Contoh Ceramah Tentang Indahnya Kehidupan Di Pesantren

 


Kumpulan Contoh Ceramah - Ceramah merupakan jenis keterampilan lisan atau yang lebih dikenal dengan istilah public speaking.Secara umum, ceramah, khotbah, dan sambutan sama,sama berbicara di depan umum untuk memaparkan, menjelaskan gagasan, pikiran, atau informasi kepada pendengar yang bersifat persuasif.Ceramah merupakan jenis keterampilan berkomunikasi lisan. Hal tersebut dapat dinyatakan dengan keterbiasaan ceramah yang dilakukan dengan cara penyampaian lisan.Namun bukan berarti informasi yang disampaikan dengan metode ceramah hanya bisa disampaikan dengan lisan, terdapat juga ceramah yang dituangkan dalam bentuk tulisan atau disebut dengan teks ceramah.

 

Tujuan Ceramah

Penyampaian sebuah ceramah memiliki tujuan, adapun tujuan dari ceramah tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Informatif, yaitu ceramah bertujuan untuk memberikan informasi kepada pendengar agar mengenal suatu hal dan mampu memahami dari apa yang disampaikan.
  2. Persuasif, yaitu ceramah bertujuan untuk mengajak para pendengar supaya mengikuti apa yang telah disampaikan dalam ceramah.
  3. Argumentatif, yaitu ceramah bertujuan untuk meyakinkan para pendengar mengenai suatu hal.
  4. Rekreatif, yaitu ceramah bertujuan untuk menghibur atau membuat gembira para pendengar agar merasa puas dan bahagia.
  5. Naratif, yaitu ceramah bertujuan untuk menceritakan suatu hal kepada pendengar.

 

Tak Perlu Banyak Basa Basi silahkan Simak Contoh Ceramah di Bawah Ini:

 


.
Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh..

اَلْحَمْدُ لِلّهِ رَبِّ اْلعَاَلَمِيْنَ . وَبِهِ نَسْتَعِيْنُ عَلَي أُمُوْرِا لدُّ نْيَا وَا لدِّ يْنٍ . وَعَلَيْ آ لِهٍ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ

"ALHAMDU LILLAHI RABBIL'ALAMIN WABIHI NASTA'INU'ALA UMURID DUNYA WADDIN WA'ALA ALIHI WASHAHBIHI AJMA'IN"Hadirin Rahimakumullah

Yang saya hormati teman-teman dan hadirin semua. Marilah kita bersama – sama panjatkan puja, puji, dan syukur ke hadirat Allah SWT, Tuhan Semesta Alam karena atas berkah, rahmat dan hidayahnya kita semua dapat berkumpul di tepat yang Insya Allah mulia ini Shalawat dan salam semoga tercurah limpahkan ke pada junjungan kita – manusia terbaik sepanjang zaman yakni besar Nabi Muhammad SAW beserta seluruh keluarga dan sahabatnya. Semoga kita semua kelak mendapatkan syafaatnya. Aamiin.

Hadirin Rahimakumullah

Pada kesempatan kali ini izinkanlah saya sedikit menyampaikan tentang betapa bernilainya hidup di pesantren. Mungkin ada yang bertanya-tanya apa menariknya hidup di pesantren, jauh dari orang tua, segala sesuatunya mengantri, terkadang tempatnya terkesan kumuh dan sebagainya. Ada banyak alasan mengapa orang tidak ingin masuk pesantren diantaranya mungkin tidak sanggup untuk jauh dari keluarga, tidak dapat hidup bersama dengan orang lain, tidak tahan dengan segala sesuatu yang penuh dengan aturan, tidak dapat membayangkan untuk mengantri dalam pelbagai hal dan sebagainya.

Setiap orang tentunya memiliki jalan kehidupannya masing-masing, tapi izinkan saya mengatakan bahwa jalan hidup dengan mencari ilmu di pesantren adalah jalan hidup yang bernilai dan indah. Kenapa bernilai, karena tidak semua orang memiliki kesempatan dan kemampuan diri untuk hidup di tempat yang sering kali dikatakan sebagai penjara suci ini. Hanya orang yang mampu berkorban yang mampu melewatinya. Sekurang-kurangnya dengan berkorban jauh dari orang tua, hidup tak ‘sebebas’ mereka yang ada di luar pesantren, berkorban fisik dan mental dalam menghadapi tantangan hidup di pesantren dsb.

 Satu hal lagi kenapa hidup di pesantren adalah jalan kehidupan yang indah karena banyak hal yang tidak dapat didapatkan oleh seseorang melainkan hanya pesantren. Banyak cerita lucu dan momen yang sulit untuk dilupakan yang hanya bisa didapatkan dari pesantren. Adakalanya, mengantri makan atau mandi pun menjadi bahan cerita yang sulit dilupakan. Kemudian banyaknya kegiatan di pesantren memungkinkan kita mengalami banyak peristiwa dan pengalaman berharga.

Hadirin Rahimakumullah

Pesantren sebagai salah satu lembaga pendidikan tertua di negeri ini menjadi salah satu cermin betapa bukan hal mudah untuk mendidik manusia. Untuk menjadi manusia yang sebenar-benarnya manusia (khalifah) dibutuhkan proses yang tidak sebentar dan perjuangan yang tidak ringan. Perjuangan hidup di pesantren adalah perjuangan hidup untuk menjadi manusia yang sesuai dengan apa yang diperintahkan-Nya. Dalam prosesnya dibutuhkan kesabaran tak terbatas dan keberanian tak terukur untuk menempa proses kehidupan yang bagi sebagian orang sulit untuk dilakukan.

Saudaraku, pesantren tidak banyak menawarkan kemudahan dan kenyamanan bagi setiap orang. Bayangkan saja, seorang santri harus bangun jam 3 pagi kemudian ia harus mengaji, mengantri mandi, mengantri makan, berangkat ke sekolah, mengaji lagi, mengerjakan tugas pesantren dan sekolah dan masih banyak lagi. Belum jika terlambat shalat atau mengaji yang menyebabkannya mungkin dikenai sanksi. Itulah ketidaknyamanan yang sering kali menyurutkan langkah seseorang untuk belajar hidup di pesantren. Tapi bukankah ketidaknyamanan dan kesulitan adalah media terbaik untuk belajar maka jangan aneh jika anak keluaran pesantren mungkin lebih dewasa dan bijaksana dibanding dengan orang.

Saudaraku, katakanlah kehidupan ini adalah sebuah investasi. Mereka yang semasa mudanya mengivestasikan waktu, tenaga, pikiran, semangat dan kerja keras adalah mereka yang siap menghadapi kehidupan di masa depan dengan cerdas. Maka dapat dipahami bahwa kehidupan pesantren adalah kehidupan yang penuh dengan investasi, bukan hanya untuk keberhasilan di dunia melainkan di akherat.

 Ada sebuah pepatah yang mengatakan jika kamu bergaul dengan tukang sate maka kamu akan bau sate dan sebaliknya jika kamu bergaul dengan tukang parfum maka wangi parfum pun menjadi bagian aroma tubuhmu. Singkatnya lingkungan yang baik akan menunjang kita untuk berbuat dan sebaliknya pula lingkungan yang buruk akan mendorongmu menjadi orang yang buruk.

Saudaraku, memang tidak semua mereka alumni pesantren menjadi orang yang baik kehidupannya dan yang tidak masuk pesantren buruk kehidupannya tapi yang jelas kehidupan pesantren memberikan ruang bagi kita untuk mengenali diri kita sendiri, sesama manusia dan Tuhan seluruh alam yaitu Allah Swt. Untuk itu, menjadi sebuah jalan hidup yang bernilai dan indah jika kita memiliki kesempatan untuk menuntut ilmu di pesantren.

Baiklah, kira nya yang dapat saya sampaikan – kurang lebihnya mohon dimaklumi dan dimaafkan. Billahi Taufik Wal Hidayah Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh




lah beberapa contoh Teks ceramah singkat berikut berisi kumpulan ceramah singkat tentang sabar, syukur, dan masih banyak lagi untuk mempersiapkan ceramah yang baik.Secara keseluruhan ceramah, khotbah dan sambutan merupakan salah satu bentuk dari pidato didepan umum. Jadi, ketiganya masuk kedalam jenis pidato, 8+ Contoh Ceramah Singkat, Kejujuran, Sabar, Syukur , Struktur Teks Ceramah dan Kaidah Kebahasaan Teks. Contoh teks ceramah umum, literasi, pendidikan, narkoba dipaparkan secara singkat namun tetap menggunakan struktur dan kaidah.



Teks Ceramah - Bahasa Indonesia Kelas 11 ,12+ Contoh Teks Ceramah Tentang Ibu, Ilmu, Sabar, Sholat. Cari contoh ceramah? Lihat lebih dari 25 contoh teks ceramah singkat ✅ umum ✅ agama Islam lucu ✅ beserta strukturnya ✅ hanya di sini!, contoh ceramah singkat tentang pendidikan,contoh ceramah singkat tentang pergaulan bebas,contoh ceramah tentang hari kiamat,contoh teks ceramah singkat beserta strukturnya,teks ceramah lucu,ceramah singkat tentang ilmu,teks ceramah agama islam tentang kejujuran,contoh ceramah singkat di tv,24 Contoh Ceramah Singkat Agama Tentang Ibu, Sholat, Teks Ceramah Lucu Agar Jamaah Tak Merasa Bosan, Pesan, 6+ Contoh Teks Ceramah Singkat Umum, Sholat, Sabar, Contoh Ceramah Singkat

Belum ada Komentar untuk "Contoh Ceramah Tentang Indahnya Kehidupan Di Pesantren"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel