Contoh Pidato Hari Wanita TNI Angkatan Udara Indonesia

Contoh Teks Pidato Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia.

Fungsi pidato

  • Mempermudah komunikasi antar atasan dan bawahan.
  • Mempermudah komunikasi antar sesama anggota organisasi.
  • Menciptakan suatu keadaan yang kondusif di mana hanya perlu 1 orang saja yang melakukan orasi/pidato tersebut.
  • mempermudah komunikasi.
Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi kita hendaknya diperhatikan serta kita harus percaya diri menyampaikan isi dari pidato kita, agar orang yang melihat pidato kita pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato yang kita sampaikan.

Praktik pidato

  • Biasanya dipraktikkan oleh pemimpin organisasi kepada anak buah organisasinya
  • Dipraktikkan oleh pemimpin atau pejabat negara guna mempermudah adanya komunikasi sehingga terciptanya keadaan yang demokratis
  • Dipraktikkan untuk menenangkan massa / khalayak ramai
  • Biasanya seorang pemimpin atau orang yang berpengaruh diwajibkan untuk menguasai teori pidato

Metode Pidato

  • Impromtu yaitu pidato tanpa naskah yang dilakukan secara spontan atau tanpa persiapan.
  • Memoriter yaitu metode berpidato dengan menghapalkan naskah pidato terlebih dahulu.
  • Naskah yaitu metode berpidato dengan membacakan teks/naskah pidato.
  • Ekstemporan yaitu metode berpidato dengan terlebih dahulu menyiapkan garis-garis besar konsep pidato yang akan disampaikan.


Yang dinamakan dengan teks pidato yaitu sebuah bentuk komunikasi satu arah yang berisi pengungkapan gagasan pokok atau beberapa pikiran mengenai beberapa hal kepada orang lain. Adapun tujuannya yaitu untuk mengajak orang lain melakukan apa yang sedang kita perintahkan.
Orator merupakan orang yang melakukan aktivitas pidato. Pidato yang baik serta benar dapat memberikan kesan yang positif kepada pendengarnya. Untuk itu maka kemampuan berpidato atau berbicara di depan banyak orang sangat membantu anda semua agar bisa berpidato denganbaik nantinya.

Tak Perlu Banyak Basa Basi silahkan Simak Pidato di Bawah Ini:


.
Asalamu’alaikum Wr.Wb
Untuk Anda sekalian, para hadirin yang terhormat, pertama-tama marilah kita panjatkan kehadiran Allah SWT yang mana berkat, rahmat dan rahmat-Nya kita dapat berkumpul dalam keadaan sehat walafiat jasmani dan rohani, kedua kalinya sholawat ter-iring salam marilah kita sanjungkan kepada nabi Muhammad SAW yang kita nantikan safaatnya di yaumil kiamah nanti. Amin


Para hadirin sekalian, sudah bukan barang yang asing lagi jika kita membicarakan mengenai sejarah perjuangan nasional. maka kita akan langsung tertuju pada kenangan masa lalu yakni perjuangan yang di lakukan oleh para tentara yang gagah berani di medan perang. Karena jikalau sudah berbicara mengenai perang maka kita akan menyinggung mengenai pasukan pertahanan yang di miliki Indonesia, yang pastinya Anda akan berfikir menganai para prajurit laki laki lengkap dengan atribut dan juga senjatanya. Namun semua itu tidak benar karena pada zaman dahlu kala ternyata ada kaum yang dianggap lemah ternyata ikut juga memberikan kontribusi melindungi negara. Dan ini di buktikan dengan adanya pengorbanan yang begitu sangat besar sekali yang telah di lakukan oleh para kaum tersebut di masa penjajahan belanda.

Para hadirin sekalian, ternyata apalah kalain semua sadar ternyata di balik nyamannya kemerdekaan yang kita rasakan ini terselip sebuah perjuangan dan peran serta kaum wanita dalam masa perjuangan mewalan bangsa belanda begitu sangatlah besar sekali baik di bidang pendidikan maupun di bidang pertahaana inilah yang di lakukan oleh para Wanita TNI Angkatan Udara (Wara).

Ini pun di tekankan kuat sekali dalam sebuah pasal bahwa wanita pun harus ikut ambil bagian dari adanya pembelaan negara, tepatnya di pasal 30 ayat 1 UUD 45 yang mana menyatakan bahwa tiap tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam pembelaan negera, jadi peran serta kaum wanita Indoenesia dapat di buktikan dalam sejarah nasional sejak adanya perang kemerdekaan sempai dengan kembalinya irian barat ke pangkuan ibu pertiwi.

Maka itulah para hadirin yang saya hormati, dengan bercermin pada titik tolak dan fakta secara historis berlandasarkan oleh UUD 45 dan landasan Indil pancasila, maka sudah di tegaskan bahwa peranwaniat bukan main main dalam mempertaruhakan dan juga membela negara.

Jadi dengan adanya perayaan ini tentunya nanti kita semua harus mengerti dan menghormati setiap perjuangan yang di lakukan oleh para pahlawan kita baik dari kalangan wanita dan pria dan di pastikan untuk Anda para wanita dengan adanya peringatan dari Hari Wanita TNI Angkatan Udara (Wara). Ini menjadi bukti yang sangat ontentik untuk Anda sekalian bahwa wanita memiliki peran dan andil yang begitu besar untuk kemenangan dan keangungan dari kemerdakaan NKRI.

Jadi untuk Anda kaum wanita, ikutlah dan resapilah nilai nilai luhur yang di tanamkan oleh para personal wara yang tentunya ini akan membuat Anda sekalian menjadi pribadi yang kat tangguh baik di medan yang sangat sulit sekali pun seperti melawan penjahat. Dan di samping itu pula ini akan menguatkan mental anda menjadi mental baja yang tidak akan membuat Anda cepat cengeng dan menyerah.

Semangat bagi para pejuang, dan disini saya akhiri dengan mengucapkan lafat alhamdulillahi robilalamin. Dan saya akhiri dengan mengucapkan kata maf bila ada tutur kata yang salah dan kepada tuhan saya mohon ampun. Terima kasih atas partisipasinya

Wasalamualaikum wr wb
..


Kumpulan Contoh Teks Pidato Berbagai Tema

Berikut adalah kumpulan berbagai tema contoh teks Pidato Bahasa Indonesia yang menarik untuk Semua Kalangan. Yuk, silahkan pilih tema Pidato yang sesuai dibawah ini:





Nah, itulah beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

Beberapa contoh teks pidato singkat di atas merupakan contoh teks yang dapat dijadikan referensi terpercaya. Pilihan teks pidato dari yang pertama hingga akhir bisa disesuaikan dengan kontesknya. Jika konteksny mengenai acara peringatan hari yang dinamakan hari pendidikan maka ambillah contoh yang sesuai dengan acara yang akan dilakukan dan sedang dibutuhkan.


Penelusuran yang terkait dengan CONTOH PIDATO

  • contoh pidato tentang lingkungan
  • contoh pidato yang menarik dan tidak membosankan
  • contoh pidato perpisahan
  • contoh pidato tentang disiplin
  • contoh pidato persuasif singkat
  • contoh pidato singkat tentang narkoba
  • contoh pidato singkat tentang kesehatan
  • contoh pidato agama
  • 5+ Contoh Teks Pidato Singkat dengan Berbagai Tema
  • ONTOH PIDATO SINGKAT - Mudah Dihafal Tugas Sekolah
  • 12 Contoh Pidato, Naskah / Teks Pidato Yang Baik Dan Benar
  • 7+ Contoh Pidato Singkat Tentang Lingkungan / Kebersihan
  • 14 Contoh Pidato Singkat, Persuasif Perpisahan Pendidikan
  • 5+ Contoh Pidato Tentang Agama, Narkoba, Lingkungan
  • 21+ Contoh Teks Pidato Singkat dan Menarik 

Belum ada Komentar untuk "Contoh Pidato Hari Wanita TNI Angkatan Udara Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel