Contoh Pidato Tentang Perpisahan Kelas 6 SD Dalam Bahasa Sunda

Pidato Bahasa Sunda – Pidato yang dibuat dalam bahasa Sunda dinamakan biantara. Isinya kurang lebih sama dengan jenis pidato lainnya, yang dibuat dan disampaikan dalam bahasa Indonesia. Pidato dalam bahasa sunda juga bertujuan untuk menyampaikan suatu gagasan, kepada banyak orang atau di khalayan umum. Namun isi dari pidato itu sendiri, tetap harus memiliki tujuan yang jelas.

Karena ketika kita berbicara di depan orang banyak, tentu kita harus memiliki arah pembicaraan yang jelas. Jangan sampai orang yang mendengarkan tidak merasa jelas atau paham atas apa yang disampaikan. Penyampaian pidato bahasa Sunda tentu harus disesuaikan dengan tempatnya, karena penonton harus paham apa yang sedang dibicarakan.

Selain memberikan gagasan atau ide, pidato juga harus memiliki tujuan yang jelas, mau dibawa kemana arah pembicaraan, kita juga bisa memberikan gambaran mengenai suatu peristiwa yang cukup penting untuk dibahasa atau disampaikan.

Ketika kita berbicara di depan banyak orang tentunya harus ada tujuan yang jelas, untuk apa kita berbicara, jangan sampai orang yang mendengarkan merasa kurang jelas terhadap apa yang kita sampaikan kepada mereka. Paling minimal kita berbicara didepan sekitar 10 hingga 20 orang, karena jika terlalu sedikit yang dikhawatirkan informasi tidak tersebar secara merata.

Sebelum kita berikan contoh pidato bahasa Sunda, mari kita telusuri lebih jauh lagi tentang pidato bahasa Sunda ini mulai dari pengertian pidato bahasa Sunda, struktur pidato bahasa Sunda serta hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dalam pidato bahasa Sunda.

Buat kamu yang berada di Domisili Jawa Tengah dan Jawa Timur, kamu juga bisa membelajari pidato bahasa Jawa yang mudah untuk dipahami.

Untuk pidato bahasa Sunda sendiri terdapat istilah lain yakni “Biantara Bahasa Sunda”. Jadi kamu jangan bingun jika pada artikel ini banyak menemukan istilah biantara bahasa Sunda, karena secara arti antara biantara bahasa Sunda atau pidato bahasa Sunda itu sama saja.Banyak sekali tema atau topik yang bisa kamu angkat terkait pidato bahasa Sunda ini, biasanya tema yang diangkat ini sesuai dengan target audience atau dalam rangka memperingati hari besar. Contohnya saja tema yang biasa diangkat adalah pidato bahasa Sunda tentang acara 17 Agustusan, tentang kebersihan lingkungan, tentang Maulid Nabi.

 

Naskah Biantara (Pidato) Bahasa Sunda

Tujuan dari pidato dalam bahasa sunda sendiri pada dasarnya sama saja seperti dengan pidato bahasa-bahasa lain pada umumnya. Tujuan dari pidato antara lain adalah untuk:

  • Mempengaruhi orang lain agar mau mengikuti kemauan kita dengan suka rela.
  • Memberi suatu pemahaman atau informasi pada orang lain.
  • Membuat orang lain senang dan menghibur, sehingga orang lain merasa puas dengan pidato yang kita sampaikan.

 

CONTOH PIDATO BAHASA SUNDA SINGKAT

 


Assalamualaikum wr wb..      Sadaya puji disanggakeun ka Gusti Allah SWT, Rohmat sinareng salam mugia di curahkeun ka junjungan urang sadaya Nabiyullah Muhammad SAW. Para kulawargina, para shahabatna sareng umatna anu satia dugi ka akhir zaman.


    Para Hadirin sadaya


    Urang sadaya ngayakinkeun, yen sadaya jalmi nalika dilahirkeun estuning bodo, teu tiasa sareng henteu terang nanaon, henteu tiasa nyarios-nyarios acan. Nanging sanaos kitu, jalmi teh dilahirkeun ka alam dunya ngemban tugas ti Gusti Allah SWT janten Khalifah (Pamimpin) di alam dunya.

    Jalaran tugas urang sadaya salaku Khalifatulloh, tangtosna urang sadaya kedah mempersiapkeun diri urang ku elmu anu manfaat, margi pami urang bodo tangtos dunya teh bakal ancur.

    Salami genep taun urang sasarengan nyukcruk elmu dina raraga nyumponan kawajiban urang kaluar tina kabodoan. Tangtosna dina salami urang sasarengan seueur pisan dina tata ucap, sikap laku lampah pribados anu teu saluyu sareng manah para wargi sadaya pribados bade neda sing hapunten tina samudaya kalepatan lahir sinareng bathin.

    Terutami ka bapak guru anu salami ieu parantos ngabimbing urang sadaya, mugia kasabaran sareng kaikhlasan bapak sareng ibu guru salami ieu kengeng pangwales ti Allah SWT ku pahala anu berlipat ganda. Amin

    Salajengna dina raraga perpisahan ieu abdi sadaya neda pidua tinu janten sepuh mugia abdi sadaya sing dijantenkeun jalmi anu sholeh sareng sholehah, manfaat kanggo umat, salamet dunya akherat. Amin ya Robbal alamin

    Sakitu wae anu tiasa ku sim abdi pihatur, hatur nuhun kana waktosna. Akhirul kalam, hayu urang tingkatkeun tekad urang kanggo tholabul ilmi kanu langkung luhur disarengan ku niat ikhlas karena Allah supados Barokah pinuh ku rahmat Allah SWT.

    Saninten buah saninten, Saninten di kalapaan..

     Hapunten abdi hapunten, Tina samudaya kalepatan..
    Billahi fie sabilil haq.
Wassalamualaikum wr, wb


Kumpulan Contoh Teks Pidato Bahasa Sunda Berbagai Tema

Berikut adalah kumpulan berbagai tema contoh teks Pidato Bahasa Sunda yang menarik untuk Semua Kalangan. Yuk, silahkan pilih tema Pidato yang sesuai dibawah ini:

 

 pidato bahasa sunda, contoh pidato bahasa sunda, pidato perpisahan kelas 6 bahasa sunda, pidato bahasa sunda tentang pendidikan, pidato bahasa sunda singkatpidato bahasa sunda tentang perpisahan kelas 6, pidato bahasa sunda perpisahanpidato singkat bahasa sunda, teks pidato bahasa sunda, pidato bahasa sunda tentang perpisahan dan artinya, pidato bahasa sunda tentang narkoba, bahasa sunda singkat tentang agama, pidato bahasa sunda tentang perpisahan, pidato bahasa sunda singkat padat jelas, pidato perpisahan bahasa sunda, pidato bahasa sunda tentang kebersihan,contoh pidato perpisahan bahasa sunda, pidato perpisahan bahasa sunda paturay tineung, pidato bahasa sunda tentang guru, pidato bahasa sunda tentang pentingna nyiar elmu,contoh pidato bahasa sunda singkat, pidato bahasa sunda tentang lingkungan,pidato bahasa sunda tentang kesehatan, pidato bahasa sunda singkat tentang sabar,pidato bahasa sunda tentang sabar, pidato bahasa sunda dan artinya, pidato serah terima pengantin bahasa sunda lucu, contoh pidato bahasa sunda tentang perpisahan,pembukaan pidato bahasa sunda,

 

 Contoh Pidato Bahasa Sunda Singkat Terbaru dan Terlengkap, Pidato Bahasa Sunda (Biantara) Beserta Contoh Tentang Pendidikan, Perpisahan, Kebersihan, Kesehatan dan Lainnya, pidato bahasa sunda tentang sabar, contoh pidato bahasa sunda tentang perjuangan, pidato bahasa sunda panjang, pidato bahasa sunda tentang corona, contoh pidato bahasa sunda lucu dan menghibur, pidato bahasa sunda singkat tentang agama, pidato bahasa sunda tentang perpisahan, pidato bahasa sunda dan artinya,

Belum ada Komentar untuk "Contoh Pidato Tentang Perpisahan Kelas 6 SD Dalam Bahasa Sunda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel