Contoh Naskah Pidato Sambutan Kepala Sekolah



Contoh Teks Pidato Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia.

Fungsi pidato

  • Mempermudah komunikasi antar atasan dan bawahan.
  • Mempermudah komunikasi antar sesama anggota organisasi.
  • Menciptakan suatu keadaan yang kondusif di mana hanya perlu 1 orang saja yang melakukan orasi/pidato tersebut.
  • mempermudah komunikasi.
Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi kita hendaknya diperhatikan serta kita harus percaya diri menyampaikan isi dari pidato kita, agar orang yang melihat pidato kita pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato yang kita sampaikan.


Yang dinamakan dengan teks pidato yaitu sebuah bentuk komunikasi satu arah yang berisi pengungkapan gagasan pokok atau beberapa pikiran mengenai beberapa hal kepada orang lain. Adapun tujuannya yaitu untuk mengajak orang lain melakukan apa yang sedang kita perintahkan.
Orator merupakan orang yang melakukan aktivitas pidato. Pidato yang baik serta benar dapat memberikan kesan yang positif kepada pendengarnya. Untuk itu maka kemampuan berpidato atau berbicara di depan banyak orang sangat membantu anda semua agar bisa berpidato denganbaik nantinya.

Tak Perlu Banyak Basa Basi silahkan Simak Pidato di Bawah Ini:


.
Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh..

اَلْحَمْدُ لِلّهِ رَبِّ اْلعَاَلَمِيْنَ . وَبِهِ نَسْتَعِيْنُ عَلَي أُمُوْرِا لدُّ نْيَا وَا لدِّ يْنٍ . وَعَلَيْ آ لِهٍ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ

"ALHAMDU LILLAHI RABBIL'ALAMIN WABIHI NASTA'INU'ALA UMURID DUNYA WADDIN WA'ALA ALIHI WASHAHBIHI AJMA'IN"

Segala puji bagi Allah, Tuhan yang mencipta manusia dan mengajari mereka berbahasa. Shalawat dan salam senantiasa tercurahkan kepada Rasulullah, penghulu seluruh bangsa manusia dan mahaguru bagi semua makhluk. Beliau adalah Nabi pilihan yang memiliki lidah yang paling fasih. Semoga Allah merahmati seluruh keluarga dan sahabat-sahabat beliau, berikut orang-orang yang mengikuti sunnah beliau dan siapa saja yang menyerukan Islam hingga kiamat.

Dalam Kitab suci-Nya yang mulia, Allah swt berfirman:

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ قُرْآنًا عَرَبِيًّا لَعَلَّكُمْ تَعْقِلُونَ

"Innaa anzalnaahu quraanan 'arabii-yan la'allakum ta'qiluun"

Artinya:
"Sesungguhnya kami menurunkan Al-Qur'an berbahasa arab kepada Muhammad, agar kalian semua mau berfikir (QS. Yusuf:12)

Saudara-saudara sekalian!
Dalam kesempatan yang membahagiakan ini, saya sangat senang menyampaikan sepatah dua patah kepada kalian semua atas nama Kepala Sekolah .............
Sehubungan dengan ini, patutlah kita mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh panitia yang bertanggung jawab atas terselenggaranya acara yang sangat berharga ini. Semoga Allah membalas kalian semua dengan kebaikan yang banyak. Kemudian kami juga mengucapkan selamat kepada seluruh peserta yang mengikuti latihan berpidato ini. Perlu anda ketahui bahwa kegiatan ini termasuk kesempatan emas bagi kalian untuk pengembangan kemampuan. Karena itu, anda harus memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya dan jangan ragu.

Saudara sekalian!
Perlu kami tegaskan di sini bahwa tujuan dari kegiatan ini tidak lain adalah untuk membantu kalian memahami bahasa arab, mendorong kalian supaya mencintai bahasa arab dan senang mempelajarinya sekaligus mempraktekannya dalam percakapan sehari-hari. Oleh sebab itu, manfaatkanlah kegiatan ini dengan baik dan kejarlah peluang emasnya. Kalian juga harus mempersiapkan pidato kalian dengan baik dan tentu jauh-jauh hari anda sudah mempersiapkan diri. Kalian juga harus bertekad menjadi orator ulung, yang menyuarakan kebenaran dengan lantang dan kalimat yang lugas. Memang harus kita akui bahwa pidato yang baik dan sampai pada sasaran tidak mungkin terjadi kecuali muncul dari iman yang dalam sehingga kata-katanya berpengaruh kepada hati para pendengar.

Saudara-saudara sekalian!
Ketahuilah, bahasa arab adalah bahasa Al-Qur'an yang mulia, juga bahasa hadits Rasulullah saw. Karena bahasa arab telah menjadi bahasa sumber agama Islam dan ilmu pengetahuan, maka bahasa arab bukan lagi menjadi bahasa bangsa arab semata, tetapi menjadi bahasa bagi seluruh umat islam. Apapun suku, bangsa, lingkungan dan warna kulitnya. Selama mereka muslim, maka bahasa Arab adalah bahasa mereka. Bahasa ini telah menjadi bahasa dunia semenjak awal kemunculan Islam hingga sekarang. Bahkan, bahasa Arab adalah satu-satunya bahasa dunia yang bertahan hingga sekarang. Karena itu, patutlah berbangga dan berbesar hati dengan bahasa Arab. Apalagi bahasa Arab juga menjadi bahasa Kitab Suci kita dan Sunnah Nabi kita yang mulia.

 Rasulullah saw bersabda:
"Cintailah arab karena tiga alasan: karena aku bangsa arab, Al-Qur'an berbahasa arab dan bahasa penghuni surga adalah bahasa arab".

Amirul Mukminin Umar bin Khaththab ra juga pernah berwasiat tentang bahasa arab. Beliau berkata:
"Giatlah kalian mempelajari bahasa arab karena ia merupakan bagian dari agama kalian".

Akhirnya kami memohon kepada Allah swt agar menjadikan acara ini acara yang penuh barakah dan menganugerahi kita taufiq dan keikhlasan. Semoga pula kita diberi ketepatan ucapan dan tindakan. Amin

Akhir kata,. Billahi Taufik Wal Hidayah Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh




Nah, itulah beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

Beberapa contoh teks pidato singkat di atas merupakan contoh teks yang dapat dijadikan referensi terpercaya. Pilihan teks pidato dari yang pertama hingga akhir bisa disesuaikan dengan kontesknya. Jika konteksny mengenai acara peringatan hari yang dinamakan hari pendidikan maka ambillah contoh yang sesuai dengan acara yang akan dilakukan dan sedang dibutuhkan.



Kumpulan Contoh Teks Pidato Berbagai Tema

Berikut adalah kumpulan berbagai tema contoh teks Pidato Bahasa Indonesia yang menarik untuk Semua Kalangan. Yuk, silahkan pilih tema Pidato yang sesuai dibawah ini:


5+ Contoh Teks Pidato Singkat dengan Berbagai Tema , 18 Contoh Pidato Singkat Terbaru Tentang Berbagai Topik, 3 Contoh Pidato Singkat dari Berbagai Topik , 14 Contoh Pidato Singkat, Persuasif Perpisahan Pendidikan,12 Contoh Pidato, Naskah / Teks Pidato Yang Baik Dan Benar,  CONTOH PIDATO SINGKAT - Mudah Dihafal Tugas Sekolah, √ 9 Contoh Teks Ceramah Singkat (Berbagai Topik), Teks Pidato Singkat Mengenai Perjuangan Para Pendiri Bangsa, 5 Contoh Pidato Singkat Tentang Pendidikan [Mudah Dihafal], contoh pidato tentang lingkungan, contoh pidato yang menarik dan tidak membosankan, contoh pidato tentang disiplin, contoh pidato pendidikan, contoh pidato persuasif tentang kesehatan, contoh pidato perpisahan, contoh pidato singkat tentang pendidikan, contoh pidato ilmiah, 7 Cara Membaca Naskah Pidato ✔️Yang Benar,Naskah Pidato Singkat Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-75, Pidato - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas,
5+ Contoh Pidato Singkat Bahasa Indonesia, Contoh Teks Pidato Singkat (terlengkap) ,
21+ Contoh Teks Pidato Singkat dan Menarik, 5+ Contoh Pidato Bahasa Indonesia dengan Berbagai Tema,

Selalu Kunjungin Selalu Jagoberpidato.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru dan Kutbah Jumat Terbaru.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Naskah Pidato Sambutan Kepala Sekolah "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel