Contoh Naskah Pidato Tentang Bahaya Merokok untuk Kesehatan Terbaru


Contoh Teks Pidato  – Pidato memiliki artian umum sebagai suatu kegiatan yang bertujuan untuk menyampaikan gagasan dengan menggunakan lisan pada masyarakat umum. Namun ada juga yang menyatakan bahwa pidato merupakan suatu aktivitas yang dilakukan untuk mengungkapkan pikiran, ide, maupun gagasan secara lisan.

Pidato sendiri merupakan suatu kegiatan yang dilakukan dengan berorasi di depan umum dalam rangka menyampaikan pendapat atau gagasan terhadap suatu hal atau kondisi yang sedang berkembang saat ini.Pidato sangat penting dilakukan karena bertujuan untuk menyampaikan pesan kepada pihak lain yang akan dituju, baik secara langsung maupun secara tidak langsung. Pesan yang disampaikan secara langsung, biasanya dalam bentuk suatu imbauan dan ajakan. Sedangkan, pesan yang disampaikan secara tidak langsung, pada umumnya tersirat di dalam setiap pernyataan yang disampaikan dalam pidato.

Pidato dapat juga disebut dengan orasi. Orator merupakan seorang individu yang sedang menyampaikan pidato. Individu tersebut berbicara secara langsung pada pembicara, di atas podium atau mimbar untuk menyampaikan isi yang dibicarakan pada pendengar.

Pada teks pidato hal wajib yang ada di dalamnya adalah pembuka kemudian isi dan yang terakhir ada penutup. Pada bagian isi, teks pidato berbeda-beda disesuaikan konteksnya. Misalnya, jika pidato ketika acara peringatan hari kartini maka isi dari pidato yang disampaikan adalah tentang hal yang berkaitan dengan hari kartini.

Terdapat banyak macam-macam teks pidato dengan judul berbeda-beda. Bagi yang sedang mencari referensi mengenai contoh dari teks pidato maka penting untuk membaca penjelasan yang akan ditulis di bawah ini. Langsung saja perhatikan contoh-contoh teks pidato sebagai berikut.


.
Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh..

اَلْحَمْدُ لِلّهِ رَبِّ اْلعَاَلَمِيْنَ . وَبِهِ نَسْتَعِيْنُ عَلَي أُمُوْرِا لدُّ نْيَا وَا لدِّ يْنٍ . وَعَلَيْ آ لِهٍ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ

"ALHAMDU LILLAHI RABBIL'ALAMIN WABIHI NASTA'INU'ALA UMURID DUNYA WADDIN WA'ALA ALIHI WASHAHBIHI AJMA'IN"


Selamat pagi para hadirin dan juga teman-teman sekalian, puji syukur saya panjatkan kepada Tuhan Yang maha Esa berkat rahmatnya kita semua dapat berkumpul pada hari ini. Pertama-tama saya ucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan pada saya hari ini untuk menyampaikan satu dua patah tentang bahaya merokok khususnya bagi anak-anak dibawah umur.

Seperti yang sering kita temui di dunia maya ataupun dunia nyata, banyak sekali masyarakat yang tidak bisa lepas dari ketergantungan rokok. Bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa bukan hanya orang dewasa, namun juga anak-anak kecil. Mereka sudah mengenal rokok, bahkan sudah mencobanya tanpa ada rasa takut dan memikirkan kesehatan di tubuh mereka nantinya. Ada pula sebagian dari perokok mengetahui bahaya dan akibat dari merokok, tetapi mereka seakan akan tidak peduli dengan bermacam-macam alasan untuk tetap merokok. Padahal mereka tahu rokok itu sangat berbahaya bagi kesehatan dan hidup mereka nantinya/

Bagi kebanyakan pelajar, mulai merokok disebabkan oleh faktor lingkungan sekitar. Contohnya, pelajar tersebut merasa gengsi kepada temannya karena dia tidak merokok sehingga dia pun mulai mencoba untuk merokok dan akhirnya malah keasyikan. Kebanyakan pelajar juga beranggapan bahwa dengan merokok dirinya merasa lebih hebat dan ditakuti. Padahal, jika dia tidak hati-hati, rokok adalah awal dari terjerumusnya seseorang pada narkoba.

Rokok termasuk zat adiktif karena dapat menyebabkan adiksi (ketagihan) dan dependensi (ketergantungan) bagi orang yang menghisapnya. Dengan kata lain, rokok termasuk golongan NAPZA (Narkotika, Psikotropika, Alkohol, dan Zat Adiktif). Setiap batang rokok mengandung lebih dari 4000 jenis bahan kimia berbahaya bagi tubuh. Empat ratus diantaranya bisa berefek racun, sedangkan 40 diantaranya bisa mengakibatkan kanker. Rokok juga menghasilkan asap yang mengandung berbagai zat kimia yang berbahaya.

Menghirup asap rokok sama halnya dengan memasukkan racun kedalam tubuh kita. Banyak sekali penyakit yang ditimbulkan dari asap rokok. Kebiasaan merokok bukan saja menggangu si perokok tetapi juga menggangu orang-orang disekitarnya.

Di dalam asap rokok terdapat zat-zat kimia yang berbahaya, diantaranya nikotin dan tar. Nikotin merupakan racun saraf yang potensial dan biasanya digunakan sebagai bahan baku berbagai jenis insektisida. Pada konsentrasi rendah zat ini sudah dapat membuat seseorang ketagihan. Selanjutnya adalah tar. Tar adalah kumpulan dari beribu-ribu bahan kimia yang terdapat didalam asap rokok dan bersifat karsinogen atau dapat menyebabkan kanker. Pada saat rokok dihisap tar masuk kedalam rongga mulut sebagai uap, setelah dingin uap tadi akan menjadi padat dan mengendap berwarna coklat pada permukaan gigi, saluran pernafasan, dan paru-paru. Selain nikotin dan tar didalam rokok masih mengandung banyak zat-zat kimia berbahaya lainya.

Dengan berbagai fakta yang ada, bisa di simpulkan rokok adalah racun bagi kita semua. Rokok menimbulkan berbagai macam penyakit. Tidak ada penelitian jika merokok dapat membawa dampak positif. Oleh karena itu para hadirin sekalian, mulai sekarang kita harus saling membantu untuk menasehati para perokok, baik itu diri kita sendiri ataupun orang-orang di sekitar kita. Kepedulian kita dapat menyelamatkan banyak pihak, mulai dari perkok itu sendiri, orang-orang di sekitarnya, dan juga bumi kita. Dengan tidak adanya asap rokok, bumi kita bisa sediikit bernafas lega.

Baiklah para hadirin sekalian, sekian pidato dari saya hari ini. Saya harap kita semua semakin sadar akan bahaya merokok. Jangan sampai rokok menrengut nyawa orang-orang yang kita kasihi. Atas perhatian dan waktunya, saya ucapkan terima kasih.

. Billahi Taufik Wal Hidayah Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh



beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

Secara harfiah, pidato singkat yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato persuasif tersebut. Kemampuan pidato persuasif atau berbicara yang baik di depan umum juga dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato bahasa indonesia singkat sendiri ada banyak, seperti:  naskah pidato kenegaraan, teks pidato menyambut hari besar, pidato singkat pembangkit semangat, pidato singkat sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi hendaknya diperhatikan serta harus percaya diri menyampaikan isi dari contoh pidato singkat, agar orang yang melihat pidato singkat pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato bahasa indonesia singkat yang disampaikan.



5+ Contoh Teks Pidato Singkat dengan Berbagai Tema , 18 Contoh Pidato Singkat Terbaru Tentang Berbagai Topik, 3 Contoh Pidato Singkat dari Berbagai Topik , 14 Contoh Pidato Singkat, Persuasif Perpisahan Pendidikan,12 Contoh Pidato, Naskah / Teks Pidato Yang Baik Dan Benar,  CONTOH PIDATO SINGKAT - Mudah Dihafal Tugas Sekolah, √ 9 Contoh Teks Ceramah Singkat (Berbagai Topik), Teks Pidato Singkat Mengenai Perjuangan Para Pendiri Bangsa, 5 Contoh Pidato Singkat Tentang Pendidikan [Mudah Dihafal], contoh pidato tentang lingkungan, contoh pidato yang menarik dan tidak membosankan, contoh pidato tentang disiplin, contoh pidato pendidikan, contoh pidato persuasif tentang kesehatan, contoh pidato perpisahan, contoh pidato singkat tentang pendidikan, contoh pidato ilmiah, 7 Cara Membaca Naskah Pidato ✔️Yang Benar,Naskah Pidato Singkat Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-75, Pidato - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas,
5+ Contoh Pidato Singkat Bahasa Indonesia, Contoh Teks Pidato Singkat (terlengkap) , 21+ Contoh Teks Pidato Singkat dan Menarik, 5+ Contoh Pidato Bahasa Indonesia dengan Berbagai Tema,

Selalu Kunjungin Selalu Jagoberpidato.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru dan Kutbah Jumat Terbaru.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Naskah Pidato Tentang Bahaya Merokok untuk Kesehatan Terbaru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel