Contoh Pidato Tentang Prasangka Rasial Terbaru

 


Contoh Teks Pidato  – Pidato merupakan kegiatan berbicara yang dilakukan oleh seseorang dengan tujuan menyampaikan suatu hal. Biasanya kegiatan tersebut dilakukan oleh seseorang untuk berorasi di depan khalayak ramai. Hal yang disampaikan dalam berpidato merupakan suatu ide ataupun gagasan. Agar bisa lebih jelasnya perlu untuk memahami beberapa contoh teks pidato singkat.

Pada teks pidato hal wajib yang ada di dalamnya adalah pembuka kemudian isi dan yang terakhir ada penutup. Pada bagian isi, teks pidato berbeda-beda disesuaikan konteksnya. Misalnya, jika pidato ketika acara peringatan hari kartini maka isi dari pidato yang disampaikan adalah tentang hal yang berkaitan dengan hari kartini.

Terdapat banyak macam-macam teks pidato dengan judul berbeda-beda. Bagi yang sedang mencari referensi mengenai contoh dari teks pidato maka penting untuk membaca penjelasan yang akan ditulis di bawah ini. Langsung saja perhatikan contoh-contoh teks pidato sebagai berikut.


.
Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh..

اَلْحَمْدُ لِلّهِ رَبِّ اْلعَاَلَمِيْنَ . وَبِهِ نَسْتَعِيْنُ عَلَي أُمُوْرِا لدُّ نْيَا وَا لدِّ يْنٍ . وَعَلَيْ آ لِهٍ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ

"ALHAMDU LILLAHI RABBIL'ALAMIN WABIHI NASTA'INU'ALA UMURID DUNYA WADDIN WA'ALA ALIHI WASHAHBIHI AJMA'IN"

Pada kesempatan kali ini izinkanlah saya menyampaikan sedikit bahasan tentang prasangka rasial atau yang dalam bahasa inggris disebut dengan racial prejudice. Barang kali kita semua telah mafhum bahwa tidak ada di dunia ini yang sama persis, pada intinya tidak ada sesuatu yang sama persis di dunia ini. Menyadari ini tentunya kita menjadi tahu bahwa perbedaan adalah hal yang lumrah dan pasti terjadi dalam kehidupan ini.

Berbicara tentang perbedaan tentunya kita sangat tahu bahwa bangsa Indonesia ini merupakan bangsa yang besar dan sarat akan perbedaan. Dari sabang sampai merauke, warna warni manusia terlahir. Berbagai agama, adat istiadat, etnis dan budaya mewarnai keberagaman indonesia. Dengan keberagaman ini, indonesia menjadi begitu kaya warna-warni kehidupan yang melangkapi kehidupan manusia.

Perbedaan tentunya memberikan sisi positif dan negatif, keduanya memberikan pilihan bagi manusia agar mampu mempertahankan hal-hal yang positif dan memperbaiki hal-hal yang negatif. Sisi positifnya adalah bahwa indonesia begitu kaya dengan khazanah budaya dimana keberadaannya menjadi bagian dari anugerah yang harus ditelusuri hikmahnya.

Produk budaya baik itu dalam bentuk gagasan atau karya menjadi hal yang yang begitu mudah ditemui dalam setiap sudut kehidupan bangsa ini. Lalu apa sisi negatif dari keberagaman ini? Diantara sisi negatif keberagaman yang barang kali telah diketahui umum adalah bahwa keberadaannya sering kali menjadi pemicu konflik baik antar etnis maupun antar agama. Selain itu ada beberapa kecenderungan dimana kita tumbuh dalam lingkungan yang sarat dengan prasangka rasial.

 Apakah prasangka rasial itu?

Barang kali ketika kita kecil kita pernah mengalami disaat sedang asyik-asyiknya bermain orang-orang dewasa di sekeliling kita sering mengingatkan untuk ‘’berhati-hati’’. Berhati-hati untuk apa? Pertama kita disuruh berhati-hati dengan teman yang berasal dari etnis china, jawa, batak dan lainnya. Kenapa harus berhati-hati, karena dalam perjalanannya katanya etnis batak itu keras, etnis china itu licik dan sebagainya.

Dalam perjalanannya prasangka rasial ini adalah angggapan negatif yang sifatnya subjektif dan sering kali mewarnai setiap lini kehidupan. Tak dapat dipungkiri bahwa kita tumbuh dalam prasangka-prasangka terhadap orang yang dinilai berbeda dari kita entah itu agama, etnis, adat istiadat dan sebagainya. Hingga pada akhirnya di sebuah negeri yang kaya akan keberagaman ini, kita malah menjadi asing dan gagap akan perbedaan.

Prasangka-prasangka ini membentengi dunia kita untuk dapat lebih banyak bergaul dengan orang lain yang memiliki dunia yang tak sama dengan kita. Prasangka rasial adalah hal yang sering ditemukan dalam masyarakat kita bahkan sampai saat ini. Seperti yang kita dengar ada kata prasangka dan rasial, prasangka berkaitan dengan anggapan negatif yang disematkan pada seseorang atau sekelompok orang tertentu. Sedangkan rasial ini sendiri berkaitan dengan ciri-ciri fisik, ras, suku bangsa, bangsa dan sebagainya.

Prasangka rasial atau anggapan, praduga, sangkaan ini keberadaannya tidak didasarkan pada alasan kebenaran yang berasal dari suatu penyelidikan melainkan hanya sebagai suatu hal yang muncul atas dasar ragu-ragu. Prasangka rasial ini benar-benar mengganggu hubungan sosial manusia. Hingga pada prosesnya prasangka rasial ini menjadi salah satu akar dari munculnya berbagai konflik yang bertemakan perbedaan.

 Hadirin yang berbahagia

Perbedaan adalah suatu hal yang pasti dalam kehidupan, tapi anehnya kita sebagai manusia sering kali tidak dapat memberikan ruang untuk menyadari bahwa untuk hidup dalam perbedaan dibutuhkan sikap saling menghormati dan menghargai. Keberagaman indonesia adalah gambaran betapa unik dan berwarnanya manusia di Indonesia. Beragam jenis manusia dengan kekayaan sudut pandang ikut menyertai kehidupan di nusantara ini. Sudah saatnya menghalau diri dari berbagai prasangka rasial yang membuat kita tidak objektif dalam menilai orang lain. Memang tidak sepatutnya kita menilai seseorang dari atribut golongan yang ia miliki. Hal yang sering kali menjadi pola pkir yang keliru adalah seperti hal nya orang yang menisbahkan kesalahan individu sebagai bagian dari kesalahan kelompok. Misalnya adalah anggapan bahwa setiap toko yang dimiliki di tanah abang adalah milik etnis tionghoa padahal sebenarnya tidak demikian.

Prasangka rasial membatasi dunia manusia karena keberadannya mengganggu aktivitas hubungan manusia. Prasangka rasial tak ubahnya menjadikan seseorang gagap akan perbedaan tidak hanya dalam urusan bertindak melainkan berpikir. Prasangka rasial adalah penjara yang membentengi manusia untuk hidup bersama satu sama lain dalam bingkai indahnya keberagaman.

Hadirin yang berbahagia

 Islam mengajarkan kita untuk bersikap adil baik dalam berpikir, berucap maupun bertindak. Keadilan berpikir dapat dilakukan dengan menjauhkan diri dari berbagai prasangka terhadap berbagai orang utamanya mereka yang memiliki perbedaan dengan dunia kita. Menghilangkan prasangka rasial ini menjadi suatu keharusan agar kita dapat hidup harmoni dalam perbedaan. Sehingga pada akhirnya dunia ini menjadi begitu indah karena kita dapat menangkap berbagai pelajaran dan hikmah dari setiap perbedaan dan keunikan yang dimiliki setiap orang dan golongan.

Barang kali demikianlah yang dapat saya sampaikan kurang dan lebihnya mohon dimaklumi dan dimaafkan. Akhir kata semoga kita menjadi orang yang berpikiran terbuka terhadap setiap perbedaan sehingga kita tidak hidup dalam kungkungan prasangka rasial terhadap orang lain. Billahi Taufik Wal Hidayah Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh



beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

Secara harfiah, pidato singkat yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato persuasif tersebut. Kemampuan pidato persuasif atau berbicara yang baik di depan umum juga dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato bahasa indonesia singkat sendiri ada banyak, seperti:  naskah pidato kenegaraan, teks pidato menyambut hari besar, pidato singkat pembangkit semangat, pidato singkat sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi hendaknya diperhatikan serta harus percaya diri menyampaikan isi dari contoh pidato singkat, agar orang yang melihat pidato singkat pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato bahasa indonesia singkat yang disampaikan.


Kumpulan Contoh Teks Pidato Berbagai Tema

Berikut adalah kumpulan berbagai tema contoh teks Pidato Bahasa Indonesia yang menarik untuk Semua Kalangan. Yuk, silahkan pilih tema Pidato yang sesuai dibawah ini:


5+ Contoh Teks Pidato Singkat dengan Berbagai Tema , 18 Contoh Pidato Singkat Terbaru Tentang Berbagai Topik, 3 Contoh Pidato Singkat dari Berbagai Topik , 14 Contoh Pidato Singkat, Persuasif Perpisahan Pendidikan,12 Contoh Pidato, Naskah / Teks Pidato Yang Baik Dan Benar,  CONTOH PIDATO SINGKAT - Mudah Dihafal Tugas Sekolah, √ 9 Contoh Teks Ceramah Singkat (Berbagai Topik), Teks Pidato Singkat Mengenai Perjuangan Para Pendiri Bangsa, 5 Contoh Pidato Singkat Tentang Pendidikan [Mudah Dihafal], contoh pidato tentang lingkungan, contoh pidato yang menarik dan tidak membosankan, contoh pidato tentang disiplin, contoh pidato pendidikan, contoh pidato persuasif tentang kesehatan, contoh pidato perpisahan, contoh pidato singkat tentang pendidikan, contoh pidato ilmiah, 7 Cara Membaca Naskah Pidato ✔️Yang Benar,Naskah Pidato Singkat Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-75, Pidato - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas,
5+ Contoh Pidato Singkat Bahasa Indonesia, Contoh Teks Pidato Singkat (terlengkap) ,
21+ Contoh Teks Pidato Singkat dan Menarik, 5+ Contoh Pidato Bahasa Indonesia dengan Berbagai Tema,

Selalu Kunjungin Selalu Jagoberpidato.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru dan Kutbah Jumat Terbaru.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Pidato Tentang Prasangka Rasial Terbaru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel