Contoh Pidato Terbaru Tentang Rahmat | Kumpulan Pidato

Contoh Teks Pidato Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia.

Fungsi pidato

  • Mempermudah komunikasi antar atasan dan bawahan.
  • Mempermudah komunikasi antar sesama anggota organisasi.
  • Menciptakan suatu keadaan yang kondusif di mana hanya perlu 1 orang saja yang melakukan orasi/pidato tersebut.
  • mempermudah komunikasi.
Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi kita hendaknya diperhatikan serta kita harus percaya diri menyampaikan isi dari pidato kita, agar orang yang melihat pidato kita pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato yang kita sampaikan.

Praktik pidato

  • Biasanya dipraktikkan oleh pemimpin organisasi kepada anak buah organisasinya
  • Dipraktikkan oleh pemimpin atau pejabat negara guna mempermudah adanya komunikasi sehingga terciptanya keadaan yang demokratis
  • Dipraktikkan untuk menenangkan massa / khalayak ramai
  • Biasanya seorang pemimpin atau orang yang berpengaruh diwajibkan untuk menguasai teori pidato

Metode Pidato

  • Impromtu yaitu pidato tanpa naskah yang dilakukan secara spontan atau tanpa persiapan.
  • Memoriter yaitu metode berpidato dengan menghapalkan naskah pidato terlebih dahulu.
  • Naskah yaitu metode berpidato dengan membacakan teks/naskah pidato.
  • Ekstemporan yaitu metode berpidato dengan terlebih dahulu menyiapkan garis-garis besar konsep pidato yang akan disampaikan.


Yang dinamakan dengan teks pidato yaitu sebuah bentuk komunikasi satu arah yang berisi pengungkapan gagasan pokok atau beberapa pikiran mengenai beberapa hal kepada orang lain. Adapun tujuannya yaitu untuk mengajak orang lain melakukan apa yang sedang kita perintahkan.
Orator merupakan orang yang melakukan aktivitas pidato. Pidato yang baik serta benar dapat memberikan kesan yang positif kepada pendengarnya. Untuk itu maka kemampuan berpidato atau berbicara di depan banyak orang sangat membantu anda semua agar bisa berpidato denganbaik nantinya.

Tak Perlu Banyak Basa Basi silahkan Simak Pidato di Bawah Ini:


.
Asalamu’alaikum Wr.Wb
Para hadirin yang saya hormati,
Pada kesempatan ini marilah kita meningkatkan ketaqwaan kepada Allah, membiasakan diri untuk gemar bersedekah dan beriman terhadap keterangan-keterangan Allah dalam Al-Qur'an. Sebab menjadi orang bertaqwa, gemar bersedekah dan beriman akan Al-Qur'an merupakan jalan untuk mendapatkan rahmat dari Allah. Sebab dalam Al-Qur'an surat Al-A'raf ayat 66, Allah berfirman:

وَلَا تُفْسِدُوا فِي الْأَرْضِ بَعْدَ إِصْلَاحِهَا وَادْعُوهُ

خَوْفًا وَطَمَعًا إِنَّ رَحْمَتَ اللَّهِ قَرِيبٌ مِنَ

الْمُحْسِنِينَ

Artinya:
Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, sesudah (Allah) memperbaikinya dan berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik. (QS: Al-A'raf Ayat: 56)

Selain itu, dalam surat Al Kahfi ayat 109 juga diterangkan:

قُلْ لَوْ كَانَ الْبَحْرُ مِدَادًا لِكَلِمَاتِ رَبِّي لَنَفِدَ

الْبَحْرُ قَبْلَ أَنْ تَنْفَدَ كَلِمَاتُ رَبِّي وَلَوْ جِئْنَا بِمِثْلِهِ

مَدَدًا

Katakanlah: Sekiranya lautan menjadi tinta untuk (menulis) kalimat-kalimat Tuhanku, sungguh habislah lautan itu sebelum habis (ditulis) kalimat-kalimat Tuhanku, meskipun Kami datangkan tambahan sebanyak itu (pula)". (QS: Al-Kahfi Ayat: 109)

Bapak-bapak, Ibu-ibu dan saudara sekalian.
Rahmat artinya kasih sayang. Adapun rahmat yang dimaksudkan dalam materi ini adalah kasih sayang atau karunia Allah yang dilimpahkan kepada segenap makhluknya.

Sesungguhnya hendaknya kita sadari bersama, bahwa setiap apa yang kita rasakan dan kita lihat di dunia ini merupakan suatu kenikmatan, kesenangan, keberuntungan, kelapangan, kelebihan, dan yang sejenis itu, merupakan kategori rahmat.

Para hadirin yang berbahagia,
Setiap nikmat yang dikaruniakan Allah kepada kita, baik yang bersifat umum maupun khusus, semuanya adalah buah dari rahmat Allah. Kesehatan, harta benda, istri cantik, anak-anak yang baik, ilmu, petunjuk, jiwa raga yang lapang, hal-hal yang mendatangkan manfaat, kepemurahan, ketulusan, semua itu rahmat ilahi. Perhatikanlah buah rahmat tuhan itu yang meliputi seluruh kehidupan dan keadaan, di dalam ciptaan manusia, dalam anggota tubuh kita, dalam sumber rejeki, di dalam dunia dan ilmu, dan lain sebagainya.

Pada setiap detik dan di semua tempat, dalam keadaan apapun. Tuhan selalu memberi karunia rahmat-Nya. Bukan saja kepada manusia, tetapi juga kepada makhluk lain, misalnya hewan dan tumbuh-tumbuhan.

Rahmat yang dicurahkan Allah tanpa memandang jenis makhluk, tidak pilih kasih, tapi adil dan merata. Orang yang membangkan dan durhaka kepadaNya juga diberi rahmat. Betapa banyak manusia yang akhlaknya buruk dan gemar bermaksiat, namun mereka juga bergelimpangan kesenangan karena karunia dari Tuhan.

Rahmat Allah yang dikaruniakan kepada makhluknya tidak ada habis-habisnya dan tak akan berakhir sebelum manusia itu berakhir hidupnya. Seandainya lautan dijadikan tinta untuk menulis rahmat, maka tak akan mencukupi. Bisa jadi air lautan habis sebelum dapat menyelesaikan tulisan itu.

Para hadirin yang terhormat,
Mungkin kita bertanya, kalau betul Allah melimpahkan rahmat-Nya kepada hamba tanpa pandang bulu, mengapa masih banyak orang yang mendapat adzabNya? baik hukuman, siksaan, penderitaan jasmani dan rohani.

Ketahuilah bahwa rahmat Allah dilimpahkan kepada segenap hambaNya. Itu memang betul. Namun jangan diartikan bahwa setelah mendapatkan rahmat kemudian Allah membiarkan suatu perbuatan yang salah tanpa mendapat hukuman.

Di dunia ini penuh dengan perbuatan buruk, misalnya perampasan, korupsi, penghianatan, zina, pembunuhan dan perbuatan-perbuatan durhaka kepada Allah. Seandainya tidak ada adzab atau hukuman dari Allah, maka manusia tidak akan takut untuk melaksanakan kemaksiatan atau kejahatan. Justru disinilai letak dari rahmat Allah, yaitu memberi hukuman orang yang bersalah. Dia tidak membiarkan perbuatan buruk merajalela di muka bumi.

Para hadirin yang berbahagia,
Jika kita fikirkan dengan hati jernih dan akal cerdas, maka sesungguhnya rahmat Allah itu tidak bisa kita hitung. Manusia tidak mampu menghitungnya. Pada susunan dan peralatan tubuh kita sendiri terkandung rahmat Allah yang melimpah ruah. Sejak dari ujung kaki sampai ujung rambut, semuanya mengandung rahmat yang luar biasa. Kalau misalnya salah satu tidak berfungsi, maka akan mempengaruhi pula yang lainnya.

Kemudian rahmat lainnya yang seringkali kita lupakan atau bahkan kita sama sekali tidak menghargainya ialah berupa adanya rahmat siang dan malam. Di dalam Al-Qur'an surat Al Qashas ayat 73, Allah berfirman " Di antara rahmat Tuhan, dijadikanNya untuk kamu siang dan malam, agar kamu dapat bersenang diri padanya, dan supaya kamu dapat mencari karunia Tuhan. Mudah-mudahan kamu bersyukur."

Para hadirin yang terhormat,
Tuhan menjadikan siang dan malam sebagai satu kesatuan rahmat yang saling terkait dan saling isi mengisi. Keduanya sama-sama penting untuk kehidupan semua makhluk, baik manusia, hewan maupun tumbuh-tumbuhan. Makhluk hidup tidak akan hidup tanpa adanya pergantian siang dan malam.

Seandainya di suatu tempat terjadi malam terus-menerus, maka akan terjadi kekacauan luar biasa. Semua makhluk tidak mendapatkan sinar matahari, padahal sinar matahari itu mengandung zat yang diperlukan dalam kehidupan. Hawa atau udara semakin lama semakin dingin apabila terjadi malam secara terus menerus. Dapatlah kita bayangkan, pasti semua makhluk tidak mampu bertahan terhadap hawa yang semakin lama semakin dingin dan terus membeku.Akibatnya, manusia, hewan, dan tumbuhan menjadi binasa.

Sekarang kita bayangkan yang sebaliknya, bagaimana jadinya jika Allah menjadikan suatu tempat itu siang terus menerus? tentu udara semakin panas, suhu terus meningkat dan semua yang ada di permukaan menjadi terbakar.

Allahu Akbar....

Tuhan telah mengatur keadaan dan perjalanan malam maupun siang dengan apik dan sedemikian sistematis, sehingga suhu udara silih berganti, dan makhluk hidup selamat dari bahaya kehancuran. Semua ini merupakan rahmat Allah yang diberikan secara cuma-cuma kepada hambaNya.

Para hadirin yang berbahagia,
Rahmat lain yang tak kalah pentingnya ialah adanya angin dan udara. Selama ini kita menikmati rahmat Allah berupa udara, namun kita jarang, atau bahkan sama sekali tidak bersyukur kepadaNya. Kita tidak pernah menghargai betapa mahal nilai udara.

Itulah contoh-contoh rahmat yang dapat kita rasakan di dunia. Betapa banyak rahmat yang telah diberikan kepada Allah. Namun sebagian saja yang saya contohkan disini.
Barang kali demikianlah yang dapat saya sampaikan, kurang dan lebihnya mohon dapat dimaklumi dan dimaafkan. Billahi Taufik Wal Hidayah Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
..


Kumpulan Contoh Teks Pidato Berbagai Tema

Berikut adalah kumpulan berbagai tema contoh teks Pidato Bahasa Indonesia yang menarik untuk Semua Kalangan. Yuk, silahkan pilih tema Pidato yang sesuai dibawah ini:


Nah, itulah beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

Beberapa contoh teks pidato singkat di atas merupakan contoh teks yang dapat dijadikan referensi terpercaya. Pilihan teks pidato dari yang pertama hingga akhir bisa disesuaikan dengan kontesknya. Jika konteksny mengenai acara peringatan hari yang dinamakan hari pendidikan maka ambillah contoh yang sesuai dengan acara yang akan dilakukan dan sedang dibutuhkan.


Penelusuran yang terkait dengan CONTOH PIDATO

  • contoh pidato tentang lingkungan
  • contoh pidato yang menarik dan tidak membosankan
  • contoh pidato perpisahan
  • contoh pidato tentang disiplin
  • contoh pidato persuasif singkat
  • contoh pidato singkat tentang narkoba
  • contoh pidato singkat tentang kesehatan
  • contoh pidato agama
  • 5+ Contoh Teks Pidato Singkat dengan Berbagai Tema
  • ONTOH PIDATO SINGKAT - Mudah Dihafal Tugas Sekolah
  • 12 Contoh Pidato, Naskah / Teks Pidato Yang Baik Dan Benar
  • 7+ Contoh Pidato Singkat Tentang Lingkungan / Kebersihan
  • 14 Contoh Pidato Singkat, Persuasif Perpisahan Pendidikan
  • 5+ Contoh Pidato Tentang Agama, Narkoba, Lingkungan
  • 21+ Contoh Teks Pidato Singkat dan Menarik 

Belum ada Komentar untuk "Contoh Pidato Terbaru Tentang Rahmat | Kumpulan Pidato"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel