Contoh Pidato Tentang Bencana Alam Terbaru | Kumpulan Pidato


Contoh Teks Pidato  – Pidato memiliki artian umum sebagai suatu kegiatan yang bertujuan untuk menyampaikan gagasan dengan menggunakan lisan pada masyarakat umum. Namun ada juga yang menyatakan bahwa pidato merupakan suatu aktivitas yang dilakukan untuk mengungkapkan pikiran, ide, maupun gagasan secara lisan.

Pidato sendiri merupakan suatu kegiatan yang dilakukan dengan berorasi di depan umum dalam rangka menyampaikan pendapat atau gagasan terhadap suatu hal atau kondisi yang sedang berkembang saat ini.Pidato sangat penting dilakukan karena bertujuan untuk menyampaikan pesan kepada pihak lain yang akan dituju, baik secara langsung maupun secara tidak langsung. Pesan yang disampaikan secara langsung, biasanya dalam bentuk suatu imbauan dan ajakan. Sedangkan, pesan yang disampaikan secara tidak langsung, pada umumnya tersirat di dalam setiap pernyataan yang disampaikan dalam pidato.

Pidato dapat juga disebut dengan orasi. Orator merupakan seorang individu yang sedang menyampaikan pidato. Individu tersebut berbicara secara langsung pada pembicara, di atas podium atau mimbar untuk menyampaikan isi yang dibicarakan pada pendengar.

Pada teks pidato hal wajib yang ada di dalamnya adalah pembuka kemudian isi dan yang terakhir ada penutup. Pada bagian isi, teks pidato berbeda-beda disesuaikan konteksnya. Misalnya, jika pidato ketika acara peringatan hari kartini maka isi dari pidato yang disampaikan adalah tentang hal yang berkaitan dengan hari kartini.

Terdapat banyak macam-macam teks pidato dengan judul berbeda-beda. Bagi yang sedang mencari referensi mengenai contoh dari teks pidato maka penting untuk membaca penjelasan yang akan ditulis di bawah ini. Langsung saja perhatikan contoh-contoh teks pidato sebagai berikut.


.
Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh..

اَلْحَمْدُ لِلّهِ رَبِّ اْلعَاَلَمِيْنَ . وَبِهِ نَسْتَعِيْنُ عَلَي أُمُوْرِا لدُّ نْيَا وَا لدِّ يْنٍ . وَعَلَيْ آ لِهٍ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ

"ALHAMDU LILLAHI RABBIL'ALAMIN WABIHI NASTA'INU'ALA UMURID DUNYA WADDIN WA'ALA ALIHI WASHAHBIHI AJMA'IN"


Sebelum kita memulai pidato pada kesempatan ini , maka pertama-tama saya mengajak kepada hadirin sekalian untuk terlebih dahulu kita memanjatkan puji syukur Alhamdulilah kehadirat Allah SWT yang telah memperkenankan kita semuanya disini untuk berkumpul dan bersilaturahmi di acara yang penuh barokah ini. tak lupa juga shalawar serta salam tentunya akan selalu kita haturkan kepada nabi junjungan kita nabi Muhammad SAW yang telah memberikan petunjuk sehingga kita menjadi umatNYa yang akan selamat dunia dan akherat.

Jamaah pengajian yang berbahagia.

Beberapa waktu terakhir ini negara kita Indonesa seringkali dilanda dengan bancana alam, mulai dari tsunami, gunung meletus, tanah longsong, banjir dan bahkan yang baru-baru ini adalah bencana asap pekat yang melanda wilayah Sumatra dan Kalimantan akibat banyaknya kebakaran hutan. Akhirnya beragam speskulasi dan teori pun muncul tentang penyebab dari munculnya bencana-bencana tersebut mulai dari akibat penggundulan hutan, pembuangan sampah yang tidak pada tempatnya, penyalahagunaan lahan bahkan hingga isu global warming. Namun yang pasti hampir semua mengarah kepada perilaku buruk umat manusia.

Sebenarnya jika kita mau mengkaji, munculnya bencana yang ada sekaranag akibat perilaku umat manusia tersebut telah tertulis sejak lama dalam AL Quran tepatnya dalam QS AN Nisa ayat 79 :

"apa saja nikmat yang kamu peroleh adalah dari Allah, dan apa saja bencana yang menimpamu, Maka dari (kesalahan) dirimu sendiri. Kami mengutusmu menjadi Rasul kepada segenap manusia. dan cukuplah Allah menjadi saksi"

Melihat ayat tersebut kita sadar betul bahwa apa-apa yang indah dan nyaman yang kita rasakan dengan adanya alam, dan sebaliknya munculnya berbagai hal yang tidak enak seperti bencana, tidak lain dan tidak bukan tentunya semua adalah akibat dari apa yang kita lakukaan selama ini. dan jika sekarang ini banyak bencana alam maka bisa dipastikan hal tersebut memang karena ulah manusianya saja yang terlalu rakus dalam mengambil segala sesuatu yang ada di alam demi memenuhi kebutuhan.

Jamaah pengajian yang berbahagia.

Dengan banyaknya bencana yang melanda memang telah memberikan banyak sekali kerugian baik berupa fisik maupun psikis. Sehingga melihat hal tersebut tentunya kita harus merenung dan mulai menelaah dan pastinya mulai berbenah untuk kembali membuatnya alam sebagai sahabat, sehingga bencana pun tidak akan kembali terjadi.

Jamaah pengajian yang berbahagia.

Kiranya cukup sekian saja yang dapat saya sampaikan. Apabila ada kesalahan, tentunya dengan kerendahan hati, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.. Billahi Taufik Wal Hidayah Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh



beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

Secara harfiah, pidato singkat yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato persuasif tersebut. Kemampuan pidato persuasif atau berbicara yang baik di depan umum juga dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato bahasa indonesia singkat sendiri ada banyak, seperti:  naskah pidato kenegaraan, teks pidato menyambut hari besar, pidato singkat pembangkit semangat, pidato singkat sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi hendaknya diperhatikan serta harus percaya diri menyampaikan isi dari contoh pidato singkat, agar orang yang melihat pidato singkat pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato bahasa indonesia singkat yang disampaikan.


Kumpulan Contoh Teks Pidato Berbagai Tema

Berikut adalah kumpulan berbagai tema contoh teks Pidato Bahasa Indonesia yang menarik untuk Semua Kalangan. Yuk, silahkan pilih tema Pidato yang sesuai dibawah ini:


5+ Contoh Teks Pidato Singkat dengan Berbagai Tema , 18 Contoh Pidato Singkat Terbaru Tentang Berbagai Topik, 3 Contoh Pidato Singkat dari Berbagai Topik , 14 Contoh Pidato Singkat, Persuasif Perpisahan Pendidikan,12 Contoh Pidato, Naskah / Teks Pidato Yang Baik Dan Benar,  CONTOH PIDATO SINGKAT - Mudah Dihafal Tugas Sekolah, √ 9 Contoh Teks Ceramah Singkat (Berbagai Topik), Teks Pidato Singkat Mengenai Perjuangan Para Pendiri Bangsa, 5 Contoh Pidato Singkat Tentang Pendidikan [Mudah Dihafal], contoh pidato tentang lingkungan, contoh pidato yang menarik dan tidak membosankan, contoh pidato tentang disiplin, contoh pidato pendidikan, contoh pidato persuasif tentang kesehatan, contoh pidato perpisahan, contoh pidato singkat tentang pendidikan, contoh pidato ilmiah, 7 Cara Membaca Naskah Pidato ✔️Yang Benar,Naskah Pidato Singkat Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-75, Pidato - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas,
5+ Contoh Pidato Singkat Bahasa Indonesia, Contoh Teks Pidato Singkat (terlengkap) , 21+ Contoh Teks Pidato Singkat dan Menarik, 5+ Contoh Pidato Bahasa Indonesia dengan Berbagai Tema,

Selalu Kunjungin Selalu Jagoberpidato.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru dan Kutbah Jumat Terbaru.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Pidato Tentang Bencana Alam Terbaru | Kumpulan Pidato"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel