Amanat Pembina Upacara Tema Gemar Membaca


Pembina Upacara

Amanat pembina upacara –Iya, aku tahu pasti sebenarnya Anda sudah tahu, cuman sulit dalam mengungkapkan dalam sebuah kata-kata, hehe kaya apa aja Iya, Tugas pokok dari pembina upacara yaitu mengesahkan pelaksanaan upacara ,menyampaikan amanat pembina upacara serta bertanggung jawab terakhir dalam pelaksanaan upacara.

Pengertian Amanat Pembina Upacara

Pertama, amanat yaitu pesan atau perintah secara umum berarti sesuatu kegiatan yang mendorong penyair untuk berbicara di depan khalayak umum, dan disampaikan kepada banyak orang.
Karena kita sudah tahu pengertian amanat dan pembina upacara, Jadi intinya amanat pembina upacara adalah suatu pesan atau perintah yang disampaikan oleh pejabat tertinggi kepada seluruh peserta upacara untuk mengajak, memberi nasehat-nasehat demi kemaslahatan bersama.

Sebelum menyampaikan amanat Pembina upacara, sebaiknya anda sudah menyiapkan beberapa hal mengenai langkah-langkah sebelum tampil. Apa saja itu? Berikut adalah hal-hal yang bisa anda jadikan referensi dalam persiapan menjadi pembina upacara :
  1. Tentukan jenis tema amanat upacara yang menarik dan sesuai dengan hari, moment, dan tentunya sesuai dengan peserta.
  2. Ketahui berapa lama durasi waktu penyampaian amanat yang telah disediakan.
  3. Susun kalimat yang mudah dipahami, berbobot, namun tidak menyulitkan peserta upacara.
  4. Pastikan anda sudah mendalami isi teks amanat yang akan di sampaikan pada hari upacara.
  5. Yang paling penting yakni baca doa sebelum tampil.
Yang mana, semua itu ditujukan kepada seluruh peserta upacara.

Berikut susunan teks pidato yang sering kali digunakan ketika tampil sebagai pembina upacara :
  1. Pembukaan/Mukhadimah, yakni mencakup kata penghormatan kepada seluruh peserta upacara dan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, Sholawat atas Nabi Muhammad SAW beserta para pengikutnya.
  2. Pendahuluan , yakni terdiri dari ringkasan atau tema dari pidato yang akan disampaikan.
  3. Isi teks atau materi inti pidato, yakni berisi dari maksud, tujuan, sasaran dan langkah-langkah.
  4. Penutup , yakni terdiri dari kesimpulan, harapan, pesan serta salam penutup.

Silahkan Simak Contoh Teks Amanat Pembina Upacara Hari Senin  Di bawah ini:



Yang saya hormati, Bapak Kepala Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum
Yang saya hormati, Bapak dan Ibu Guru
dan yang saya sayangi teman – teman sekalian

Para Hadirin sekalian...
Pertama – tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kepada Allah SWT karena berkat rahmatnya kita dapat berkumpul di tempat yang berbahagia ini. Sebelumnya, saya ucapkan terimakasih karena saya telah diberi kesempatan untuk berpidato pada  pagi hari ini. Adapun tema pidato yang akan saya sampaikan adalah “Meningkatkan Kegemaran Memembaca”.

Para Hadirin Sekalian...
Begitu derasnya informasi di sekitar kita. Untuk itu, membaca merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk dapat memperoleh informasi tersebut karena pada zaman sekarang ini kita sudah dapat membaca dengan lebih praktis, yaitu dengan internet. Banyak orang sepele dengan membaca karena menurut mereka membaca merupakan hal yang menjenuhkan. Namun, pada kenyataannya membaca memiliki banyak sekali manfaat. Membaca sangatlah penting untuk semua orang. Oleh karena itu, akibat yang timbul jika kita tidak suka membaca adalah kita akan ketinggalan zaman, tidak tahu perkembangan teknologi  yang sekarang sedang pesat- pesatnya, ketinggalan informasi, tidak memiliki banyak wawasan dan kita akan gampang dibodoh-bodohi orang lain.

Para Hadirin Sekalian...
Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menumbuhkan minat membaca, yaitu dimulai dengan kemauan dari diri kita sendiri untuk membaca, seperti pepatah mengatakan “ ALA BISA KARENA BIASA” . Kita membiasakan diri untuk membaca seperti yang kita lakukan pada kebiasaan lain. Kita bisa membaca koran, majalah, buku- buku pelajaran dsb untuk membiasakannya. Bisa juga dengan sering mengunjungi perpustakaan dan meminjam buku di perpustakaan.
Dari membaca, banyak manfaat yang bisa kita dapat yaitu kita lebih disiplin dalam mengatur waktu, terutama waktu luang, dapat memperoleh informasi dan menambah wawasan.

Para Hadirin Sekalian...
Membaca merupakan hal yang sangat penting bagi kita semua karena dengan membaca kita bisa memperoleh banyak manfaat. Jika kita sudah terbiasa membaca, maka hal tersebut bisa menjadi kebiasaan bahkan kebutuhan. Harapan saya semoga dengan membaca, wawasan kita akan lebih luas dan minat membaca kita semakin besar.

Marilah kita tumbuhkan minat membaca, untuk menambah wawasan kita mengenai dunia dan lingkungan sekitar kita.
Demikianlah pidato ini saya sampaikan. Bila ada kata- kata yang kurang berkenan, saya mohon maaf.

Wabillahi taufik walhidayah
Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh

Belum ada Komentar untuk "Amanat Pembina Upacara Tema Gemar Membaca "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel