Contoh Ceramah Singkat Tentang Ibu


Contoh Ceramah Singkat – Ceramah atau pidato keagamaan adalah ceramah yang dilakukan oleh ahli agama atau biasa disebut ustad yang notabennya mempunyai ilmu agama lebih dan dibagikan kepada orang lain dengan tujuan agar banyak yang paham dan mengerti ilmu agama tersebut.

Ceramah singkat merupakan suatu hal yang identik dengan pidato keagamaan, yakni ceramah yang disampaikan oleh seorang ahli agama atau ustad yang dipandang memiliki ilmu agama lebih kemudian dibagikan kepada orang lain dengan tujuan supaya orang-orang dapat memahami ilmu yang disampaikan tersebut.
Untuk ceramah singkat sendiri banyak sekali ragamnya, berikut akan dipaparkan beberapa mengenai contoh ceramah singkat, mulai dari ceramah singkat tentang sabar, tentang pendidikan, menuntut ilmu, kebersihan, ikhlas, shalat, tentang ibu, tentang cinta, dan masih banyak lagi yang lainnya.
Dengan adanya contoh ini semoga dapat menambah keimanan kita pada Allah.

Berikut ini adalah contoh ceramah singkat. Mulai dari contoh ceramah pendidikan, contoh ceramah singkat sabar, contoh ceramah tentang ibu, contoh ceramah pergaulan bebas, contoh ceramah menuntut ilmu, contoh ceramah singkat tentang narkoba, contoh ceramah kebersihan, contoh ceramah  kesehatan, contoh ceramah media sosial, contoh ceramah, contoh ceramah tentang aurat, contoh ceramah tentang berbakti kepada orang tua, dll.


Silahkan Simak Contoh Teks pidato Tentang Agama Terlengkap  Di bawah ini:



Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh.
Segala puji marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah berkenan memberikan kita berbagai limpahan nikmat yang tidak mungkin dapat kita hitung jumlahnya. Sehingga jangan sampai kita lupa atau bahkan sengaja melupakan kewajiban kita sebagai hamba Allah yang senantiasa bersyukur atas segala limpahan Allah itu hukumnya wajib.
Shalawat serta salam semoga tetap tercurah kepada Nabi Agung Muhammad SAW, atas berkat perjuangan beliau kita dapat merasakan damainya islam saat ini.
Saudaraku yang dirahmati Allah,
Sekarang ini kondisi masyarakat sepertinya semakin mengkhawatirkan, baik dari segi individunya maupun keadaan sosialnya. Seringkali kita mendengar berita seorang anak yang durhaka kepada orang tuanya, serta seorang murid yang durhaka pada gurunya. Mereka harus mendapatkan penanganan khusus supaya penyakit ini tidak menyebar.
Oleh sebab itu saya akan membahas mengenai orang tua, terutama ibu. Dalam surah Al-Isra’ dijelaskan mengapa kita harus berbakti kepada kedua orang tua terutama ibu. Sebab mereka yang sudah susah payah mengurus kita semenjak dari dalam kandungan hingga saat ini.
Dalam memposisikan ayah dan ibu, sebenarnya kita harus bagaimana? Apakah cukup berbakti kepada salah satunya atau apakah ada yang lebih diutamakan diantara ayah dan ibu kita yang sangat luar biasa?
Rasulullah memberikan petunjuk bagi kita untuk dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti di atas. Sabda beliau yang diriwayatkan oleh imam Bukhori dan Muslim dalam kitab shahih mereka. Hadist tersebut memiliki arti yang berbunyi:
Dari Bu Hurairah radhiyallaahu’anhu, beliau berkata, “Seseorang datang kepada Rasulullah shallahu’alaihi wasallam berkata, ‘Wahai Rasulullah, kepada siapakah aku harus berbakti pertama kali?’ Nabi shallallaahu’alaihi wasallam menjawab, ‘ibumu’ dan orang tersebut kembali bertanya, ‘kemudian siapa lagi?’ Nabi shalallahu’alaihi wasallam menjawab, ‘ibumu’ dan orang tersebut kembali bertanya, ‘kemudian siapa lagi?’ Beliau menjawab, ‘ibumu’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘kemudian siapa lagi?’ Nabi shalallaahu’alaihi wasallam menjawab, ‘kemudian ayahmu.'” (HR. Bukhari no. 5971 dan Muslim no. 2548).
Hadist tersebut menjelaskan kepada kita bahwa antara mana yang lebih berhak atas kasih sayang dan pengabdian kita selaku anak. Dapat diketahui bahwa dalam hadist tersebut yang paling berhak kita hormati adalah ibu kita. Saya cukupkan sekian materi kali ini, dilain kesempatan jika masih diberi umur panjang saya lanjutkan pembahasan tentang ibu ini. Semoga bermanfaat.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Kumpulan Contoh Teks Pidato Keagaman / Ceramah

Berikut adalah kumpulan berbagai tema contoh teks Pidato Agama atau Ceramah yang menarik untuk Semua Kalangan. Yuk, silahkan pilih tema Pidato Agama atau Ceramah yang sesuai dibawah ini:

- Contoh Pidato Atau Ceramah Singkat Tentang Sabar
- Contoh Pidato Atau Ceramah Singkat Tentang Pendidikan

- Contoh Pidato Atau Ceramah Singkat Tentang Menuntut Ilmu

Belum ada Komentar untuk "Contoh Ceramah Singkat Tentang Ibu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel