Contoh Pidato Tentang Jangan Menunda Taubat | Kumpulan Pidato


Contoh Teks Pidato Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia.

Fungsi pidato

  • Mempermudah komunikasi antar atasan dan bawahan.
  • Mempermudah komunikasi antar sesama anggota organisasi.
  • Menciptakan suatu keadaan yang kondusif di mana hanya perlu 1 orang saja yang melakukan orasi/pidato tersebut.
  • mempermudah komunikasi.
Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi kita hendaknya diperhatikan serta kita harus percaya diri menyampaikan isi dari pidato kita, agar orang yang melihat pidato kita pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato yang kita sampaikan.


Yang dinamakan dengan teks pidato yaitu sebuah bentuk komunikasi satu arah yang berisi pengungkapan gagasan pokok atau beberapa pikiran mengenai beberapa hal kepada orang lain. Adapun tujuannya yaitu untuk mengajak orang lain melakukan apa yang sedang kita perintahkan.
Orator merupakan orang yang melakukan aktivitas pidato. Pidato yang baik serta benar dapat memberikan kesan yang positif kepada pendengarnya. Untuk itu maka kemampuan berpidato atau berbicara di depan banyak orang sangat membantu anda semua agar bisa berpidato denganbaik nantinya.

Tak Perlu Banyak Basa Basi silahkan Simak Pidato di Bawah Ini:


.
Asalamu’alaikum Wr.Wb
Bapak-bapak, Ibu-ibu dan saudara-saudara sekalian yang saya hormati.
Pertama kali, marilah kita memanjatkan puji syukur yang tiada terhingga kepada Allah SWT. Karena Dia telah memberi kita karunia dan nikmat yang sangat besar. Karunia dan nikmat itu ialah umur yang panjang, kesehatan yang baik, dan kesempatan yang luang sehingga kita semua bisa hadir dan bermuwajahah di tempat ini.

Kedua kalinya, semoga keselamatan dan kesejahteraan tetap dilimpahkan Allah kepada panutan kita semua, yakni Rasulullah saw. berikut para keluarganya, para sahabatnya, para ulama-ulama dan segenap pengikutnya, umat Islam sekalian. Aminn

Bapak, Ibu dan saudara sekalian yang saya hormati,
Pada kesempatan ini marilah kita bersama-sama mengoreksi diri sendiri. Sudah baik kah ibadah dan amal taat kita kepada Allah. Berapa banyak perbuatan dosa dan maksiat yang kita lakukan setiap hari. Lalu, marilah kita bandingkan, lebih banyak mana jumlah dosa yang kita perbuat daripada amal taat yang kita lakukan?

Sesungguhnya, kita sering lupa untuk mengoreksi diri. Sehingga merasa aman dari siksa Allah. Padahal dosa yang diperbuat telah menumpuk banyak dan hal itu tidaklah pernah kita sadari.

Para hadirin yang saya hormati,
Mati itu pasti. Setiap orang akan mengalami mati. Dan yang sangat menakutkan, karena kematian itu tidak pernah kita ketahui, kapan ia datang dan menjemput roh kita. Bisa dalam waktu dua jam mendatang, dua hari, satu bulan atau satu tahun kemudia. Sungguhj akan celaka jika ajal keburu menjemput sedangkan kita tidak pernah menyempatkan diri untuk bertaubat. Karena itu, marilah kita bertaubat dengan segera.

Setiap di antara kita mengharapkan rahmat dari Allah dan ampunan-Nya. Rahmat dan ampunan Allah akan bisa kita terima apabila kita berhenti berbuat maksiat, kemudian tekun beramal taat, selanjutnya bersungguh-sungguh untuk bertaubat atas dosa-dosa yang telah lalu maupun dikemudia hari.

Bapak, Ibu dan saudara-saudara sekalian,
Selama nyawa masih dikandung badan, maka pintu taubat tetap terbuka. Bagi orang yang banyak dosa, janganlah berkecil hati dan berputus asa dalam mencapai rahmat Allah. Allah akan menerima taubat jika dilakukan dengan sungguh-sungguh.

Allah berfirman:
"Orang-orang yang apabila berbuat keji atau menganiaya diri, mereka lalu teringat Allah, kemudian mohon ampun atas perbuatan dosanya, maka siapa lagi yang dapat mengampuni dosa, kecuali Allah? Akhirnya mereka tidak terus-menerus berbuat keji dan mereka mengetahui" QS, 3:135

Para hadirin yang berbahagia,
Orang yang mendambakan rahmat dan ampunan Allah, berarti ia menyayangi dirinya sendiri. Jika dia menyayangi dirinya sendiri, maka ia tak akan membiarkan kelak dibakar di api neraka. Karena itu, selagi masih berada di dunia, ia berusaha mensucikan diri. Caranya adalah dengan bertaubat. Allah menjanjikan akan memberi rahmat dan ampunan kepada hamba-Nya yang mau memohon ampunan.

Dosa-dosa kita akan diampuni jika kita bersungguh-sungguh bertaubat. Taubat yang sungguh-sungguh disebut taubat Nasuhah. Selama dosa-dosa itu tidak dalam bentuk menyekutukan Allah dan membunuh manusia, maka masih memungkinkan untuk bisa dimaafkan. Jika kita tiba-tiba teringat segala perbuatan maksiat yang pernah terjadi itu muncul, kemudia merasa banyak dosa maka berarti ada dorongan bertaubat. Kalau sudah demikian hendaknya jangan ditunda-tunda. Ini pertanda adanya hidayah dari Allah. Jika kita mampu mengalahkan hawa nafsu dan segera bertaubat dengan sungguh-sungguh, maka Allah akan mengampuni dosa kita.

Demikianlah pidato singkat yang bisa saya sampaikan dalam kesempatan ini. Jika ada kesalahan, maka hal itu karena khilaf dan kebodohan ilmu saya. Namun jika dalam materi itu dapat dipetik kebenarannya, maka hal itu semata-mata karena ilmu Alloh.. Billahi Taufik Wal Hidayah Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh



Kumpulan Contoh Teks Pidato Berbagai Tema

Berikut adalah kumpulan berbagai tema contoh teks Pidato Bahasa Indonesia yang menarik untuk Semua Kalangan. Yuk, silahkan pilih tema Pidato yang sesuai dibawah ini:


Nah, itulah beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

Beberapa contoh teks pidato singkat di atas merupakan contoh teks yang dapat dijadikan referensi terpercaya. Pilihan teks pidato dari yang pertama hingga akhir bisa disesuaikan dengan kontesknya. Jika konteksny mengenai acara peringatan hari yang dinamakan hari pendidikan maka ambillah contoh yang sesuai dengan acara yang akan dilakukan dan sedang dibutuhkan.


5+ Contoh Teks Pidato Singkat dengan Berbagai Tema, Materismk.my.id , 18 Contoh Pidato Singkat Terbaru Tentang Berbagai Topik, 3 Contoh Pidato Singkat dari Berbagai Topik , 14 Contoh Pidato Singkat, Persuasif Perpisahan Pendidikan,12 Contoh Pidato, Naskah / Teks Pidato Yang Baik Dan Benar,  CONTOH PIDATO SINGKAT - Mudah Dihafal Tugas Sekolah, √ 9 Contoh Teks Ceramah Singkat (Berbagai Topik), Teks Pidato Singkat Mengenai Perjuangan Para Pendiri Bangsa, 5 Contoh Pidato Singkat Tentang Pendidikan [Mudah Dihafal], contoh pidato tentang lingkungan, contoh pidato yang menarik dan tidak membosankan, contoh pidato tentang disiplin, contoh pidato pendidikan, contoh pidato persuasif tentang kesehatan, contoh pidato perpisahan, contoh pidato singkat tentang pendidikan, contoh pidato ilmiah, 7 Cara Membaca Naskah Pidato ✔️Yang Benar,Naskah Pidato Singkat Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-75, Pidato - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas,
5+ Contoh Pidato Singkat Bahasa Indonesia, Contoh Teks Pidato Singkat (terlengkap) ,
21+ Contoh Teks Pidato Singkat dan Menarik, 5+ Contoh Pidato Bahasa Indonesia dengan Berbagai Tema, Materi SMK,


Selalu Kunjungin Selalu jagoberpidato.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru dan Kutbah Jumat Terbaru.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Pidato Tentang Jangan Menunda Taubat | Kumpulan Pidato"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel