Contoh Pidato Tentang Pancasila dan Maknanya Bagi Bangsa Indonesia

 


Contoh Teks Pidato  – Pidato merupakan kegiatan berbicara yang dilakukan oleh seseorang dengan tujuan menyampaikan suatu hal. Biasanya kegiatan tersebut dilakukan oleh seseorang untuk berorasi di depan khalayak ramai. Hal yang disampaikan dalam berpidato merupakan suatu ide ataupun gagasan. Agar bisa lebih jelasnya perlu untuk memahami beberapa contoh teks pidato singkat.

Pada teks pidato hal wajib yang ada di dalamnya adalah pembuka kemudian isi dan yang terakhir ada penutup. Pada bagian isi, teks pidato berbeda-beda disesuaikan konteksnya. Misalnya, jika pidato ketika acara peringatan hari kartini maka isi dari pidato yang disampaikan adalah tentang hal yang berkaitan dengan hari kartini.

Terdapat banyak macam-macam teks pidato dengan judul berbeda-beda. Bagi yang sedang mencari referensi mengenai contoh dari teks pidato maka penting untuk membaca penjelasan yang akan ditulis di bawah ini. Langsung saja perhatikan contoh-contoh teks pidato sebagai berikut.


.
Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh..

اَلْحَمْدُ لِلّهِ رَبِّ اْلعَاَلَمِيْنَ . وَبِهِ نَسْتَعِيْنُ عَلَي أُمُوْرِا لدُّ نْيَا وَا لدِّ يْنٍ . وَعَلَيْ آ لِهٍ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ

"ALHAMDU LILLAHI RABBIL'ALAMIN WABIHI NASTA'INU'ALA UMURID DUNYA WADDIN WA'ALA ALIHI WASHAHBIHI AJMA'IN"


Marilah kita bersama - sama panjatkan puja, puji, dan syukur ke hadirat Allah SWT, Tuhan Semesta Alam karena atas berkah, rahmat dan hidayahnya kita semua dapat berkumpul dalam rangka memperingati Hari Kartini dalam keadaan sehat walafiat.

 Shalawat dan salam semoga tercurah limpahkan ke pada junjungan kita – manusia terbaik sepanjang zaman yakni besar Nabi Muhammad SAW beserta seluruh keluarga dan sahabatnya. Semoga kita semua kelak mendapatkan syafaatnya. Aamiin. 

Pada kesempatan yang baik ini, tepatnya pada tanggal 1 Juni ini izinkanlah saya menyampaikan sebuah pidato yang bertemakan,’ Pancasila dan Maknanya Bagi Bangsa Indonesia’. Semoga pidato yang disampaikan dapat menginspirasi dan memberikan pencerahan kepada kita semua tentang bagaimana seharusnya kita sebagai manusia hidup sebagai mahluk individu, mahluk sosial dan mahluk Tuhan.

Hadirin yang berbahagia,
1 Juni di peringati sebagai hari kesaktian Pancasila, singkatnya Pancasila mencerminkan pandangan hidup bangsa ini karena keberadaannya diambil dari kebudayaan, adat istiadat, nilai-nilai, dan cita-cita hidup bangsa Indonesia. Pancasila merupakan ideologi yang mencerminkan kepribadian bangsa, Ir. Soekarno seorang proklamator bangsa ini melukiskan dalam tulisannya bahwa,’ “Pancasila adalah lima mutiara galian dari ribuan tahun sap-sapnya sejarah bangsa sendiri”.

Hadirin yang berbahagia,
 Dalam perjalanan sejarah kita telah ketahui bersama bahwa Pancasila telah melawati tahap ujian yang hampir saja membuatnya tergantikan oleh ideologi komunis. Namun berkat kegigihan para pejuang bangsa, ujian tersebut dapat dihalau dengan kemenangan para pejuang yang mampu menempatkan Pancasila sebagai ideologi bangsa. Hadirin yang berbahagia, Pancasila memiliki lima sila atau dasar yang setiap dasarnya sarat dengan nilai.

Sila pertama berbunyi Ketuhanan yang Maha Esa. Nilai ketuhanan dari sila tersebut mencerminkan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang selalu melibatkan Tuhan dalam setiap pandangan, pemikiran dan sikap yang dimilikinya. Bangsa ini tidak menghendaki orang yang tidak bertuhan untuk menetap di bumi indonesia ini.

Hadirin yang berbahagia,
 Sila kedua berbunyi kemanusiaan yang adil dan beradab. Sila tersebut mencerminkan bahwa nilai-nilai dalam hubungan sesama manusia harus didasarkan pada sikap adil dan beradab; bukan sikap yang zalim dan biadab. Berkaitan dengan kata adil, adil adalah istilah “khas” yang terdapat dalam banyak sekali ayat al-Quran. Prof. Hamka, dalam Tafsir Al-Azhar, menjelaskan makna adil yang terdapat pada surat An-Nahl ayat 90 yaitu, “menimbang yang sama berat, menyalahkan yang salah dan membenarkan yang benar, mengembalikan hak kepada yang empunya dan jangan berlaku zalim, aniaya.” Sedangkan kata adab berkaitan tata perilaku dan etika yang didasarkan pada ilmu dan ditujukan sebagai ibadah pada Allah Swt; dengan sikap beradabnya manusia akan mendasarkan nilai baik buruk, benar salah, berharga dan tidak berharga sesuai dengan Aturan-Nya. Hadirin yang berbahagia,

 Sila ketiga berbunyi persatuan Indonesia. Sila tersebut mencerminkan kehidupan bangsa yang sarat dengan perbedaan dan kemajemukan tapi terbingkai dalam mozaik persatuan. Dari sabang sampai merauke, bangsa ini begitu kaya dengan perbedaan budaya, adat istiadat, dan karakter. Sehingga persatuan adalah suatu hal yang mensyaratkan berdirinya bangsa ini.

Hadirin yang berbahagia,
Sila keempat berbunyi kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan. Sila keempat tersebut mencerminkan bahwa musyawarah adalah media yang digunakan untuk memecahkan masalah dan menimbang suatu keputusan di negeri yang sarat dengan perbedaan opini dan pandangan. Selanjutnya pancasila diakhiri dengan sila kelima yang berbunyi keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Hal ini berarti bahwa keadilan sosial adalah syarat agar setiap manusia bangsa ini menjadi manusia yang adil terhadap dirinya sendiri, terhadap sesama dan terhadap Tuhan.

 Hadirin yang berbahagia
Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan, segala kekurangan dan kelebihannya saya mohon maaf dan terima kasih. Billahi Taufik Wal Hidayah Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh



beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

Secara harfiah, pidato singkat yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato persuasif tersebut. Kemampuan pidato persuasif atau berbicara yang baik di depan umum juga dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato bahasa indonesia singkat sendiri ada banyak, seperti:  naskah pidato kenegaraan, teks pidato menyambut hari besar, pidato singkat pembangkit semangat, pidato singkat sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi hendaknya diperhatikan serta harus percaya diri menyampaikan isi dari contoh pidato singkat, agar orang yang melihat pidato singkat pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato bahasa indonesia singkat yang disampaikan.



5+ Contoh Teks Pidato Singkat dengan Berbagai Tema , 18 Contoh Pidato Singkat Terbaru Tentang Berbagai Topik, 3 Contoh Pidato Singkat dari Berbagai Topik , 14 Contoh Pidato Singkat, Persuasif Perpisahan Pendidikan,12 Contoh Pidato, Naskah / Teks Pidato Yang Baik Dan Benar,  CONTOH PIDATO SINGKAT - Mudah Dihafal Tugas Sekolah, √ 9 Contoh Teks Ceramah Singkat (Berbagai Topik), Teks Pidato Singkat Mengenai Perjuangan Para Pendiri Bangsa, 5 Contoh Pidato Singkat Tentang Pendidikan [Mudah Dihafal], contoh pidato tentang lingkungan, contoh pidato yang menarik dan tidak membosankan, contoh pidato tentang disiplin, contoh pidato pendidikan, contoh pidato persuasif tentang kesehatan, contoh pidato perpisahan, contoh pidato singkat tentang pendidikan, contoh pidato ilmiah, 7 Cara Membaca Naskah Pidato ✔️Yang Benar,Naskah Pidato Singkat Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-75, Pidato - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas,
5+ Contoh Pidato Singkat Bahasa Indonesia, Contoh Teks Pidato Singkat (terlengkap) ,
21+ Contoh Teks Pidato Singkat dan Menarik, 5+ Contoh Pidato Bahasa Indonesia dengan Berbagai Tema,

Selalu Kunjungin Selalu Jagoberpidato.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru dan Kutbah Jumat Terbaru.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Pidato Tentang Pancasila dan Maknanya Bagi Bangsa Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel