadi kemuliaan kelak di akhirat jika ia menjadikannya perhiasan bagi akhlaknya. Namun sebaliknya, jika ia lupa akan dirinya, ia akan mendapati ilmunya itu menjadi senjata yang akan melukai tuannya.

Dalam suatu hadits dikemukakan,’’ Kaki anak Adam tidaklah bergeser pada hari kiamat dari sisi Rabbnya sehingga ditanya tentang lima hal, tentang umurnya untuk apa dia habiskan, tentang masa mudanya untuk apa dia pergunakan, tentang hartanya dari mana dia peroleh dan kemana dia infakan dan tentang apa yang telah dia lakukan dengan ilmunya (HR. Tirmidzi)

Saudaraku apa yang telah kita lakukan dengan ilmu yang kita miliki, adakah kita telah membagi dan mengamalkannya? Adakah kita telah menjadikan ia sebagai media untuk mendekatkan diri kepada Allah? adakah dengannya kita menjadi lebih merunduk dan takut pada Allah Swt.? ataukah kita hanya menjadikannya sebagai alat untuk mencapai ambisi dunia?

Saudaraku, ada sebuah doa yang dapat kita panjatkan untuk meminta perlindungan dari keburukan segala amal yang kita lakukan. Renungkanlah doa ini: Ya Allah ya Tuhanku, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan, kemalasan, ketakutan, kekikiran, kepikunan dan siksa kubur. Ya Allah ya Tuhanku, berikanlah ketakwaan kepada jiwaku, sucikanlah ia , sesungguhnya Engkaulau sebaik-baik Dzat yang dapat mensucikannya, Engkaulah yang menguasai dan menjaganya. Ya Allah ya Tuhanku, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari ilmu yang tidak berguna, hati yang tidak khusyu, diri yang tidak pernah puas dan doa yang tidak terkabulkan. (HR. Muslim)

Barang kali amal adalah muara dari ilmu, bukan hanya tau tentang keharusan untuk bersabar tapi mampu menjadi orang yang penyabar, bukan hanya tau tentang bagaimana hidup bersih tapi mengupayakan kebersihan hidup, bukan hanya tau tentang pentingnya kejujuran tapi mampu memupuk sikap jujur dalam kehidupan. Inilah barang kali yang dinamakan hubungan ilmu dan amal yang selaras.

Hubungan ilmu dan amal ini mengingatkan saya tentang bagaimana orang dengan ilmunya menjadi lebih beradab atau sekurang-kurangnya menjadi manusia yang berkarakter. Barang kali kita tahu bahwa Thomas Lickona mengatakan bahwa karakter adalah value ini action atau nilai dalam tindakan. Maka ilmu didalamnya terkandung berbagai nilai harusnya mengarahkan manusia menuju kualitas karakter yang baik karena adanya pengamalan dari ilmu tentang baik buruk serta benar salah.

Hadirin yang berbahagia Semoga kita dimampukan untuk dapat mengamalkan setiap ilmu yang telah kita miliki. Semoga ilmu-ilmu itu tidak hanya sampai pada otak kita saja melainkan sampai nurani dan menjadi media yang dapat membuat kita lebih takut, berharap, merunduk dan dekat kepada sang Pencipta. Demikianlah yang dapat saya sampaikan, kurang dan lebihnya mohon dimaklumi dan dimaafkan. Billahi Taufik Wal Hidayah Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh



beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

Secara harfiah, pidato singkat yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato persuasif tersebut. Kemampuan pidato persuasif atau berbicara yang baik di depan umum juga dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato bahasa indonesia singkat sendiri ada banyak, seperti:  naskah pidato kenegaraan, teks pidato menyambut hari besar, pidato singkat pembangkit semangat, pidato singkat sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi hendaknya diperhatikan serta harus percaya diri menyampaikan isi dari contoh pidato singkat, agar orang yang melihat pidato singkat pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato bahasa indonesia singkat yang disampaikan.



5+ Contoh Teks Pidato Singkat dengan Berbagai Tema , 18 Contoh Pidato Singkat Terbaru Tentang Berbagai Topik, 3 Contoh Pidato Singkat dari Berbagai Topik , 14 Contoh Pidato Singkat, Persuasif Perpisahan Pendidikan,12 Contoh Pidato, Naskah / Teks Pidato Yang Baik Dan Benar,  CONTOH PIDATO SINGKAT - Mudah Dihafal Tugas Sekolah, √ 9 Contoh Teks Ceramah Singkat (Berbagai Topik), Teks Pidato Singkat Mengenai Perjuangan Para Pendiri Bangsa, 5 Contoh Pidato Singkat Tentang Pendidikan [Mudah Dihafal], contoh pidato tentang lingkungan, contoh pidato yang menarik dan tidak membosankan, contoh pidato tentang disiplin, contoh pidato pendidikan, contoh pidato persuasif tentang kesehatan, contoh pidato perpisahan, contoh pidato singkat tentang pendidikan, contoh pidato ilmiah, 7 Cara Membaca Naskah Pidato ✔️Yang Benar,Naskah Pidato Singkat Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-75, Pidato - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas,
5+ Contoh Pidato Singkat Bahasa Indonesia, Contoh Teks Pidato Singkat (terlengkap) ,
21+ Contoh Teks Pidato Singkat dan Menarik, 5+ Contoh Pidato Bahasa Indonesia dengan Berbagai Tema,

Selalu Kunjungin Selalu Jagoberpidato.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru dan Kutbah Jumat Terbaru.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Pidato Singkat Tentang Hubungan Ilmu dan Amal Terbaru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel