Contoh Ceramah Tentang Keutamaan Salam Terbaru

 


Kumpulan Contoh Ceramah - Ceramah merupakan jenis keterampilan lisan atau yang lebih dikenal dengan istilah public speaking.Secara umum, ceramah, khotbah, dan sambutan sama,sama berbicara di depan umum untuk memaparkan, menjelaskan gagasan, pikiran, atau informasi kepada pendengar yang bersifat persuasif.Ceramah merupakan jenis keterampilan berkomunikasi lisan. Hal tersebut dapat dinyatakan dengan keterbiasaan ceramah yang dilakukan dengan cara penyampaian lisan.Namun bukan berarti informasi yang disampaikan dengan metode ceramah hanya bisa disampaikan dengan lisan, terdapat juga ceramah yang dituangkan dalam bentuk tulisan atau disebut dengan teks ceramah.

 

Tujuan Ceramah

Penyampaian sebuah ceramah memiliki tujuan, adapun tujuan dari ceramah tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Informatif, yaitu ceramah bertujuan untuk memberikan informasi kepada pendengar agar mengenal suatu hal dan mampu memahami dari apa yang disampaikan.
  2. Persuasif, yaitu ceramah bertujuan untuk mengajak para pendengar supaya mengikuti apa yang telah disampaikan dalam ceramah.
  3. Argumentatif, yaitu ceramah bertujuan untuk meyakinkan para pendengar mengenai suatu hal.
  4. Rekreatif, yaitu ceramah bertujuan untuk menghibur atau membuat gembira para pendengar agar merasa puas dan bahagia.
  5. Naratif, yaitu ceramah bertujuan untuk menceritakan suatu hal kepada pendengar.

 

Tak Perlu Banyak Basa Basi silahkan Simak Contoh Ceramah di Bawah Ini:

 


.
Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh..

اَلْحَمْدُ لِلّهِ رَبِّ اْلعَاَلَمِيْنَ . وَبِهِ نَسْتَعِيْنُ عَلَي أُمُوْرِا لدُّ نْيَا وَا لدِّ يْنٍ . وَعَلَيْ آ لِهٍ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ

"ALHAMDU LILLAHI RABBIL'ALAMIN WABIHI NASTA'INU'ALA UMURID DUNYA WADDIN WA'ALA ALIHI WASHAHBIHI AJMA'IN"
Yang saya hormati bapak/ibu hadirin sekalian
Dan yang saya sayangi anak-anak penerus bangsa sekalian

Alhamdulillah ucapan rasa syukur kita atas berkat limpahan karunia berupa kesehatan dan juga keselamatan sehingga kita bisa berkumpul ditempat yang kita cintai ini.

Selanjutnya ucapan shalawat yang tidak ada bosan-bosanya kita hadiahkan kepda roh junjungan alam, yakni nabi besar Muhammad SAW. Dengan banyaknya shalawat semoga kita akan mendapatkan safaatnya diyaumul akhir nanti.

Hadirin sekalian yang dirahmati Allah SWT
Sebagai seorang umat Islam maka jika kita menyapa saudara muslim haruslah diawali dengan kalimat “Assalamu Alaikum”. Kalimat yang terlihat sederhana tersebut sepertinya tidak memiliki makna apa-apa, namun sebenarnya hal tersebut tidaklah benar. Salam didalam agama Islam mempunyai keutamaan yang sangat besar, dan termasuk sebagian dari beribadah kepada Allah SWT dan tentu saja mempunyai nilai dan juga pahala yang besar di sisi-Nya. Ucapan salam merupakan sebuah doa.

Sedangkan doa sendiri merupakan inti dari sebuah ibadah dan akan diberikan pahala bagi siapa yang mengucapkannya.

Hak orang muslim terhadap muslim lainnya ada 6, yaitu :

  1. Ucapkanlah salam ketika kamu bertemu dengannya
  2. Datanglah apabila dia mengundangmu
  3. Berilah nasihat jika dia meminta nasihat
  4. Do’akanlah dia, jika dia memuji Allah saat bersin
  5. Jenguklah jika dia sakit
  6. Antarkanlah jenazahnya jika dia meninggal

Salam merupakan sebuah hak seorang muslim yang berada di peringkat pertama terhadap orang muslim lainnya. Hal ini menunjukkan akan pentingnya mengucapkan salam dalam kehidupan orang muslim.

Nabi Muhammad SAW telah bersabda yang artinya : “Manusia yang terdekat dengan Allah SWT adalah mereka yang memulai memberikan salam.” (HR. Ahmad, Abu Daud)
Nabi SAW ditanya oleh sahaba, apakah amalan yang terbaik dalam Islam. Lalu Beliau bersabda yang artinya : “Memberi makan kepada yang sedang lapar dan memberi salam kepada orang yang kamu kenali dan juga yang tidak kamu kenali.” (HR Bukhari dan Muslim)

Manfaat dari salam :
Setiap perintah dan juga larangan dalam agama Islam tentunya akan membawa manfaat bagi umatnya. Namun diantara manfaat itu ada yang dijelaskan secara jelas ada juga yang tidak dijelaskan, kita sebagai umat-Nya hanya wajib percaya bahwa semua itu untuk kebaikan. Adapun manfaat memberi salam di antaranya :

  1. Doa
    Salam merupakan sebuah doa kepada Allah SWT, jadi apabila kita memberi salam ataupun salam kita dibalas oleh orang muslim yang lain itu artinya kita telah mendoakan dan juga telah didoakan. Bayangkan apabila kita memberi salam kepada para majelis ilmu dan mereka membalasnya, berapa doa yang kita dapatkan?

    Doa itu sendiri termasuk ke dalam ibadah dan ibadah esensi dari kehidupan. Dengan memberi dan menjawab salam, kita telah menjalankan esensi dari kehidupan.
  2. Memperbaiki hubungan
    Terkadang kita ada berselisih pendapat dengan orang muslim lainnya, pernah mengecewakan ataupun pernah dikecewakan hingga hubungan kita dengan saudara muslim lainnya menjadi kurang enak.

    Untuk memperbaiki hubungan tersebut, maka salam merupakan jembatan agar terbangunnya kembali komunikasi positif. Muslim yang memulai salam ialah muslim yang lebih baik, seperti hadist : "Tidak halal bagi seorang muslim apabila mendiamkan saudaranya lebih dari tiga hari, keduanya bertemu namun yang satu berpaling dan yang lain juga berpaling. Dan yang paling baik di antara keduanya adalah yang mula-mula terlebih dahulu memberi salam". [HR. Bukhari, dalam Fathul Bari 11:21]

Masih banyak manfaat-manfaat lainnya dari mengucapkan salam, namun berhubung waktu yang singkat, maka saya akhiri sampai disini saja, mohon maaf atas segala hilaf dan salah

Akhir kata,. Billahi Taufik Wal Hidayah Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh




lah beberapa contoh Teks ceramah singkat berikut berisi kumpulan ceramah singkat tentang sabar, syukur, dan masih banyak lagi untuk mempersiapkan ceramah yang baik.Secara keseluruhan ceramah, khotbah dan sambutan merupakan salah satu bentuk dari pidato didepan umum. Jadi, ketiganya masuk kedalam jenis pidato, 8+ Contoh Ceramah Singkat, Kejujuran, Sabar, Syukur , Struktur Teks Ceramah dan Kaidah Kebahasaan Teks. Contoh teks ceramah umum, literasi, pendidikan, narkoba dipaparkan secara singkat namun tetap menggunakan struktur dan kaidah.



Teks Ceramah - Bahasa Indonesia Kelas 11 ,12+ Contoh Teks Ceramah Tentang Ibu, Ilmu, Sabar, Sholat. Cari contoh ceramah? Lihat lebih dari 25 contoh teks ceramah singkat ✅ umum ✅ agama Islam lucu ✅ beserta strukturnya ✅ hanya di sini!, contoh ceramah singkat tentang pendidikan,contoh ceramah singkat tentang pergaulan bebas,contoh ceramah tentang hari kiamat,contoh teks ceramah singkat beserta strukturnya,teks ceramah lucu,ceramah singkat tentang ilmu,teks ceramah agama islam tentang kejujuran,contoh ceramah singkat di tv,24 Contoh Ceramah Singkat Agama Tentang Ibu, Sholat, Teks Ceramah Lucu Agar Jamaah Tak Merasa Bosan, Pesan, 6+ Contoh Teks Ceramah Singkat Umum, Sholat, Sabar, Contoh Ceramah Singkat

Belum ada Komentar untuk "Contoh Ceramah Tentang Keutamaan Salam Terbaru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel