Contoh Ceramah Tentang Gemar Dalam Bersedekah


Kumpulan Contoh Ceramah - Ceramah merupakan jenis keterampilan lisan atau yang lebih dikenal dengan istilah public speaking.Secara umum, ceramah, khotbah, dan sambutan sama,sama berbicara di depan umum untuk memaparkan, menjelaskan gagasan, pikiran, atau informasi kepada pendengar yang bersifat persuasif.Ceramah merupakan jenis keterampilan berkomunikasi lisan. Hal tersebut dapat dinyatakan dengan keterbiasaan ceramah yang dilakukan dengan cara penyampaian lisan.Namun bukan berarti informasi yang disampaikan dengan metode ceramah hanya bisa disampaikan dengan lisan, terdapat juga ceramah yang dituangkan dalam bentuk tulisan atau disebut dengan teks ceramah.

 

Tujuan Ceramah

Penyampaian sebuah ceramah memiliki tujuan, adapun tujuan dari ceramah tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Informatif, yaitu ceramah bertujuan untuk memberikan informasi kepada pendengar agar mengenal suatu hal dan mampu memahami dari apa yang disampaikan.
  2. Persuasif, yaitu ceramah bertujuan untuk mengajak para pendengar supaya mengikuti apa yang telah disampaikan dalam ceramah.
  3. Argumentatif, yaitu ceramah bertujuan untuk meyakinkan para pendengar mengenai suatu hal.
  4. Rekreatif, yaitu ceramah bertujuan untuk menghibur atau membuat gembira para pendengar agar merasa puas dan bahagia.
  5. Naratif, yaitu ceramah bertujuan untuk menceritakan suatu hal kepada pendengar.

 

Tak Perlu Banyak Basa Basi silahkan Simak Contoh Ceramah di Bawah Ini:

 


.
Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh..

اَلْحَمْدُ لِلّهِ رَبِّ اْلعَاَلَمِيْنَ . وَبِهِ نَسْتَعِيْنُ عَلَي أُمُوْرِا لدُّ نْيَا وَا لدِّ يْنٍ . وَعَلَيْ آ لِهٍ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ

"ALHAMDU LILLAHI RABBIL'ALAMIN WABIHI NASTA'INU'ALA UMURID DUNYA WADDIN WA'ALA ALIHI WASHAHBIHI AJMA'IN"Hadirin Rahimakumullah

Yang saya hormati teman-teman dan hadirin semua. Marilah kita bersama – sama panjatkan puja, puji, dan syukur ke hadirat Allah SWT, Tuhan Semesta Alam karena atas berkah, rahmat dan hidayahnya kita semua dapat berkumpul di tepat yang Insya Allah mulia ini Shalawat dan salam semoga tercurah limpahkan ke pada junjungan kita – manusia terbaik sepanjang zaman yakni besar Nabi Muhammad SAW beserta seluruh keluarga dan sahabatnya. Semoga kita semua kelak mendapatkan syafaatnya. Aamiin

 Hadirin Rahimakumullah

Pada kesempatan kali ini izinkanlah saya menyampaikan sedikit ilmu tentang membiasakan diri agar gemar bersedekah. Barang kali kita sama-sama tahu bahwa tangan di atas lebih baik daripada tangan dibawah. Singkatnya, sikap memberi lebih baik daripada menerima. Orang kaya yang sesungguhnya adalah mereka yang tidak gandrung untuk diberi barang gratisan meskipun kondisinya dalam keadaan yang sulit lagi kepayahan.

Saudaraku, gemar bersedekah adalah sikap yang mengupayakan perbaikan diri untuk meletakan dunia di tangan dan akhirat di hati. Mereka yang gemar bersedekah sungguh amat menyadari bahwa harta benda yang membersamainya hanyalah titipan Allah Swt. yang harus dijaga dan digunakan sesuai dengan anjuran-Nya. Kesadaran ini membuat manusia terlepas dari belenggu setan yang terus mendorongnya mencintai dan mengejar dunia dan dunia.

Allah pernah berfirman,’’ Orang-orang yang menafkahkan hartanya di malam dan siang hari secara sembunyi-sembunyi dan terang-terangan, maka mereka mendapatkan pahala di sisi Tuhannya, tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak pula mereka bersedih hati. (QS. Al-Baqoroh: 274).

Alangkah bahagia jika kita mampu menjadi orang yang dapat bersedekah terhadap orang lain entah bentuknya tenaga, ilmu, harta atau hanya senyuman sekalipun. Menjadi pihak yang memberi lebih membahagiakan dari pada menjadi pihak yang diberi. Dengannya kita mengetahui bahwa tidak semua orang mendapatkan apa yang kita dapatkan. Ada kalanya orang lain tidak memiliki kesempatan yang sama dengan apa yang kita miliki. Untuk itu berbagi adalah jalan terbaik untuk memahami keadaan orang lain dan menolongnya. Seperti dikatakan sebelumnya bahwa sedekah bukan hanya berbentuk harta.

Ibn Rajab Al-Hanbali menjelaskan bahwa sedekah yang bentuknya non harta mencakup dua hal: Pertama, hal-hal yang bisa mengantarkan untuk berbuat kebajikan kepada sesama, seperti amar ma’ruf nahi munkar-mengajak dan menyeru pada kebajikan dan mencegah kemungkaran. Dapat dilakukan dengan mengajarkan ilmu-ilmu yang bermanfaat, mengajarkan Al-Quran, menghilangkan penderitaan orang lain, mendoakan dan meminta ampunan untuk kaum muslimin dan sebagainya. Ini semua adalah bentuk sedekah. Kedua,hal-hal yang bermanfaat bagi pelakunya, seperti halnya berdzikir, tasbih, tahmid, tahlil, takbir, istighfar, tilawah quran dan shalawat. Semakin banyak seorang mukmin melakukannya, semakin banyak pula nilai sedekahnya di sisi Allah Swt.

Dalam sebuah hadits, dikatakan bahwa Rasulullah Saw. bersabda: Shalat menghitamkan muka setan, sedekah bisa memecahkan tulang punggungya, saling mencintai karena Allah dan saling mengasihi di dalam segala urusan kebaikan bisa memutuskan kejahatannya. Apabila kamu melakukannya setan akan menjauh darimu sejauh timur dan barat. ‘’ (HR. Al-Dailami).

 Saudaraku, tampaknya sedekah memiliki begitu banyak bentuknya. Selama kita memiliki itikad untuk berbuat kebaikan maka disanala terbuka jalan untuk dapat bersedekah, apapun bentuknya. Apapun yang kita miliki entah itu ilmu, tenaga, harta, keberanian, semangat dan hal lainnya dapat dijadikan sarana untuk bersedakah.

 Barang kali demikianlah yang dapat saya sampaikan. Kurang lebihnya mohon dimaklumi dan dimaafkan. Akhir kata semoga bermanfaat dan harap untuk diklarifikasi kembali ilmu yang telah disampaikan. Billahi Taufik Wal Hidayah Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh




lah beberapa contoh Teks ceramah singkat berikut berisi kumpulan ceramah singkat tentang sabar, syukur, dan masih banyak lagi untuk mempersiapkan ceramah yang baik.Secara keseluruhan ceramah, khotbah dan sambutan merupakan salah satu bentuk dari pidato didepan umum. Jadi, ketiganya masuk kedalam jenis pidato, 8+ Contoh Ceramah Singkat, Kejujuran, Sabar, Syukur , Struktur Teks Ceramah dan Kaidah Kebahasaan Teks. Contoh teks ceramah umum, literasi, pendidikan, narkoba dipaparkan secara singkat namun tetap menggunakan struktur dan kaidah.



Teks Ceramah - Bahasa Indonesia Kelas 11 ,12+ Contoh Teks Ceramah Tentang Ibu, Ilmu, Sabar, Sholat. Cari contoh ceramah? Lihat lebih dari 25 contoh teks ceramah singkat ✅ umum ✅ agama Islam lucu ✅ beserta strukturnya ✅ hanya di sini!, contoh ceramah singkat tentang pendidikan,contoh ceramah singkat tentang pergaulan bebas,contoh ceramah tentang hari kiamat,contoh teks ceramah singkat beserta strukturnya,teks ceramah lucu,ceramah singkat tentang ilmu,teks ceramah agama islam tentang kejujuran,contoh ceramah singkat di tv,24 Contoh Ceramah Singkat Agama Tentang Ibu, Sholat, Teks Ceramah Lucu Agar Jamaah Tak Merasa Bosan, Pesan, 6+ Contoh Teks Ceramah Singkat Umum, Sholat, Sabar, Contoh Ceramah Singkat

Belum ada Komentar untuk "Contoh Ceramah Tentang Gemar Dalam Bersedekah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel