Contoh Naskah Pidato Tentang Kemerdekaan


Contoh Teks Pidato  – Pidato merupakan kegiatan berbicara yang dilakukan oleh seseorang dengan tujuan menyampaikan suatu hal. Biasanya kegiatan tersebut dilakukan oleh seseorang untuk berorasi di depan khalayak ramai. Hal yang disampaikan dalam berpidato merupakan suatu ide ataupun gagasan. Agar bisa lebih jelasnya perlu untuk memahami beberapa contoh teks pidato singkat.

Pada teks pidato hal wajib yang ada di dalamnya adalah pembuka kemudian isi dan yang terakhir ada penutup. Pada bagian isi, teks pidato berbeda-beda disesuaikan konteksnya. Misalnya, jika pidato ketika acara peringatan hari kartini maka isi dari pidato yang disampaikan adalah tentang hal yang berkaitan dengan hari kartini.

Terdapat banyak macam-macam teks pidato dengan judul berbeda-beda. Bagi yang sedang mencari referensi mengenai contoh dari teks pidato maka penting untuk membaca penjelasan yang akan ditulis di bawah ini. Langsung saja perhatikan contoh-contoh teks pidato sebagai berikut.


.
Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh..

اَلْحَمْدُ لِلّهِ رَبِّ اْلعَاَلَمِيْنَ . وَبِهِ نَسْتَعِيْنُ عَلَي أُمُوْرِا لدُّ نْيَا وَا لدِّ يْنٍ . وَعَلَيْ آ لِهٍ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ

"ALHAMDU LILLAHI RABBIL'ALAMIN WABIHI NASTA'INU'ALA UMURID DUNYA WADDIN WA'ALA ALIHI WASHAHBIHI AJMA'IN"


Tak ada ungkapan yang paling pantas yang akan kita haturkan kehadirat Allah SWT selain ungkapan rasa syukur KepadaNya. Karena berkat rahmat dan karuniaNya lah kita semua sekarang ini dapat mengenyam kemerdekaan dan terlepas dari segala belenggu penjajah yang dahulu pernah menjajah bangsa kita ini hingga beratus-ratus tahun. Tak lupa juga shalawat serta salam marilah senantiasa kita haturkan kepada junjungan kita nabi besar Muhammad SAW yang telah mengentaskan kita dari jaman kebobrokan yaitu jaman jahiliyah.

Hadirin, umat Islam yang dirahmati dan dimuliakan oleh Allah SWT.

Dalam memperoleh kemerdekaan bangsa kita, peran pemuda memang tak bisa kita pungkiri. Semangat generasi muda yang sedang dalam puncaknya memang telah memberikan dorongan yang sangat kuat untuk bangsa kita merebut kemerdekaan dari tangan para penjajah. Sejarah kita telah membuktikan bagaimana peran pemuda-pemuda bangsa kita turut bersatu menyingsingkan lengan baju untuk memperoleh kemerdekaan. masa muda generasi muda kita terdahulu benar-benar dihabiskan untuk memikirkan cara bagaimana bangsa ini dapat terlepas dari tangan penjajah. Belum lagi, setelah akhirnya mampu merebut kemerdekaan, lagi-lagi generasi muda kita kembali menunjukkan giginya dengan merobohkan pemerintahan Soeharto di tahun 1998 yan telah berkuasa hingga lebih dari 50 tahun.

Hadirin, umat Islam yang dirahmati dan dimuliakan oleh Allah SWT.

Kini, generasi muda berada dalam kondisi yang telah merdeka, dimana hari-hari mereka tak tak lagi dicemaskan tentang bagimana pertempuran melawan penjajah, dimana para pemudanya tak lagi khawatir tentang bagaimana cara membuat bangsa kita ini terlepas dari penjajah. Generasi muda kita sekarang ini telah hidup pada zaman yang aman, nyaman dan bebas dari peperangan. Bahkan generasi muda kita sekarang ini tak lagi perlu bersembunyi ketika ingin menuntut ilmu semau mereka. sehingga, tentunya peran pemuda sekarang dengan pemuda ketika masih zaman penjajahan tentunya berbeda. Sekarang ini yang lebih penting adalah tentang bagaimana generasi muda kita mampu mengisi kemerdekaan yang telah berhasil direbut oleh generasi muda terdahulu dengan cara yang layak dan bijak.

Generasi muda sekarang tak pelu menghunus tombak untuk dapat menunjukkan bukti cinta tanah air mereka. cukup dengan melakukan berbagai kegiatan positif yang berpikiran maju, cukup dengan berperilaku baik, cukup dengan sadar ilmu, cukup dengan menjauhi narkoba, cukup menciptakan berbagai kreatifitas yang mampu menginspirasi banyak orang, cukup menjadi pribadi yang kreatif, cukup menjadi generasi muda yang kritis dan cukup menjadi pemuda yang berakhlak karimah. Jika semua generasi muda kita cukup melakukan hal-hal tersebut, maka bukan menjadi hal yang mustahil jika kita benar-benar akan mampu mewujudkan cita-cita para pahlawan kita diawal kemerdekaan. dan bukan menjadi hal yang sulit untuk bangsa kita menjadi bangsa yang besar dan beradab. Karena pemuda adalah tonggak kemajuan sebuah bangsa.

Hadirin, umat Islam yang dirahmati dan dimuliakan oleh Allah SWT.

Kiranya hanya sekian saja yang dapat saya sampaikan. Mohon maaf bila banyak kata-kata yang kurang berkenan.. Billahi Taufik Wal Hidayah Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh



beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

Secara harfiah, pidato singkat yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato persuasif tersebut. Kemampuan pidato persuasif atau berbicara yang baik di depan umum juga dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato bahasa indonesia singkat sendiri ada banyak, seperti:  naskah pidato kenegaraan, teks pidato menyambut hari besar, pidato singkat pembangkit semangat, pidato singkat sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi hendaknya diperhatikan serta harus percaya diri menyampaikan isi dari contoh pidato singkat, agar orang yang melihat pidato singkat pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato bahasa indonesia singkat yang disampaikan.



5+ Contoh Teks Pidato Singkat dengan Berbagai Tema , 18 Contoh Pidato Singkat Terbaru Tentang Berbagai Topik, 3 Contoh Pidato Singkat dari Berbagai Topik , 14 Contoh Pidato Singkat, Persuasif Perpisahan Pendidikan,12 Contoh Pidato, Naskah / Teks Pidato Yang Baik Dan Benar,  CONTOH PIDATO SINGKAT - Mudah Dihafal Tugas Sekolah, √ 9 Contoh Teks Ceramah Singkat (Berbagai Topik), Teks Pidato Singkat Mengenai Perjuangan Para Pendiri Bangsa, 5 Contoh Pidato Singkat Tentang Pendidikan [Mudah Dihafal], contoh pidato tentang lingkungan, contoh pidato yang menarik dan tidak membosankan, contoh pidato tentang disiplin, contoh pidato pendidikan, contoh pidato persuasif tentang kesehatan, contoh pidato perpisahan, contoh pidato singkat tentang pendidikan, contoh pidato ilmiah, 7 Cara Membaca Naskah Pidato ✔️Yang Benar,Naskah Pidato Singkat Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-75, Pidato - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas,
5+ Contoh Pidato Singkat Bahasa Indonesia, Contoh Teks Pidato Singkat (terlengkap) ,
21+ Contoh Teks Pidato Singkat dan Menarik, 5+ Contoh Pidato Bahasa Indonesia dengan Berbagai Tema,

Selalu Kunjungin Selalu Jagoberpidato.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru dan Kutbah Jumat Terbaru.

Belum ada Komentar untuk " Contoh Naskah Pidato Tentang Kemerdekaan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel