Amanat Pembina Upacara Singkat Tema Tentang HUT Kemerdekaan RI, Cinta Tanah Air


Pembina Upacara

Amanat pembina upacara –Iya, aku tahu pasti sebenarnya Anda sudah tahu, cuman sulit dalam mengungkapkan dalam sebuah kata-kata, hehe kaya apa aja Iya, Tugas pokok dari pembina upacara yaitu mengesahkan pelaksanaan upacara ,menyampaikan amanat pembina upacara serta bertanggung jawab terakhir dalam pelaksanaan upacara.

Pengertian Amanat Pembina Upacara

Pertama, amanat yaitu pesan atau perintah secara umum berarti sesuatu kegiatan yang mendorong penyair untuk berbicara di depan khalayak umum, dan disampaikan kepada banyak orang.
Karena kita sudah tahu pengertian amanat dan pembina upacara, Jadi intinya amanat pembina upacara adalah suatu pesan atau perintah yang disampaikan oleh pejabat tertinggi kepada seluruh peserta upacara untuk mengajak, memberi nasehat-nasehat demi kemaslahatan bersama.

Sebelum menyampaikan amanat Pembina upacara, sebaiknya anda sudah menyiapkan beberapa hal mengenai langkah-langkah sebelum tampil. Apa saja itu? Berikut adalah hal-hal yang bisa anda jadikan referensi dalam persiapan menjadi pembina upacara :
  1. Tentukan jenis tema amanat upacara yang menarik dan sesuai dengan hari, moment, dan tentunya sesuai dengan peserta.
  2. Ketahui berapa lama durasi waktu penyampaian amanat yang telah disediakan.
  3. Susun kalimat yang mudah dipahami, berbobot, namun tidak menyulitkan peserta upacara.
  4. Pastikan anda sudah mendalami isi teks amanat yang akan di sampaikan pada hari upacara.
  5. Yang paling penting yakni baca doa sebelum tampil.
Yang mana, semua itu ditujukan kepada seluruh peserta upacara.

Berikut susunan teks pidato yang sering kali digunakan ketika tampil sebagai pembina upacara :
  1. Pembukaan/Mukhadimah, yakni mencakup kata penghormatan kepada seluruh peserta upacara dan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, Sholawat atas Nabi Muhammad SAW beserta para pengikutnya.
  2. Pendahuluan , yakni terdiri dari ringkasan atau tema dari pidato yang akan disampaikan.
  3. Isi teks atau materi inti pidato, yakni berisi dari maksud, tujuan, sasaran dan langkah-langkah.
  4. Penutup , yakni terdiri dari kesimpulan, harapan, pesan serta salam penutup.

Silahkan Simak Contoh Teks Amanat Pembina Upacara Hari Senin  Di bawah ini:



Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Yang Saya Hormati Ibu Kepala Sekolah beserta staf
Yang Saya Hormati Bapak / Ibu Guru
Dan Yang Saya Sayangi Siswa/Siswi yang berbahagia.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan berusaha menyampaikan amanat pembina upacara yang berjudul Menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia dengan Meningkatkan Rasa Cinta Tanah Air.

Hadirin yang dimuliakan Allah…
17 Agustus 1945 adalah  hari kemerdekaan negara kita. Yaitu hari lahirnya bangsa Indonesia. Dengan memperingati hari ulang tahun kemerdekaan saya berharap semoga kita lebih meningkatkan rasa cinta kepada negara Indonesia.

17 Agustus 1945 adalah anugerah Allah yang telah dilimpahkan kepada seluruh rakyat Indonesai yang telah berjuang sekian lamanya mengusir penjajah yang menggenggam bangsa dan negara kita selama kurang lebih 350 tahun. Mereka berkeinginan menguasai negeri ini selamanya, karena terdorong keadaan ibu pertiwi ini yang sangat subur tanahnya, kaya akan harta tambang dan sebagainya. Ratusan tahun bangsa Indonesia telah berusaha melepaskan diri dari cengkeraman penjajah melalui suatu perjuangan yang gigih sekali, tidak mengenal waktu dan tidak mengenal menyerah. Segala yang dimiliki oleh rakyat pada waktu itu dikorbankan untuk kepentingan perjuangan untuk mencapai kemerdekaan negeri ini, baik tenaga, pikiran dan harta bendanya, bahkan sampai jiwapun diserahkan dengan sukarela. Rakyat pada waktu itu tidak mengenal takut karena peluru dan bom-bom yang berdentuman di hadapannya demi kemerdekaan bangsa dan negara tercinta. Puluhan juta rakyat gugur  dan bercucuran darahnya di tengah medan pertempuran.

Hadirin yang dimuliakan Allah…
Adalah suatu kenyataan sejarah bahwa di antara sekian banyak rakyat yang berjuang dan gugur di medan pertempuran untuk memperoleh kemerdekaan tanah air kita adalah kaum muslimin yang dipimpin langsung oleh ulama. Itulah sebabnya ribuan ulama gugur di medan pertempuran. Kesungguhan umat Islam yang begitu besar didorong oleh rasa tanggung jawab dan kecintaan yang membara terhadap tanah airnya. Sebagaimana sabda Rasulullah:
 حُبُّ الْوَطَنِ مِنَ الْاِيْمَانِ

(Hubbul waton minal imaan)
Cinta tanah air adalah salah satu bagian dari iman.

Marilah kita kaum muda Indonesia memperjuangkan bangsa Indonesia, selalu bersemangat dan selalu optimis untuk memberikan yang terbaik untuk tanah air tercinta. Hal tersebut dapat diwujudkan dengan belajar dan berprestasi. Harumkan nama bangsa di kancah dunia. Isi kemerdekaan Indonesia dengan sebaik-baiknya serta dengan rasa cinta kepada tanah air.

Yakinlah bahwa kita ini adalah generasi muda penerus bangsa yang mampu memberikan perubahan untuk bangsa tercinta ini. Selamat berjuang, semangat belajar untuk menjadi generasi muda yang lebih baik.
Dirgahayu Indonesiaku.
Merdeka! Merdeka!

Demikianlah amanat pembina upacara pada hari ini.
Terimakasih atas perhatiannya.Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Belum ada Komentar untuk "Amanat Pembina Upacara Singkat Tema Tentang HUT Kemerdekaan RI, Cinta Tanah Air"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel