Contoh Khutbah Jum'at Tentang Mensyukuri Turun Hujan



 
Khutbah sholat jumat adalah salah satu rukun wajib saat melakukan sholat jumat, yang mana sholat jumat sendiri merupakan salah satu kewajiban bagi kaum muslim laki-laki. Mengerjakan sholat jumat ini hukumnya wajib atau fardu’ain.

Pelaksanaan ibadah sholat jumat dilakukan pada hari jumat memasuki waktu dzuhur. Ketika seseorang laki-laki sudah melaksanakan sholat jumat maka kewajiban sholat dzuhurnya pun digugurkan.Salah satu syarat sah pelaksanaan sholat jumat yaitu didahului dengan dua khutbah yang dilakukan sebelum sholat jumat.Khutbah jumat ini diadakan sebanyak dua kali yaitu khutbah pertama dan khutbah kedua yang dipisah dengan duduk oleh khotib.Khutbah jumat sendiri memiliki rukun yang wajib dipenuhi. Terdapat lima rukun khutbah jumat yang mana disyariatkan menggunakan Bahasa arab, dilakukan dengan tertib sesuai urutan dan berkesinambungan atau muawalah.


Hukum khotbah Jumat

Para ahli fikih berbeda pendapat mengenai hukum khotbah pada shalat Jumat, apakah termasuk syarat shalat sehingga shalat Jumat tidak sah tanpanya, atau sekadar sunah sehingga shalat Jumat tetap sah tanpanya. Berkenaan dengan hal ini, para ahli fikih terbagi ke dalam dua pendapat.
  • Pendapat pertama menyatakan bahwa khotbah merupakan syarat shalat Jumat. Pendapat ini adalah pendapat Hanafiah dan mayoritas Malikiah. Pendapat ini adalah pendapat yang sahih bagi mereka, demikian juga Syafi’iah dan Hanabilah.
Disebutkan dalam kitab Al-Hawi, “Hal ini merupakan pendapat seluruh ahli fikih selain Hasan Al-Bashri, karena ia menyelisihi pendapat ijma’; ia berkata, ‘Khotbah tidaklah wajib.’”
Disebutkan pula dalam kitab Al-Mughni, “… Kesimpulannya adalah bahwa khotbah merupakan syarat shalat Jumat; shalat Jumat tidak sah tanpanya, dan kami tidak mengetahui pendapat yang bertentangan kecuali pendapat Hasan.”
  • Pendapat kedua menyebutkan bahwa khotbah merupakan sunah Jumat. Ini merupakan pendapat Hasan Al-Bashri.
Pendapat ini juga diriwayatkan dari Imam Malik, demikian pula pendapat sebagian pengikutnya (Malikiah). Ibnu Hazm juga berpendapat demikian.
Tarjih: Pendapat yang kuat dalam permasalahan ini ialah pendapat pertama, bahwa khotbah merupakan syarat sah shalat Jumat. Bahkan, sebagian ulama menganggap hal ini menyerupai ijma’.



Tak Perlu Banyak Basa Basi silahkan Simak Kutbah Jumat di Bawah Ini:


.
الْحَمْدُ للهِ الَّذِي جَعَلَ فِي كُلِّ زَمَانٍ فَتْرَةً مِنَ الرُّسُلِ بَقَايَا مِنْ أَهْلِ الْعِلْمِ يَدْعُونَ مَنْ ضَلَّ إِلَى الْهُدَى وَيَصْبِرُونَ مِنْهُمْ عَلَى الْأَذَى، يُـحْيَونَ بِكِتَابِ اللهِ الـمَوْتَى وَيُبَصِّرُونَ بِنُورِ اللهِ أَهْلَ الْعَمَى، فَكَمْ مِنْ قَتِيْلٍ لِإِبْلِيْسَ قَدْ أَحْيَوْهُ وَكَمْ مِنْ ضَالٍّ تَائِهٍ قَدْ هَدَوْهُ فَمَا أَحْسَنَ أَثَرِهُم عَلَى النَّاسِ وَأَقْبَحَ أَثَرِ النَّاسِ عَلَيْهِمْ. يُنْفَوْنَ عَنْ كِتَابِ اللهِ تَـحْرِيفَ الغَالِّينَ وَانْتِحَالَ الـمُبْطِلِينَ وَتَأْوِيْلَ الجَاهِلِينَ الَّذِيْنَ عَقَدُوا أُلُوِيَّةَ البِدْعَةِ وَأَطْلَقُوا عِقَالَ الفِتْنَةِ فَهُمْ مَخْتَلِفُونَ فِي الكِتَابِ مُخَالِفُونَ لِلْكِتَابِ مُجْمِعُونَ عَلَى مُفَارَقَةِ الكِتَابِ يَقُولُونَ عَلَى اللهِ وَفِي اللهِ وَفِي كِتَابِ اللهِ بِغَيْرِ عِلْمٍ يَتَكَلَّمُونَ بِالـمُتَشَابِهِ مِنَ الكَلَامِ وَيُـخْدِعُونَ جُهَّالَ النَّاسِ بِمَا يُشْبِهُونَ عَلَيْهِمْ فَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ فِتَنِ الْمُضِلِّينَ، أَمَّا بَعْدُ


Hujan adalah sebuah berkah nikmat luar biasa membawa banyak barokah manfaat, walau terkadang juga dapat menimbulkan bencana. Tapi apapun itu pada akhirnya semua tergantung sikap kita dalam menanggapinya, apakah kita menganggapnya sebagai kebaikan atau keburukan. Tapi satu hal yang pasti, segala sesuatu yang terjadi sudah pasti atas kehendak Tuhan YME, oleh karena itu sudah dapat di pastikan adalah sebuah kebaikan. Lewat Contoh Khutbah Jum'at Tentang Mensyukuri Turun Hujan berikut ini, kita akan sama-sama memahami tentang hikmah dari sikap bersyukur terhadap turunnya air hujan.

Khutbah Pertama:

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى فَضْلِهِ وَإِحْسَانِهِ، أَحْمَدُهُ وَأَشْكُرُهُ وَأَسْتَعِيْنُهُ وَأَسْتَغْفِرُهُ، وَأَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، فِي رُبُوْبِيَتِهِ وَإِلَهِيَتِهِ وَأَسْمَائِهِ وَصِفَاتِهِ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّداً عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ، صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ، وَسَلَّمَ تَسْلِيْماً كَثِيْرًا.

أَمَّا بَعْدُ:

أَيُّهَا النَّاسُ، اِتَّقُوْا اللهَ تَعَالَى،

Ibadallah,

Jama'ah Jum'at yang dimuliakan Allah

Bertaqwalah kepada Allah sebenar-benarnya taqwa kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama islam.

Ketahuilah bahwa mensyukuri dapat memperbaharui berbagai karunia. Bersyukur merupakan menghormati berbagai karunia dan mengakui betapa besar karunia Allah yang dilimpahkan kepada hamba-hamba-Nya. Diantara salah satu bentuk bersyukur kepada Allah ketika mendapat karunia adalah dengan cara melakukan sujud syukur sebagaimana yang biasa dilakukan Oleh Nabi saw ketika mendapat anugrah atau ketika selamat dari bencana, maka beliau saw segera sujud sebagai tanda syukur kepada Allah. Di antaranya pula adalah memperpanjang shalat malam sampai kedua telapak kaki beliau saw bengkak. Ketika Aisyah bertanya: "Ya Rasulullah, mengapa engkau mempersulit dirimu seperti ini, padahal Allah telah memberimu ampun atas dosa-dosa mu yang terdahulu dan yang terkemudian?"

Sabda belia saw

"Wahai Aisyah, apakah aku tidak boleh menjadi orang yang berterima kasih"

Itulah kebiasaan Rasulullah saw ketika mendapat karunia. Allah memuji Nuh sebagai salah seorang hamba-Nya yang suka bersyukur. Demikian pula, Allah memuji Dawud dan Sulaiman yang diberi ilmu dan ketika keduanya mengucapkan syukur atas berbagai karunia yang diberikan kepada keduanya, Allah menyebut tanda syukur keduanya seperti berikut:

وَلَقَدْ آتَيْنَا دَاوُودَ وَسُلَيْمَانَ عِلْمًا ۖ وَقَالَا الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي فَضَّلَنَا عَلَىٰ كَثِيرٍ مِنْ عِبَادِهِ الْمُؤْمِنِينَ

"Dan sesungguhnya Kami telah memberi ilmu kepada Daud dan Sulaiman; dan keduanya mengucapkan: "Segala puji bagi Allah yang melebihkan kami dari kebanyakan hamba-hambanya yang beriman." (QS. An Naml: 15)

Demikian pula, ketika Allah memuji Nabi Yusuf yang diberi kedudukan, pengetahuan dan dikumpulkan kembali bersama ibu, bapak dan saudara-saudaranya, ketika ia merasa bahwa ia mendapat karunia dari Tuhannya, maka ia berkata:

۞ رَبِّ قَدْ آتَيْتَنِي مِنَ الْمُلْكِ وَعَلَّمْتَنِي مِنْ تَأْوِيلِ الْأَحَادِيثِ ۚ فَاطِرَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ أَنْتَ وَلِيِّي فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ ۖ تَوَفَّنِي مُسْلِمًا وَأَلْحِقْنِي بِالصَّالِحِينَ

"Ya Tuhanku, sesungguhnya Engkau telah menganugerahkan kepadaku sebahagian kerajaan dan telah mengajarkan kepadaku sebahagian ta'bir mimpi. (Ya Tuhan) Pencipta langit dan bumi. Engkaulah Pelindungku di dunia dan di akhirat, wafatkanlah aku dalam keadaan Islam dan gabungkanlah aku dengan orang-orang yang saleh. " (QS. Yusuf: 101)

Jama'ah Jum'at rahimakumullah

Para Nabi adalah suri taualadan yang baik, maka tirulah jejak mereka. Syukurilah karunia Allah dengan hati, lidah dan perbuatan kalian. Allah berjanji bahwa Dia akan memberi pahala yang besar bagi orang-orang yang bersyukur dan akan menyiksa dengan siksa yang pedih bagi mereka yang mengingkari segala karunia-Nya, seperti yang disebutkan dalam firman Allah berikut:

مَثَلُ الَّذِينَ كَفَرُوا بِرَبِّهِمْ ۖ أَعْمَالُهُمْ كَرَمَادٍ اشْتَدَّتْ بِهِ الرِّيحُ فِي يَوْمٍ عَاصِفٍ ۖ لَا يَقْدِرُونَ مِمَّا كَسَبُوا عَلَىٰ شَيْءٍ ۚ ذَٰلِكَ هُوَ الضَّلَالُ الْبَعِيدُ

"Orang-orang yang kafir kepada Tuhannya, amalan-amalan mereka adalah seperti abu yang ditiup angin dengan keras pada suatu hari yang berangin kencang. Mereka tidak dapat mengambil manfaat sedikitpun dari apa yang telah mereka usahakan (di dunia). Yang demikian itu adalah kesesatan yang jauh." (QS. Ibrahim: 18)

Adakalanya Allah menguji sebagian hamba-Nya dengan berbagai cobaan dan kesusahan, misalnya dengan musim paceklik yang berkepanjangan, agar mereka segera kembali bertaubat dan beribadah kepada Allah, sehingga dosa-dosa mereka di ampuni, karena tidak ada yang dapat menolong manusia ketika mendapat cobaan dan kesulitan, kecuali hanya Allah semata. Karena itu, manusia harus mensyukuri semua karunia Allah dan bersabar ketika menghadapi berbagai musibah-Nya, agar segala kesulitannya diganti dengan karunia-Nya, sehingga ia mau memuji dan bersyukur kepada Allah.

Di antara karunia Allah yang patut disyukuri adalah turunnya hujan. Setelah kebanyakan orang mengalami masa paceklik dan kekeringan yang berkepanjangan, sebab hanya Allah yang dapat menurunkan hujan setelah manusia putus asa ketika menghadapi masa paceklik.

Allah berfirman:
وَهُوَ الَّذِي يُنَزِّلُ الْغَيْثَ مِنْ بَعْدِ مَا قَنَطُوا وَيَنْشُرُ رَحْمَتَهُ ۚ وَهُوَ الْوَلِيُّ الْحَمِيدُ

"Dan Dialah Yang menurunkan hujan sesudah mereka berputus asa dan menyebarkan rahmat-Nya. Dan Dialah Yang Maha Pelindung lagi Maha Terpuji. " (QS.Asy-Syu'ara': 28)

Jama'ah jum'at rahimakumullah

Ketahuilah bahwa hujan adalah penyebab berbagai karunia, rizki, kesabaran dan kebahagiaan. Abdullah ibnu Abbas ra menafsirkan firman Allah:

وَفِي السَّمَاءِ رِزْقُكُمْ وَمَا تُوعَدُونَ

" Dan di langit terdapat (sebab-sebab) rezekimu dan terdapat (pula) apa yang dijanjikan kepadamu. "(QS. Adz Dzariyat: 22)

"Air Hujan adalah penyebab berbagai karunia dan rizki"

Karunia diturunkannya hujan dan berbagai karunia lainnya seperti keamanan, kesehatan, keselamatan, usia dan sebagainya. Adapun karunia yang paling besar adalah Islam dan Iman dan melakukannya sesuai dengan petunjuk Allah dan Rasul-Nya. Syukurilah benar-benar karunia itu, agar Allah menambah karunia-karunia-Nya kepada kalian. Allah telah berjanji bahwa Allah akan memberi pahala yang sangat besar di dunia dan di akhirat bagi siapapun yang suka bersyukur kepada-Nya.

Yang di maksud bersyukur adalah bukan sekedar ucapan terima kasih dan pujian kepada Allah, tetapi menggunakan segala karunia Allah di jalan yang benar dengan mengerjakan amal-amal saleh, bersyukur, bertaubat, berharap dengan penuh rendah hati dan rendah diri kepada Allah, selain itu kita harus menjauhi segala perbuatan dosa, karena kesenangan yang disediakan Allah tidak dapat engkau peroleh, kecuali dengan mentaati-Nya, termasuk juga memperoleh air hujan dari langit. Sebagaimana yang disebutkan dalam firman Allah berikut:

* وَأَنْ لَوِ اسْتَقَامُوا عَلَى الطَّرِيقَةِ لَأَسْقَيْنَاهُمْ مَاءً غَدَقًا
لِنَفْتِنَهُمْ فِيهِ ۚ وَمَنْ يُعْرِضْ عَنْ ذِكْرِ رَبِّهِ يَسْلُكْهُ عَذَابًا صَعَدًا

" Dan bahwasanya: jikalau mereka tetap berjalan lurus di atas jalan itu (agama Islam), benar-benar Kami akan memberi minum kepada mereka air yang segar (rezeki yang banyak). Untuk Kami beri cobaan kepada mereka padanya. Dan barangsiapa yang berpaling dari peringatan Tuhannya, niscaya akan dimasukkan-Nya ke dalam azab yang amat berat. " (QS. Al-Jinn: 16-17)

Maksudnya, andaikata orang-orang beriman berjalan di atas kebenaran dan taat kepada Allah, pasti Allah akan memberi berbagai karunia-Nya di dunia sebanyak-banyaknya, memberi mereka kehidupan yang bahagia di dunia dan sekaligus untuk menguji perasaan mereka, apakah mereka termasuk orang-orang yang taat ataukah mereka termasuk orang-orang yang mengingkari semua karunia Allah.
..


Kumpulan Contoh Khutbah Jumat Berbagai Tema

Berikut adalah kumpulan berbagai tema contoh teks Khutbah Bahasa Indonesia yang menarik untuk Semua Kalangan. Yuk, silahkan pilih tema  yang sesuai dibawah ini:


Nah, itulah beberapa contoh yang merupakan teks Khutbah. Semua contoh meliputi Khutbah Jumat Tema Persiapan Menghadapi Kematian, Topic : khutbah-jumat , khutbah jumat 2020, khutbah jumat para kyai, khutbah jumat tentang corona, khutbah jumat terbaru, khutbah jumat menyentuh hati, khutbah jumat singkat pdf, materi khutbah jumat, khutbah jumat singkat untuk pelajar


Selalu Kunjungin Selalu jagoberpidato.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru dan Kutbah Jumat Terbaru.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Khutbah Jum'at Tentang Mensyukuri Turun Hujan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel