Contoh Dakwah Jum'at atau Khutbah Jumat

Khutbah sholat jumat adalah salah satu rukun wajib saat melakukan sholat jumat, yang mana sholat jumat sendiri merupakan salah satu kewajiban bagi kaum muslim laki-laki. Mengerjakan sholat jumat ini hukumnya wajib atau fardu’ain.

Pelaksanaan ibadah sholat jumat dilakukan pada hari jumat memasuki waktu dzuhur. Ketika seseorang laki-laki sudah melaksanakan sholat jumat maka kewajiban sholat dzuhurnya pun digugurkan.Salah satu syarat sah pelaksanaan sholat jumat yaitu didahului dengan dua khutbah yang dilakukan sebelum sholat jumat.Khutbah jumat ini diadakan sebanyak dua kali yaitu khutbah pertama dan khutbah kedua yang dipisah dengan duduk oleh khotib.Khutbah jumat sendiri memiliki rukun yang wajib dipenuhi. Terdapat lima rukun khutbah jumat yang mana disyariatkan menggunakan Bahasa arab, dilakukan dengan tertib sesuai urutan dan berkesinambungan atau muawalah.


Hukum khotbah Jumat

Para ahli fikih berbeda pendapat mengenai hukum khotbah pada shalat Jumat, apakah termasuk syarat shalat sehingga shalat Jumat tidak sah tanpanya, atau sekadar sunah sehingga shalat Jumat tetap sah tanpanya. Berkenaan dengan hal ini, para ahli fikih terbagi ke dalam dua pendapat.
  • Pendapat pertama menyatakan bahwa khotbah merupakan syarat shalat Jumat. Pendapat ini adalah pendapat Hanafiah dan mayoritas Malikiah. Pendapat ini adalah pendapat yang sahih bagi mereka, demikian juga Syafi’iah dan Hanabilah.
Disebutkan dalam kitab Al-Hawi, “Hal ini merupakan pendapat seluruh ahli fikih selain Hasan Al-Bashri, karena ia menyelisihi pendapat ijma’; ia berkata, ‘Khotbah tidaklah wajib.’”
Disebutkan pula dalam kitab Al-Mughni, “… Kesimpulannya adalah bahwa khotbah merupakan syarat shalat Jumat; shalat Jumat tidak sah tanpanya, dan kami tidak mengetahui pendapat yang bertentangan kecuali pendapat Hasan.”
  • Pendapat kedua menyebutkan bahwa khotbah merupakan sunah Jumat. Ini merupakan pendapat Hasan Al-Bashri.
Pendapat ini juga diriwayatkan dari Imam Malik, demikian pula pendapat sebagian pengikutnya (Malikiah). Ibnu Hazm juga berpendapat demikian.
Tarjih: Pendapat yang kuat dalam permasalahan ini ialah pendapat pertama, bahwa khotbah merupakan syarat sah shalat Jumat. Bahkan, sebagian ulama menganggap hal ini menyerupai ijma’.



Tak Perlu Banyak Basa Basi silahkan Simak Kutbah Jumat di Bawah Ini:


.
الْحَمْدُ للهِ الَّذِي جَعَلَ فِي كُلِّ زَمَانٍ فَتْرَةً مِنَ الرُّسُلِ بَقَايَا مِنْ أَهْلِ الْعِلْمِ يَدْعُونَ مَنْ ضَلَّ إِلَى الْهُدَى وَيَصْبِرُونَ مِنْهُمْ عَلَى الْأَذَى، يُـحْيَونَ بِكِتَابِ اللهِ الـمَوْتَى وَيُبَصِّرُونَ بِنُورِ اللهِ أَهْلَ الْعَمَى، فَكَمْ مِنْ قَتِيْلٍ لِإِبْلِيْسَ قَدْ أَحْيَوْهُ وَكَمْ مِنْ ضَالٍّ تَائِهٍ قَدْ هَدَوْهُ فَمَا أَحْسَنَ أَثَرِهُم عَلَى النَّاسِ وَأَقْبَحَ أَثَرِ النَّاسِ عَلَيْهِمْ. يُنْفَوْنَ عَنْ كِتَابِ اللهِ تَـحْرِيفَ الغَالِّينَ وَانْتِحَالَ الـمُبْطِلِينَ وَتَأْوِيْلَ الجَاهِلِينَ الَّذِيْنَ عَقَدُوا أُلُوِيَّةَ البِدْعَةِ وَأَطْلَقُوا عِقَالَ الفِتْنَةِ فَهُمْ مَخْتَلِفُونَ فِي الكِتَابِ مُخَالِفُونَ لِلْكِتَابِ مُجْمِعُونَ عَلَى مُفَارَقَةِ الكِتَابِ يَقُولُونَ عَلَى اللهِ وَفِي اللهِ وَفِي كِتَابِ اللهِ بِغَيْرِ عِلْمٍ يَتَكَلَّمُونَ بِالـمُتَشَابِهِ مِنَ الكَلَامِ وَيُـخْدِعُونَ جُهَّالَ النَّاسِ بِمَا يُشْبِهُونَ عَلَيْهِمْ فَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ فِتَنِ الْمُضِلِّينَ، أَمَّا بَعْدُ


Sidang jamaah Jumat yang selalu dirahmati Allah.
Tak lupa segala puji kita haturkan ke hadirat Allah SWT yang telah menurunkan agama Islam sebagai agama yang paling sempurna. Sholawat serta salam tak lupa juga kita haturkan ke junjungan nabi besar Muhammad SAW yang telah membawa kita ke keadaan yang terang benderang dalam naungan agama Islam.

Sidang jamaah Jumat yang selalu dirahmati Allah.
Dalam sebuah hadist nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya “ sesungguhnya Allah SWT telah meridhloi untuk kalian 3 hal dan membenci dari kalian 3 hal yaitu Allah SWT meridhloi kalian agar selalu beribadah kepadaNya dan tidak menyekutukanNya dengan sesuatu apapun, berpegang teguh dengan agama Allah SWT semuanya berastu dan tidak saling bercerai berai serta saling menasihatilah seseorang yang Allah telah jadikan sebagai penguasa bagi kalian. Dan Allah membenci kalian dari mengatakan setiap apa yang dikatakan kepada kalian, seringkali banyak bertanya dan orang yang membuang- buang harta “

Dalam hadist tersebut telah jelas dikatakan bahwasanya Allah akan meridhai hambaNya untuk memiliki 3 sifat yang akan membawanya kepada kebahagiaan dunia dan akherat. Ketiga sifat yang harus dimiliki oleh setiap muslim tersebut yaitu agar kita senantiasa terus memperbaiki akidah dengan cara memurnikan ibadah hanya semata-mata untuk mencari ridha Allah dan tidak menyekutukanNya dengan alasan apapun. Hal ini sangatlah penting, karena akidah merupakan pondasi utama yang harus dimiliki oleh setiap muslim dalam menegakkan syariat Islam.

Sidang jamaah Jumat yang selalu dirahmati Allah.
Hal kedua yang harus dimiliki oleh umat Islam yaitu agar kita umat Muslimin bersatu padu dan tidak bercerai berai atas nama agama dan diharuskan untuk menghindari perpecahan. Bukankah dalam sebuah hadist juga telah dikatakan “ bahwa setiap muslim itu adalah bersaudara”. hadist ini menjelaskan, bahwa setiap muslim haruslah bersatu jangan sampai berselisih apalagi yang diselisihkan adalah masalah aliran dan akidah. Tentu akan sangat ironis.Amalan yang ketiga yaitu kita sebagai umat Islam di anjurkan untuk menasihati seseorang yang telah dijadikan Allah sebagai pemimpin dan juga menaatinya.

Sidang jamaah Jumat yang selalu dirahmati Allah.
Demikianlah sedikit khutbah yang dapat kami sajikan, semoga dapat memberikan sedikit pemahaman tentang tiga hal yang diridhai Allah SWT.

Billahitaufik walhidayah. Wassalamualaikum warahmatullahi wa barakatuh
..


Kumpulan Contoh Khutbah Jumat Berbagai Tema

Berikut adalah kumpulan berbagai tema contoh teks Khutbah Bahasa Indonesia yang menarik untuk Semua Kalangan. Yuk, silahkan pilih tema  yang sesuai dibawah ini:


Nah, itulah beberapa contoh yang merupakan teks Khutbah. Semua contoh meliputi Khutbah Jumat Tema Persiapan Menghadapi Kematian, Topic : khutbah-jumat , khutbah jumat 2020, khutbah jumat para kyai, khutbah jumat tentang corona, khutbah jumat terbaru, khutbah jumat menyentuh hati, khutbah jumat singkat pdf, materi khutbah jumat, khutbah jumat singkat untuk pelajar


Selalu Kunjungin Selalu jagoberpidato.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru dan Kutbah Jumat Terbaru.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Dakwah Jum'at atau Khutbah Jumat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel