Contoh Ceramah Tentang Berhati-hati Terhadap Kemewahan


Kumpulan Contoh Ceramah - Ceramah merupakan jenis keterampilan lisan atau yang lebih dikenal dengan istilah public speaking.Secara umum, ceramah, khotbah, dan sambutan sama,sama berbicara di depan umum untuk memaparkan, menjelaskan gagasan, pikiran, atau informasi kepada pendengar yang bersifat persuasif.Ceramah merupakan jenis keterampilan berkomunikasi lisan. Hal tersebut dapat dinyatakan dengan keterbiasaan ceramah yang dilakukan dengan cara penyampaian lisan.Namun bukan berarti informasi yang disampaikan dengan metode ceramah hanya bisa disampaikan dengan lisan, terdapat juga ceramah yang dituangkan dalam bentuk tulisan atau disebut dengan teks ceramah.

 

Tujuan Ceramah

Penyampaian sebuah ceramah memiliki tujuan, adapun tujuan dari ceramah tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Informatif, yaitu ceramah bertujuan untuk memberikan informasi kepada pendengar agar mengenal suatu hal dan mampu memahami dari apa yang disampaikan.
  2. Persuasif, yaitu ceramah bertujuan untuk mengajak para pendengar supaya mengikuti apa yang telah disampaikan dalam ceramah.
  3. Argumentatif, yaitu ceramah bertujuan untuk meyakinkan para pendengar mengenai suatu hal.
  4. Rekreatif, yaitu ceramah bertujuan untuk menghibur atau membuat gembira para pendengar agar merasa puas dan bahagia.
  5. Naratif, yaitu ceramah bertujuan untuk menceritakan suatu hal kepada pendengar.

 

Tak Perlu Banyak Basa Basi silahkan Simak Contoh Ceramah di Bawah Ini:

 


.
Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh..

اَلْحَمْدُ لِلّهِ رَبِّ اْلعَاَلَمِيْنَ . وَبِهِ نَسْتَعِيْنُ عَلَي أُمُوْرِا لدُّ نْيَا وَا لدِّ يْنٍ . وَعَلَيْ آ لِهٍ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ

"ALHAMDU LILLAHI RABBIL'ALAMIN WABIHI NASTA'INU'ALA UMURID DUNYA WADDIN WA'ALA ALIHI WASHAHBIHI AJMA'IN"
Para hadirin, ibu-ibu dan bapak-bapak yang berbahagia,

Pertama-tama marilah kita panjatkan dengan penuh kerendahan hati dan keikhlasan yang mendalam, puji syukur kehadirat ilahi dengan penuh kesadaran bahwa Dia telah membalas dosa-dosa yang telah banyak kita lakukan dengan karunia nikmat yang jauh lebih banyak lagi,,

Shalawat dan salam semoga tercurah limpahkan pada junjungan kita, kekasih kita, manusia paling mulia yang pernah ada di dunia, Nabi Muhammad saw. Tentu saja beserta keluarganya yang mulia, para sahabatnya yang agung, serta kita dan para pengikutnya sampai akhir zaman nanti.

 Hadirin yang berbahagia Rasululllah saw. pernah bersabda: Andaikata seorang anak Adam mempunyai satu lembah emas , pasti ia ingin mempunyai dua lembah. Dan tidak ada yang dapat menghentikan kerakusannya kecuali maut. (HR. Bukhari dan Muslim). Dalam Hadits lain diriwayatkan Rasulullah saw. bersabda,’’kebinasaan umat ku ada di dalam dua hal, yaitu meninggalkan ilmu dan mengumpulkan harta.

Memang masalah harta yang sering kali identik dengan kemewahan merupakan persoalan serius bagi manusia yang mempunyai cita-cita menjadi abdi Tuhan yang baik. Harta sering kali menjadi ujian dalam proses mengabdi kepada Allah, meskipun tidak dipungkiri bahwa harta dapat dijadikan media terbaik untuk mengabdi kepada Allah. Dalam hal ini seorang ahli hikmah berkata,’’harta itu ibarat ular, mengandung obat sekaligus racun. Bagi seorang yang ahli, tidak ada kesulitan baginya untuk menangkap dan mengeluarkan obat yang terkandung di dalam badannya. Sedangkan bagi orang dungu, bisa ular dapat membuatnya mati.’’

Hadirin Rahimakumullah.

Berbicara tentang harta tentunya berbicara pula tentang kemewahan. Ibnu Khaldun, salah satu tokoh ilmuan muslim mengatakan bahwa,’’ kehidupan mewah akan merusak manusia . kemewahan menanamkan pada diri manusia berbagai macam kejelekan, kebohongan, dan perilaku hidup buruk lainnya. Nilai-nilai agung akan hilang, dan berganti dengan nilai-nilai bejat yang merupakan sinyal kehancuranmenuju kepunahan,’’ (Muqaddimah Ibnu Khaldun, hal 187)

  Sering kali kemewahan begitu menyilaukan mata manusia, sehingga orang berlomba-lomba menjemput kemewahan dengan berbagai cara. Diantaranya dengan cara-cara yang disukai Allah, dan tak jarang denagn cara-cara yang dimurkai-Nya. Fenomena korupsi adalah salah satu fenomena ketika manusia begitu mencintai harta, kekayaan dan kemewahan hingga ia melupakan perihal baik dan buruk serta benar dan salah. Kekayaan dan kemewahan hanyalah salah satu bagian kecil dari keindahan dunia yang begitu kecil jika di bandingkan dengan keindahan kehidupan akhirat.

Rasulullah pernah mengingatkan bahwa ,’’sesungguhnya diantara yang aku khawatirkan atas kalian sepeninggalku nanti ialah terbuka lebarnya kemewahan dan keindahan dunia ini padamu. Barangkali, kekayaan tidak akan menjadi bencana manakala kekayaan tersebut tidak membawa manusia pada kegandrungan terhadap dunia dengan terlalu banyak mencintai kemewahan. Tapi, kehancuran terjadi manakala manusia begitu mencintai kemewahan dan keindahan dunia sehingga melupakan kebaikan dan aturan Tuhan.

Mungkin ada baiknya untuk kita merenungi Firman Allah dalam surat AL-Isra ayat 16 yang isinya menyatakan bahwa,’’ jika kami hendak membinasakan suatu kaum, maka kami perintahkan kepada orang-orang yang hidup mewah di negeri itu (supaya menaati Allah), tetapi mereka melakukan kedurhakaan dalam negeri itu....’’

Hadirin Rahimakumullah

Demikianlah yang dapat saya sampaikan, mudah-mudahan kita bisa menjadi muslim yang piawai dalam menggunakan harta di jalan yang di Ridhoi-Nya dan semoga segala yang Ia berikan tidak lantas menjadikan kita lupa diri dan melupakan perintah-Nya. Akhir kata, mungkin cukup sekian dari saya. Segala kebaikan tentunya dari Allah dan segala kekhilafan tentunya datang dari diri saya sendiri. Saya ucapkan mohon maaf dan terima kasih, serta semoa bermanfaat. Billahi Taufik Wal Hidayah Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh




lah beberapa contoh Teks ceramah singkat berikut berisi kumpulan ceramah singkat tentang sabar, syukur, dan masih banyak lagi untuk mempersiapkan ceramah yang baik.Secara keseluruhan ceramah, khotbah dan sambutan merupakan salah satu bentuk dari pidato didepan umum. Jadi, ketiganya masuk kedalam jenis pidato, 8+ Contoh Ceramah Singkat, Kejujuran, Sabar, Syukur , Struktur Teks Ceramah dan Kaidah Kebahasaan Teks. Contoh teks ceramah umum, literasi, pendidikan, narkoba dipaparkan secara singkat namun tetap menggunakan struktur dan kaidah.



Teks Ceramah - Bahasa Indonesia Kelas 11 ,12+ Contoh Teks Ceramah Tentang Ibu, Ilmu, Sabar, Sholat. Cari contoh ceramah? Lihat lebih dari 25 contoh teks ceramah singkat ✅ umum ✅ agama Islam lucu ✅ beserta strukturnya ✅ hanya di sini!, contoh ceramah singkat tentang pendidikan,contoh ceramah singkat tentang pergaulan bebas,contoh ceramah tentang hari kiamat,contoh teks ceramah singkat beserta strukturnya,teks ceramah lucu,ceramah singkat tentang ilmu,teks ceramah agama islam tentang kejujuran,contoh ceramah singkat di tv,24 Contoh Ceramah Singkat Agama Tentang Ibu, Sholat, Teks Ceramah Lucu Agar Jamaah Tak Merasa Bosan, Pesan, 6+ Contoh Teks Ceramah Singkat Umum, Sholat, Sabar, Contoh Ceramah Singkat

Belum ada Komentar untuk "Contoh Ceramah Tentang Berhati-hati Terhadap Kemewahan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel